TPA Persiapkan Generasi Berakhlak - Kanal Kalimantan
Connect with us

HEADLINE

TPA Persiapkan Generasi Berakhlak

Diterbitkan

pada

MARTAPURA – Taman Pendidikan Al Quran, merupakan institusi pendidikan non formal yang relatif baru dalam dunia pendidikan saat ini dibanding pendidikan formal lain, untuk itu pengembangannya perlu penanganan secara serius dan terarah. Karena Al Quran merupakan bacaan istimewa yang menjadi pedoman hidup, yang harus disosialisasikan keseluruh masyarakat sejak usia dini.

Hal itu dikatakan Kepala Unit TK TPA Nurul Iman unit 381, Rusliana Ulfa, pada acara peresmian TK TPA Nurul Iman Unit 381 di Jalan Pendidikan VII RT 05 Kelurahan Sungai Paring, Kecamatan Martapura Kota, Kabupaten Banjar.

Menurut dia, TP Al Quran bertujuan untuk menyiapkan generasi Qur’ani yang berakhlak mulia, menyongsong masa depan gemilang, yang mampu membaca, mampu medalami isi kandungan. Tak kalah penting mempunyai kemampuan yang kuat untuk mengamalkannya secara khafah dalam mengamalkannya di kehidupan sehari-hari.

“Adapun jenjang yang akan kami urus di TK TPA ini, mulai dari tingkat dasar yaitu usia 2-6 tahun dan akan dilanjutkan dengan usia 7-12 tahun. Perlu kami informasikan bahwa santri yang terdaftar sampai saat ini berjumlah 45 orang dengan pembimbing 3 ustadzah dan 1 ustadz,” ucapnya.

Ustadz dan ustadzah tersebut ialah, lanjut Rusliana Ulfa, yakni ustadzah Masliani pendidikan terakhir Madrasah Aliyah Negeri, ustadzah Nurdiyati pendidikan terakhir Madrasah Aliyah Negeri, Efa Dimasina pendidikan terakhir STAI Darussalam Martapura, dan ustad Muhammad Yunus pendidikan terakhir Tahfizul Quran Martapura. Keempat ustad dan ustadzah tersebut telah melalui tes peserta, mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh BKPRMI baru lalu,” jelasnya.

Ia mengatakan, dalam melaksanakan pendidikan, TK TPA Nurul Iman lebih mengedepankan dan mendahulukan mutu dalam pelaksanan sistem yang sesuai dengan kurikulum, dan anjuran BKPRMI yang diperoleh ustad dan ustadzah beberapa minggu yang lalu.

Senada dengan itu, Pengelola TK TPA Nurul Iman Unit 381, Suyadi memaparkan, dari beberapa landasan hokum,maka ia bersama masyarakat bertekad untuk mendirikan TK TPA tersebut. Selain itu, mengingat masa usia produktif warga yang semakin lama semakin banyak, sehingga warga kesulitan untuk mendapatkan sekolah dilingkungan sana, bahkan banyak yang sekolah diluar RT 05.

Dari kerangka itu, kami bersama masyarakat berkumpul, bermusyawarah, merumuskan bagaimana supaya anak-anak kita bisa mengenyam pendidikan Alquran. Maka pada tanggal 20 Juli lalu, kami merumuskan bagaimana untuk bisa berdiri, akhirnya Alhamdulillah terbentuk seperti yang kita lihatSuyadi – Pegelola TK TPA Nurul Iman

Oleh karena itu, Direktur BKPRMI (Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia) Kabupaten Banjar, H Mahdiannor,S.Ag mengatakan, sampai saat ini berjumlah 381 unit TK TP Al Quran yang terdiri dari ustadz ustadzah sebanyak 2102 orang, juga santri sebanyak 22147 orang se Kabupaten Banjar.

Ia mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, khususnya kepada pengelola yang sudah beberapa tahun memikirkan untuk membangun TK TPA tersebut.

“Mari kita dukung niat baik ini, kalau kita tidak kerjasama dengan baik tentunya pekerjaan ini tidak akan bisa kita laksanakan seperti ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Ibu Wakil Bupati Banjar, Nur Gita Tiyas, S.Pd yang juga berhadir pada acara peresmian TK TPA tersebut menuturkan, dari pemerintah daerah turut serta membangun pendidikan baik pendidikan formal maupun nonformal, apalagi berdiri di tanah Kabupaten Banjar yang notabennya Islami.

“Tanpa kalian para orang tua, kami hanya mempunyai petunjuk yang mana tidak bisa kami mengawasi seluruh anak di Kabupaten Banjar. Termasuk juga remaja-remaja. Hal ini perlu disampaikan betapa krisis nya kondisi kita saat ini, dengan handphone orang jadi jarang bertemu dan bersilaturahmi, padahal dengan silaturahmi itu mengandung pahala yang luar biasa. Kami juga memohon bantuan kepada para orang tua untuk mengawasi putra putri baik dalam bergaul ataupun dalam mengenyam pendidikan, baik yang formal maupun nonformal,” katanya. (Nurul Hikmah)

Bagikan berita ini!
Advertisement
Komentar

Headline

Trending Selama Sepekan