Wujudkan Kota Pusaka, Pemkab Banjar Data Rumah Bahari - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kabupaten Banjar

Wujudkan Kota Pusaka, Pemkab Banjar Data Rumah Bahari

Diterbitkan

pada

MARTAPURA – Pemkab Banjar saat ini sedang menggadang pengembangan Martapura sebagai Kota Pusaka. Keberadaan rumah-rumah bahari berarsitektur tradisional semisal Bumbungan Tinggi, Palimasan, Balai Bini, Balai Laki, dan beberapa arsitektur lain khas rumah Banjar menjadi dasarnya.

Mewujudkan destinasi wisata berlatar budaya dan kerarifan lokal merupakan muara dari pengembangan Kota Pusaka tersebut. Namun sayangnya, belum ada data pasti jumlah rumah bahari yang ada di Martapura. Mengingat saat ini yang tercatat hanya beberapa rumah yang sudah masuk daftar benda cagar budaya.

“Rumah Bubungan Tinggi dan Gajah Baliku di Desa Teluk Selong dan satu rumah di Desa Pasayangan. Baru itu yang terdata. Karena memang baru tiga rumah bahari itu yang masuk daftar benda cagar budaya,” kata M Haris Fadillah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar saat ditemui, Rabu (6/9).

Rumah Bumbungan Tinggi di Desa Teluk Selong, Kecamatan Martapura Barat.

Diakuinya selain tiga rumah tradisonal tersebut, masih ada banyak lagi rumah berarsitekur tradisional di Kabupaten Banjar. Untuk itu pihaknya sudah mengagendakan pendataan.

Dari hasil inventarisir nantinya, ujar Haris, tidak menutup kemungkinan akan dijadikan dasar pengajuan usulan penetapan sebagai benda cagar budaya. Dengan begitu, koleksi benda cagar budaya yang dimiliki Kabupaten Banjar juga akan bertambah.

“Namun dengan syarat rumah tersebut masih terjaga keasliannya. Artinya belum ada perubahan sama sekali. Karena mengubah sebagian saja tidak akan dapat didaftarkan sebagai benda cagar budaya,” pungkas Haris.

Bagikan berita ini!
Advertisement
Komentar

Headline

Trending Selama Sepekan