Ribuan Hektar Kebun PTPN 13 Danau Salak Siap Ditambang - Kanal Kalimantan
Connect with us

Ekonomi

Ribuan Hektar Kebun PTPN 13 Danau Salak Siap Ditambang

Diterbitkan

pada

MARTAPURA – Harga karet yang tak kunjung membaik beberapa tahun terakhir, membuat jajaran manajemen PTPN Kebun Danau Salak jengah. Berbagai wacana menyeruak dan sengaja dimunculkan di tengah kegalauan harga karet tersebut.

Salah satu wacana yang telah lama muncul adalah penggantian komoditi perkebunan, karet menjadi sawit. Dan yang teranyar dalam beberapa tahun terakhir ini, rencana pengerukan ribuan hektar lahan hak guna usaha ( HGU) perkebunan yang konon kaya kandungan batu bara.

Daryono, Direktur Utama PTPN 13 Kebun Danau Salak saat dikonfirmasi membenarkan adanya rencana penambangan batubara di sebagian areal perkebunan seluas dengan total luas kebun lebih dari 10 ribu hektare dengan status Hak Guna Usaha (HGU) ini.

“Yang rencananya akan ditambang kurang lebih 3.000 hektare,” katanya baru baru tadi.

Kendati sudah dipastikan akan ditambang, namun Daryono tak ingin blak-blakan kapan proses penambangan dimulai. Menurutnya masih ada banyak tahapan yang harus dilakukan sebelum proses penambangan benar-benar dapat dilakukan. Termasuk legailtas perijinan.

Kapan proses penambangan dimulai belum dapat dipastikan. Yang jelas masih lama karena tahapannya saat ini masih sebatas pengambilan sampel. – Daryono

Karena jika tetap bertahan di tengah harga karet yang tak kunjung membaik, menurut Daryono, pemutusan hubungan kerja menjadi risiko terburuk yang niscaya akan dilakukan. Karena itu, diperlukan langkah lain untuk menyelamatkan banyak karyawan, dimunculkan wacana menambang sebagian areal perkebunan.Diakuinya, keputusan banting setir ke sektor pertambangan dilakukan lantaran kondisi perusahaan yang kia tak sehat. Anjloknya harga karet dalam lima tahun terakhir menjadi salah satu alasan utamanya.

Tentang dampak lingkungan yang juga niscaya akan ditimbulkan pasca proses penambangan, menurutnya juga dalam tahap analisa. Pun menurutnya, Apalagi, tak semua lahan pekebunan akan diekspolorasi. Penggalian hanya akan dilakukan pada titik-titik tertentu yang memang memiliki kandungan batubara berkalori baik. (rud)

Bagikan berita ini!
Advertisement
Komentar

Headline

Trending Selama Sepekan