Connect with us

HEADLINE

Praktik Joki Kunker Kembali Terendus di DPRD Banjar

Diterbitkan

pada

Wakil Ketua DPRD Banjar M Iqbal Khalilurraham (kanan) diduga melakukan praktik perjokian saat kunker ke Palangkaraya, Kalteng. Foto : Rudiyanto

MARTAPURA,  Di tengah proses menguak kasus dugaan perjalanan dinas yang diawali dari praktik perjokian kunjungan kerja (kunker) anggota DPRD Kabupaten Banjar oleh Kejaksanaan Negeri (Kejari) Banjar, justru menyeruak kabar tak sedap. Bukannya takut atau jera atas kasus hukum yang tinggal menunggu waktu ditetapkannya status tersangka, praktik joki kunker justru diduga kembali terluang.

Berdasarkan informasi yang diterima kanalkalimantan.com, praktik perjokian kembali dilakukan saat sejumlah wakil rakyat melaksanakan kunker ke Palangkaraya, Kalteng pada bulan September lalu.

Tak tanggung-tanggung, saat kunker tersebut, Wakil Ketua DPRD Banjar M Iqbal Khalilurrahman SH yang sudah terdaftar dalam manifest peserta kunker, dikabarkan tak ikut berangkat. Keberangkatan politisi PKB ini digantikan seseorang lain.

Kendati saat dikonfirmasi terkait adanya dugaan praktik perjokian tersebut, Kamis (12/10), Iqbal sempat enggan berkomentar. Ia bahkan sempat meminta informasi ini tidak dipublikasikan.

Sempat menolak berkomentar, Iqbal hanya melontarkan pernyataan pendek.

“Takutnya jika informasi ini diberitakan justru akan berdampak kinerja anggota dewan yang lain. Apalagi kondisinya saat ini dewan juga sedang ada kasus lain yang dihadapi,” kata Iqbal.

Sama halnya dengan Iqbal yang tak ingin kabar dugaan joki kunker ini terkuat ke khalayak, Sekretariat Dewan (Setwan) juga terksesan ingin menutup rapat kabar tersebut. Pasalnya, saat diminta agenda perjanalan dinas kunker di bulan September, Sekretaris Dewan (Sekwan) Iberahim G Intan berdalih panjang.

“Harus seijin Ketua DPRD dulu untuk dapat mengeluarkan data tersebut. Tapi saat ini ketua sedang tidak di tempat karena ada kegiatan luar daerah,” kata Iberahim G Intan.

Adanya dugaan praktik perjokian kunker yang dilakukan Wakil Ketua DPRD Banjar M Iqbal Khalilurrahman ini cukup membelalakkan mata. Pasalnya, Iqbal termasuk yang sempat dipanggil beberapakali dalam perkara dugaan perjokian yang dilakukan M Fadly, anggota Komisi I saat kunker ke Surabaya, Jatim pertengahan tahun lalu dna saat ini sedang tahap penyelidikan pihak Kejari Kabupaten Banjar.

Termasuk Iqbal, jaksa pada Seksi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Kabupaten Banjar sedikitnya telah memanggil sedikitnya 80 orang untuk dimintai keterangannya. Termasuk yang juga dipanggil adalah pegawai di lingkup Setwan DPRD. (rudiyanto)

Advertisement
Komentar

Headline

Trending