Waspadai Karhutla, BPBD Anggarkan Posko Pemadam di 17 Kecamatan - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kab. Barito Kuala

Waspadai Karhutla, BPBD Anggarkan Posko Pemadam di 17 Kecamatan

Diterbitkan

pada

MARABAHAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Kuala (Batola) dalam mewaspadai kebakaran hutan dan lahan (karhutla) musim kemarau tahun ini merencanakan akan membangun Posko Pemadam Kebakaran di seluruh ecamatan di Kabupaten Batola yang berjumlah 17 Kecamatan.

Kepala BPBD Batola Ardiansyah

Tindakan perencanaan pendirian posko di setiap Kecamatan itu dijelaskan oleh Kepala BPBD Batola Ardiansyah. Diterangkannya, untuk menangani karhutla secara lebih cepat perlu adanya pengawasan yang lebih intens. Termasuk meletakkan posko di setiap kecamatan yang nantinya diisi satu regu pemadam dan personil posko.

Dijelaskannya, perencanaan pendirian Posko Pemadam Kebakaran di 17 Kecamatan dianggarkan oleh BPBD Batola dan akan dicairkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat.

“Pihak kami didampingi oleh Bupati Batola Hasanuddin Murad sudah mengurus anggaran itu di BNPD Pusat pada tanggal 3 Agustus kemarin. Mudahan secepatnya dana anggaran bisa keluar,” tuturnya.

Walaupun Ardiansyah tidak mengatakan berapa besar jumlah anggaran yang dimaksud, namun dengan adanya anggaran dana siap pakai dari BNPD Pusat yang akan digunakan untuk pendirian Posko sesuai rencana BPBD Batola nanti, Ardiansyah berharap semoga bisa disetujui semuanya oleh pihak pusat.

“Semoga saja nanti bisa secepatnya disetujui semuanya, tidak dipotong-potong oleh pihak pusat seperti tahun kemarin. Karena tahun kemarin anggaran kita disetujui hanya untuk 10 pendirian Posko Pemadam dari 17 Kecamatan yang ada,” ujarnya.

Mengenai titik api yang ada di daerah Batola, berdasarkan pantauan BPDD Batola melalui satelit dari Januari tadi hingga sampai berita ini ditulis, tidak ada hospot yang signifikan di dalam daerah Batola. Ardiansyah menambahkan hotspot yang banyak dan besar justru terjadi di daerah tetangga seperti di Kabupaten Tapin dan Kabupaten Banjar.

“Hotspot di daerah Batola ada beberapa namun hanya kecil-kecil dan itu sudah dipadamkan. Jadi untuk sementara ini kita lebih mewaspadai kebakaran dari luar yang bisa merembet masuk ke dalam daerah Batola,” pugkasnya. (don)

Bagikan berita ini!
Advertisement
Komentar

Headline

Trending Selama Sepekan